Ground clearance mobil ini cukup tinggi, tapi pengendalian tetap nyaman.
Ada tambahan komponen lain dan fitur baru juga yang jadi rahasianya.
Mobil yang masuk kategori SUV (Sport Utility Vehicle) biasanya memiliki ciri khusus. Antara lain berpenampilan gagah dengan pahatan desain tubuh yang maskulin, serta ground clearance yang relatif lebih tinggi dibanding mobil jenis city car, sedan, bahkan MPV.
Nah satu dari beberapa SUV terbaru yang ada di Indonesia adalah Mitsubishi New Xpander Cross. Low SUV berkonfigurasi 7 penumpang itu baru resmi diperkenalkan saat berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 di BSD City, Tangerang, Agustus lalu.
Resmi rilis di GIIAS 2022
Walau sejak lahir Xpander Cross masih punya "trah" dari versi LMPV-nya yakni Xpander, tapi tetap saja ia bergenre SUV. Sehingga Mitsubishi pun membubuhkan cita rasa lebih kekar dan sejumlah tambahan fitur untuk memperkuat fungsi kendaraan itu sebagai mobil petualang.
Suspensi Baru Bikin Mitsubishi Xpander Cross 2022 Lebih Tinggi
Kali ini kita tak akan membahas pembaruan secara umum yang terlihat di sisi eksterior dan interior pada New Xpander Cross. Namun lebih spesifik ke sektor kaki-kaki dan pengendaliannya. Sebab LSUV berlogo tiga berlian itu sekarang mendapatkan perbaikan pada suspensi belakang.
Sistem suspensi baru New Xpander Cross
Mitsubishi memasang shock absorber milik Pajero Sport yang diameternya lebih besar dibanding bawaan Xpander Cross sebelumnya. Kondisi ini membuat ground clearance Xpandre Cross sedikit lebih tinggi dibanding LSUV 7 seater lain.
Perbandingan Ground Clearance LSUV 7 Seater
Mitsubishi Xpander Cross
Toyota Rush
Suzuki XL7
225 mm
220 mm
200 mm
Tapi demi membuat bantingan yang dirasakan pengemudi dan penumpang lebih nyaman, terpasang pula katup-katup yang biasanya digunakan oleh mobil-mobil sedan premium Eropa.
"Pada bagian shock absorber juga ada perubahan valve sehingga kualitas redaman lebih optimal," jelas Arif Dwianto, Head of Training Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam keterangan resminya.
Shock belakang lebih besar
"Biasanya mobil dengan groundclearance tinggi akan sangat berdampak pada kenyamanan. Namun berkat penggunaan dan penyempurnaan suspensi tetap bisa memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang New Xpander Cross," lanjut Arif.
Bukan cuma pemakaian suspensi dan turunan komponen lainnya yang baru, tapi Mitsubishi Xpander Cross 2022 juga disematkan teknologi baru. Namanya Active Yaw Control (AYC) yang mampu memberikan jaminan pengendalian di medan jalan licin.
Fitur AYC sangat berperan saat menghadapi jalan licin
Fitur keselamatan berkendara yang sejatinya ada di sebuah Mitsubishi Lancer Evolution ini bisa membuat pengemudi makin presisi ketika berkendara. Fitur bakal bekerja memberikan pengereman otomatis ketika pengemudi menikung baik di jalan kering atau basah.
Indikator ketika AYC bekerja akan muncul di panel instrument pengemudi
Sisi roda bagian dalam akan memberikan pengereman sehingga kontrol setir dapat terus terjaga. Pada saat fitur ini aktif, akan ada indikator di panel instrumen.
Masih seputara bagian kolong mobil, New Xpander Cross ternyata juga memiliki kabin yang lebih kedap suara. Rahasianya ada dari penggunaan insulator di bawah bonnet dan di belakang mesin pada body mobil.
Layout kokpitnya mirip Pajero Sport
Terdapat juga bullhead yang dipasang pada setiap sisi untuk mencegah kebisingan saat membuka pintu. Bukan cuma itu, mobil ini juga mendapatkan peredam suara yang terpasang pada undercover di bawah mesin.
Gimana, jelas kan kenapa Mitsubishi Xpander Cross 2022 lebih nyaman dari sebelumnya.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.