Impresi Berkendara Suzuki Grand Vitara Hybrid Lahap Trek Off-Road dan Jalan Beraspal, di Luar Ekspektasi!

Kehadiran Suzuki Grand Vitara Hybrid dalam mengisi ceruk SUV 5-seater sub urban memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pasalnya selain hadir dengan membawa desain futuristik serta fitur modern, mobil ini dibekali mesin bensin 1.500 cc yang mengusung teknologi Mild Hybrid dengan sebutan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Mengetahui impersi berkendara Grand Vitara Hybrid, kami diberi kesempatan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencobanya secara langsung di trek off-road Pagedangan, BSD City, Tangerang yang selanjutnya melintasi beberapa ruas jalan perkotaan di sekitaran BSD, pada Kamis, 25 Juli 2024.

Perlu diketahui, trek off-road Pagedangan memiliki obstacle yang beragam dengan kondisi medan cukup esktrim. Mulai dari menanjak, menurun, menikung, serta beberapa gundukan tanah.

Baca juga: Hitung Biaya Servis dan Pajak Tahunan Suzuki Grand Vitara 2023

Andalkan Penggerak Roda Depan, Suzuki Grand Vitara Tangguh Libas Trek Off-Road

Suzuki Grand Vitara Hybrid

Seperti yang disebutkan sebelumnya, trek off-road Pagedangan memiliki beberapa rintangan cukup ekstrim.

Umumnya kendaraan yang melewati trek off-road ini mengandalkan sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD) maupun Four Whee Drive atau 4x4.

Sebagai SUV perkotaan dengan sistem penggerak roda depan, awalnya kami sempat meragukan Grand Vitara Hybrid yang kami gunakan tidak dapat menuntaskan perjalanan hingga garis finish.

Namun pada kenyataannya, mobil yang kami kendarai sanggup melintasi beberapa rintangan dengan mudah tanpa terjadinya kendala.

Mesin K15C Grand Vitara Hybrid

Untuk diketahui, mobil ini dipersenjatai mesin K15C 1.462 cc 4-silinder segaris DOHC berteknologi multi-point injection Dual Jet dengan tenaga 103,06 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Mengusung teknologi SHVS, Grand Vitara Hybrid dilengkapi Lithium Ion Battery berdaya 12V 6Ah yang diguankan untuk menyimpan daya yang dihasilkan oleh ISG.

Selanjutnya tenaga listrik yang diperoleh mampu memberikan dorongan tenaga melalui alternator, untuk dapat memperingan putaran crankshaft agar mesin terasa responsif sekaligus irit bahan bakar.

Tampilan belakang Grand Vitara Hybrid

Karakter mesin K15C dengan teknologi SHVS yang tersematkan pada mobil ini, saat kami mencobanya menghasilkan karakter yang cukup responsif pada putaran bawah.

Terlebih transmisi matic 6-percepatan yang digunakan memiliki mode manual, yang mana membuat kami dapat dengan mudah menaikan atau menurunkan gigi dengan menarik tuas paddle shift di balik lingkar kemudinya.

Transmisi matic 6-percepatan

Oh iya, teknologi SHVS pada mobil ini juga memiliki fitur lain yakni Engine Auto Start-Stop, yang dapat menghentikan pergerakan mesin secara sesaat ketika mobil dalam kondisi diam maupun macet selama beberapa detik.

Dalam kondisi mesin mati, sistem kelistrikan berikut blower AC tetap menyala, sehingga kami tetap merasa nyaman.

Terasa Stabil Saat Bermanuver dengan Kecepatan Cukup Tinggi

Grand Vitara Hybrid melakukan manuver

Melihat data di atas kertas, Grand Vitara Hybrid berhasil dilengkapi 6 airbag, seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter di bagian depan.

Untuk sistem pengeremannya mobil in menggunakan rem cakram di semua roda dengan tambahan fitur ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist), EBD (Electronic Brake-force Distribution), ISOFIX

Fitur keselamatan lainnya mobil ini dilengkapi ESP (Electronic Stability Program). Dengan adanya ESP, kami merasakan mobil ini mampu menjaga kestabilannya saat Grand Vitara Hybrid yang digunakan melakukan manuver di medan off-road dengan kecepatan cukup tinggi.

Grand Vitara Hybrid memiliki bantingan suspensi yang empuk

Fitur keselamatan lain, mobil ini turut dibekali Hill Hold Control (HHC) yang dapat  menjaga kestabilan mobil saat berada di tanjakan agar tidak mundur ke belakang selama beberapa detik.

Guna memberi kemudahan dalam berkendara, mobil ini turut disematkan cruise control serta head up display yang dapat menampilkan kecepatan, rpm, serta beberapa informasi lain tanpa harus mengalangi pandangan pengemudi.

Ada pula kamera 360 derajat, rear parking camera serta parking sensor yang memudahkan kami saat melewati trek off-road serta jalan beraspal tanpa merasa khawatir menabrak suatu objek di luar.

Bantingan Empuk, Terasa Nyaman di Perkotaan

Tes berkendara Grand Vitara Hybrid dalam kota

Pada umumnya kendaraan SUV 5-seater B-Segment memiliki bantingan yang terasa stiff ketika melewati jalan berkontur.

Sebenarnya bantingan yang terasa cukup keras untuk sebuah kendaraan SUV terbilang wajar. Namun suspensi yang digunakan mobil ini menghasilkan karakter cukup mengejutkan bagi kami.

Tes drive Grand Vitara Hybrid

Dimana saat kami mengendarainya dan duduk sebagai penumpang di belakang, bantingan yang dihasilkan terbilang cukup empuk saat melewati trek off-road.

Jenis suspensi yang digunakan pada mobil ini yaitu Macpherson Strut dengan Coil Spring with Double Action Telescopic, dan Torsion Bar.

Kesan nyaman juga ditawarkan ketika kami mencobanya di jalan beraspal sekitar BSD, dengan melewati speed bump dan garis kejut.

Baca juga: Ikuti Jejak Jimny, Suzuki Grand Vitara Versi Long Akan Dirilis Tahun Depan

Fitur Unggulan Grand Vitara Hybrid

Interior Grand Vitara Hybrid

Sebagai city cruiser, untuk pasar Tanah Air Grand Vitara Hybrid ditawarkan dalam dua varian, yakni GL dan GX.

Memiliki tampilan futuristik, sporty, tangguh, sekaligus membawa kesan elegan yang sangat cocok digunakan kaum urban, pada bagian eksterior mobil ini dilengkapi lampu dengan mengusung teknologi LED Projector berikut fitur Follow Me Home dan auto leveling, serta lampu DRL LED di bawah kap mesinnya.

Untuk tampilan belakang, stoplampnya mengusung teknologi LED yang terlihat sporty dan mewah berkat desain memanjang dan pipih, yang dibuat seolah terhubung dengan kedua sisi.

Melihat tampilan dalam, mobil ini mendapatkan head unit layar sentuh 9 inci yang dapat terhubung dengan smartphone untuk varian GX.

Di bawah sistem hiburannya terdapat tombol AC dengan tampilan digital serta fitur lainnya termasuk USB dan lighter bertegangan 12 volt.

Kokpit Grand Vitara Hybrid

Terasa ergonomis, varian flagshipnya, GX sudah dibekali wireless charging yang berfungsi untuk melakukan penambahan daya pada gawai hanya dengan meletakan handphone.

Bukan cuma itu, pada varian GX mobil ini pun dilengkapi panoramic sunroof dengan dimensi cukup besar selain meningkatkan visibilitas, tetapi juga gaya berkendara.

Pada sisi pengemudi, selain switch control steering, setirnya memiliki beberapa tombol pengaturan yang terhubung dengan pusat informasi berkendara.

Pada baris keduanya mobil ini mendapatkan kisi-kisi AC serta tambahan dua port yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan daya pada smartphone.

Menyoal ruang bagasinya, Grand Vitara Hybrid memiliki volume cukup luas yang bisa digunakan untuk menaruh beberapa tas berukuran besar.

Guna memberikan kenyamanan, pada bagasi juga dilengkapi tonneau yang menutupi barang bawaan di bagasi untuk menjaga privasi.

Kesimpulan

Sebagai SUV 5-seater perkotaan dengan sistem penggerak roda depan, Suzuki Grand Vitara Hybrid bukan cuma asik dikendarai di jalan beraspal, namun juga dapat diandalkan ketika kami mencobanya melibas trek off-road Pagedangan.

Kenyamanan dan keandalan yang ditawarkan Grand Vitara Hybrid saat melewati trek off-road berkat penggunaan suspensinya yang memiliki racikan pas, mesin 1.500 cc dengan teknologi SHVS, fitur keselamatan ESP, HHC, serta kamera 360 derajat yang digunakan.

Baca juga: Suzuki Grand Vitara X-Line Concept, Inspirasi Modifikasi Street Racing

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Grand Vitara

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross? | Komparasi

MPV listrik BYD M6 saat ini memang menjadi topik yang sangat hangat diperbincangkan di industri otomotif Indonesia. Sebab BYD seakan mendobrak market dengan menghadirkan mobil listrik berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) tapi dengan harga terjangkau. Diperkenalkan pertama kali pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), mobil listrik terbaru BYD ini langsung diserbu pengunjung. Dari pantauan Autofun Indonesia, selama pameran yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang itu, sejak har
Modifikasi Suzuki Carry Mobile Charging serta mobil listrik konsep eVX yang ditampilkan di GIIAS 2024 sebagai salah satu bukti kesiapan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyambut masa depan. Mobil komersial New Carry sendiri diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2019, dan mendapat penyegaran secara minor change pada 2021. Memiliki keunggulan di sektor kendaraan niaga, selain pick up, New Carry juga bisa dimodifikasi menyesuaikan kebutuhan untuk membawa penumpang dan beberapa jenis bisnis lai
PT Sokonindo Automobile berniat untuk terus menambah jumlah charging station jenis fast charging di Indonesia seiring semakin banyaknya populasi kendaraan elektrifikasi. Agen Pemegang Merek (APM) mobil DFSK dan Seres itu memang sudah terjun ke pasar kendaraan full listrik di Indonesia melalui DFSK Gelora E dan juga Seres E1. Bahkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, juga ditampilkan dua model elektrifikasi terbaru. Unit tersebut adalah Seres 9 Concept dan Seres
Untuk pertama kalinya Honda Step WGN e:HEV diperkenalkan di Indonesia melalui gelaran GIIAS 2024. Sebagai MPV boxy dengan menyematkan teknologi hybrid, meski baru sebatas perkenalan kehadiran Step WGN di GIIAS tahun ini mampu menarik minat pengunjung yang sekaligus mendapat respon positif. "Dikatakan sebelumnya untuk Step WGN kita hanya perkenalan saja di Indonesia sekaligus tes pasar melihat bagaimana respon masyarakat. Berdasarkan hasil survei, hampir 1.000 responden yang kami tanyai 99% menya
Pilihan mobil di bawah Rp 300 juta memang sangat banyak. Kalian bisa mendapatkan mobil bekas kelas medium atau bahkan keluaran pabrikan Eropa dengan tahun yang agak lawas. Tapi kalau mau baru, pilihan mobil di rentang harga ini juga beragam. Bisa lirik LCGC macam Toyota Agya hingga Daihatsu Sigra, atau LMPV seperti Suzuki Ertiga hingga Hyundai Stargazer. Menariknya, mobil di bawah Rp 300 juta juga bisa mendapatkan kendaraan elektrifikasi yang bebas dari konsumsi bensin atau solar dan tak pusing

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Lexus

Lexus LBX

Belum Tersedia

Lihat Mobil
MG

MG Cyberster

Rp 1,69 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota Hilux Rangga

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta X

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely RD6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Citroen

Citroen E-C3

Rp 377,00 - 387,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Jetour

Jetour X70

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J8

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J7

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J6

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Grand Vitara
Lihat