Hyundai IONIQ 5 facelift 2024 rupanya telah resmi diluncurkan secara global dengan membawa serangkaian upgrade teknologi, termasuk pada sisi baterai.
Mobil listrik Hyundai paling sukses ini juga hadir dalam varian N Line yang lebih sporty dan tentu saja performanya lebih tinggi dibanding IONIQ 5 biasa.
Sedikit kilas balik, Hyundai tercatat pertama kali memperkenalkan IONIQ 5 di dunia pada Februari 2021.
Setahun kemudian mobil listrik ini pun tiba di Indonesia, bahkan IONIQ 5 yang dipasarkan di dalam negeri adalah buatan pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.
Tak cuma itu, mulai April 2024, kabarnya Hyundai juga akan memproduksi sendiri sel baterai untuk IONIQ 5 yang akan dikerjakan melalui fasilitas manufaktur di kawasan Karawang, Jawa Barat.
Mungkin langkah ini adalah persiapan dari Hyundai Indonesia dalam menyambut Hyundai IONIQ 5 2024 yang juga telah mengalami pembaruan dari sisi kapasitas baterai.
Baca juga: Asyik, Pejabat Eselon 1 dan 2 BUMN Dapat Kado Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 di Tahun Baru
Dikutip dari Caranddriver, Selasa (05/03/2024), IONIQ 5 facelift ini hadir sebagai model year 2025 yang mendapatkan cukup banyak ubahan dibanding pendahulunya.
Meskipun secara visual, garis besar desainnya masih tak terlalu berubah drastis, namun tampilannya dibuat lebih agresif dan sporty.
Model yang diperkenalkan ini adalah versi untuk pasar Korea Selatan (Korsel) yang mulai masuk ke showroom resmi Hyundai di bulan ini, namun diprediksi spesifikasi teknisnya tidak akan jauh berbeda saat dipasarkan untuk global.
Oke, mari kita bahas satu per satu apa saja yang berbeda dari IONIQ 5 2025 ini.
Kalau dari fascia depan, hal yang berubah terlihat pada bagian bemper terutama di area bawah yang kini lebih banyak lipatan serta ada aksen hitam.
Beranjak ke samping, terlihat juga perbedaan desain velg roda mobil ini yang bukan lagi model turbin tapi seperti 5 spoke namun dibuat lebih aerodinamis untuk meningkatkan kinerja baterai dan mendinginkan piringan rem.
Pada area belakang, senada dengan fascia, Hyundai juga melakukan perubahan di sektor bemper, yang kini dibuat sedikit lebih menonjol.
Kondisi tersebut membuat panjang mobil secara keseluruhan bertambah sekitar 20 mm dari sebelumnya 4.635 mm menjadi 4.655 mm, sementara untuk lebar dan tingginya tetap sama.
Kemudian bagian lain yang terlihat lebih besar adalah spoiler atap belakang yang juga diperpanjang sekitar 50 mm demi peningkatan aerodinamika.
Kalau pada sisi luar perubahannya cuma terdapat di area bemper dan velg, maka kompartemen kabin malah cukup banyak yang berubah.
Hyundai IONIQ 5 facelift 2024 ini sekarang mendapatkan model lingkar kemudi yang mirip dengan IONIQ 6 dimana ada empat titik lampu pixel interaktif di bagian tengahnya.
Kemudian tombol-tombol pengaturan suhu AC serta layar infotainment di bagian tengah dasbor juga ditata ulang.
Adapun pada konsol tengah, kini ditambahkan pula tombol untuk fitur pemanas serta ventilasi kursi dan kotak berupa fasilitas wireless charger buat ponsel.
Untuk jok baris kedua, Hyundai juga sekarang membekalinya dengan sistem pelipatan elektronik, sehingga memudahkan pengguna ketika membutuhkan kapasitas bagasi belakang lebih besar dengan cara melipat jok penumpang.
IONIQ 5 2025 juga kini dibekali perangkat lunak ccNC terbaru pada monitor display-nya, yang bukan hanya memberikan visual grafis lebih atraktif tapi juga kemampuan update Over-The-Air (OTA).
Hal lain yang juga patut diketahui pada versi facelift IONIQ 5 ini adalah, Hyundai merancang bodi mobil tersebut jadi lebih rigid dari sebelumnya.
Ini dengan alasan biar mobil lebih kuat menahan benturan saat terjadi kecelakan, minim getaran, serta mengurangi dampak bising ke area kabin sehingga penumpang jadi lebih nyaman ketika berkendara.
Baca juga: Thailand Kurangi Subsidi Mobil Listrik Mulai 2024, Indonesia Masih Tunggu Kabar Pemerintah
Ubahan yang juga cukup signifikan dari IONIQ 5 facelift adalah di sektor teknisnya, karena mobil listrik tersebut sekarang berbekal baterai dengan kapasitas 84,0 kWh.
Belum ada informasi detail mengenai kemampuan jarak tempuh klaim dari Hyundai untuk IONIQ 5 terbaru ini, tapi diperkirakan bisa mencapai sekitar 520 kilometer (km) dalam sekali cas.
Sebagai bahan perbandingan IONIQ 5 tipe Long Range yang dipasarkan di Indonesia menggunakan baterai berkapasitas 72,6 kWh yang memiliki daya jelajah 481 km (WLTP).
Sayangnya pabrikan Korsel ini juga tidak menyebut, apakah varian INOQ 5 Standard Range dengan baterai 58 kWh juga ikut di upgrade kapasitasnya.
Namun sejumlah pihak memperkirakan, model Standard Range ini untuk beberapa pasar akan dihapus, mengingat sudah hadir varian lebih powerfull yaitu IONIQ 5 N.
Terakhir yang tak kalah penting adalah peningkatan dari sisi fitur keselamatan dan keamanan.
Antara lain berupa penambahan Rear Side Airbags untuk melindungi penumpang belakang saat terjadi benturan keras serta Low-Speed Autonomous Emergency Braking yang bisa membantu pengemudi melakukan pengereman darurat jika sistem radar mendeteksi setiap objek yang melintas dengan tiba-tiba dari sisi kiri dan kanan mobil.
Lantas ada juga Remote Smart Parking Assist 2 yang bisa membantu memudahkan saat parkir paralel atau seri, dan Hyundai juga memberikan update software untuk fitur Lane-Keeping Assist.
Terakhir, khusus pasar Korsel juga disediakan fitur Hands-On Detection, tetapi sayangnya belum dijelaskan lebih lanjut seperti apa kemampuan teknologi ini.
Untuk membandingkan antara Hyundai IONIQ 5 2025 dan versi yang dijual di Indonesia, kami akan sertakan tabel spesifikasi lengkapnya.
Semetara perihal harga, Hyundai belum membeberkan berapa banderol IONIQ 5 facelift untuk pasar Korsel.
Spesifikasi Hyundai IONIQ 5 | ||
---|---|---|
Current Model Indonesia | Facelift | |
Dimensi | ||
Panjang | 4.635 mm | 4.655 mm |
Lebar | 1.890 mm | |
Tinggi | 1.605 mm | |
Jarak sumbu roda | 3.000 mm | |
Jarak ke tanah | 163 mm | |
Ukuran roda | 235/55 R19 | 255/45 R20 (prediksi) |
255/45 R20 | ||
Mesin | ||
Tipe motor listrik | Permanent Magnet Synchronous Motor | |
Jumlah motor listrik | 1 | |
Daya maksimum | 170 PS (Standard Range) | 217 PS (prediksi) |
217 PS (Long Range) | ||
Torsi maksimum | 350 Nm | |
Tipe baterai | Liquid Cooled Lithium-ion | |
Kapasitas baterai | 58 kWh (Standard Range) | 84 kWh |
72,6 kWh | 520 km (prediksi) | |
Jarak tempuh | 384 km (Standard Range) | |
481 km (Long Range) | ||
Transmisi | Single Speed Reduction Gear | |
Sistem penggerak roda | Penggerak roda belakang | |
Sasis | ||
Suspensi depan | MacPherson Strut | |
Suspensi belakang | Multi-link | |
Rem depan | Ventilated disc | |
Rem belakang | Disc |
Harga Hyundai IONIQ 5 per 2024:
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}