Indonesia kini mulai beranjak menuju era elektrifikasi. Semakin banyak mobil listrik yang masuk ke Indonesia, terutama yang buatan China. Namun agak disayangkan karena mobil listrik harganya masih cukup mahal untuk standar ekonomi masyarakat Indonesia.
Sebagai gambaran, mobil listrik yang dibawa masuk oleh perusahaan Kurnia Motors ini merupakan mobil listrik termurah di Indonesia. Untuk harganya kini sudah naik jadi 90 juta. Kemudian untuk varian KX-Upgrade tadinya Rp100 juta sudah berubah jadi Rp121 juta.
Kiprah mobil listrik yang dibawa masuk oleh Kurnia Motors ini mendapat paling banyak sorotan pembaca Autofun selama sepekan terakhir. Selain kabar soal mobil listrik murah, publik penasaran soal berapa harga dari Mitsubishi Xforce yang meluncur di GIIAS 2023.
Lebih lengkapnya, berikut ini lima artikel terpopuler selama pekan lalu.
Mobil listrik murah K Kooper dan KX Upgrade yang dijual oleh pihak Kurnia Motors ternyata cukup banyak peminatnya. Angghi Dwi Harianthi, Direktur Kurnia Motors menyebutkan jika sejak pertama kali mobil listrik tersebut diperkenalkan tahun lalu, sudah ratusan unit yang terpesan.
Namun karena sempat terkendala pandemi Covid-19, distribusi unitnya pun jadi terbatas. Misalnya yang dilakukan Sabtu (05/08/2023) ketika pihak Kurnia Motors melakukan serah terima unit kepada tiga konsumennya.
"Semua kita lakukan perlahan tapi pasti, sebagai pelopor mobil listrik termurah di Indonesia, serah terima unit ini membuktikan sudah ada konsumen yang mulai beralih ke kendaraan listrik Kurnia Motors," sebut Angghi saat ditemui di Serpong, Tangerang.
Transmisi CVT terdiri dari sepasang pulley yang terhubung dengan sabuk baja untuk membentuk rasio tertentu yang disimulasikan sebagai gigi transmisi. Komponen dalam transmisi CVT ini cukup sederhana, hanya ada pulley primer, pulley sekunder, dan sabuk baja. Dengan komponen yang minimalis, apakah transmisi CVT ini ringkih?
Sebenarnya durabilitas transmisi matic CVT ini bergantung pada dua faktor penting, cara berkendara dan perawatan yang rutin. Lepas dari dua hal tadi, transmisi CVT juga punya masa optimal pemakaian, yaitu hingga kisaran 200 ribu kilometer.
Ketika udah masuk ke usia uzur, maka perbaikannya cukup mahal karena sebagian dari ATPM tidak menyediakan part penggantian dan harus ganti baru segelondong. Untuk itu, kalian harus mengetahui apa saja masalah yang umumnya terjadi pada transmisi CVT ini. Tujuannya supaya kita bisa melakukan tindakan preventif supaya tidak muncul kerusakan yang parah.
Honda Jazz GE8 merupakan generasi kedua Jazz yang dipasarkan di Tanah Air. Mobil ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2008 menggantikan model sebelumnya, Jazz GD3. Sekedar informasi, Jazz GE8 dijajakan hingga 2014. Untuk pasaran harga bekasnya mobil ini ditawarkan mulai dari Rp100 jutaan.
Meski usianya kini sudah tak lagi muda, city car pesaing Toyota Yaris ini untuk harga bekasnya terbilang stabil. Lantaran Jazz model ini dianggap paling sukses karena memiliki tampilan yang proper serta spesifikasi pas.
Memiliki dimensi lebih besar dibanding model sebelumnya, berdampak pada kenyamanan berkendara. Dalam life cycle sekitar 6 tahun, Jazz GE8 sempat mendapatkan dua kali penyegaran secara minor change.
Oh iya, mobil ini dihadirkan dalam dua pilihan, yakni S dan RS (Road Sailing). Secara penampilan tipe RS jauh lebih sporty berkat adanya body kit, side skirt serta penggunaan velg 16 inci.
Dari tiga model Honda Jazz yang dipasarkan di Tanah Air, generasi kedua mobil ini paling banyak diburu kondisi bekasnya saat ini. Honda Jazz GE8 atau generasi keduanya diluncukan di Indonesia pertama kali pada tahun 2008.
Eksistensi mobil ini mampu bertahan hingga 2014 sebelum digantikan oleh generasi berikutnya, yakni Jazz GK5. Sebagai informasi, generasi kedua Honda Jazz untuk pasar Indonesia ditawarkan dalam dua varian, S dan RS. Keduanya sama-sama ditawarkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan dengan paddle shift di tipe teratas.
Kekurangan pertama yang biasa dialami pemilik mobil ini yaitu timbul gejala di kaki-kaki depan. Menggunakan penggerak Front-wheel Drive, mobil ini seringkali mengalami masalah di bagian depan uakni timbulnya suara asing seperti ‘gluduk’ ketika melewati jalan keriting.
Mitsubishi XForce, itulah nama mobil baru yang diluncurkan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) tepat di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023. Selain nama, mobil yang masuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini juga sangat ditunggu bagaimana bagian interior, fitur, teknologi dan harga.
Menurut President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motor, Takao Kato, Mitsubishi Xforce sengaja dikembangkan untuk menjawab kebutuhan konsumen di kawasan Asia Tenggara, tak terkecuali di Indonesia.
"Kami telah mencurahkan hati dan jiwa kami ke dalam pengembangan Xforce untuk menghadirkan kegembiraan berkendara sehari-hari bagi pelanggan kami,” ungkap Kato saat peluncurannya di acara GIIAS 2023 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Banten.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}