Bikin Merinding, Rifat Sungkar Balapan Pakai Mitsubishi Triton Tersisa 3 Roda Namun Tetap Finish
Herdi · 29 Nov, 2022 15:05
0
0
Ajang balapan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang menempuh jarak sejauh 1.700 kilometer dan melintasi dua negara Thailand serta Kamboja, jadi bukti Mitsubishi Triton bukan mobil biasa.
Bagaimana tidak, di bawah payung Mitsubishi Ralliart Team, Pickup Double Cabin tersebut mampu meraih posisi puncak.
Menurut President Director Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, dalam debut pertama Mitsubishi Motor di ajang Motorsport ini, maka jadi sebuah bukti dan fakta, bahwa Mitsubishi Triton bisa digunakan dalam reli murni, meski hanya menggunakan model produksi, tanpa ada modifikasi berlebihan.
"Ini menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton yang dibuktikan langsung di lapangan," ungkap Nakamura dalam acara press conference virtual, Senin (28/11/2022).
Lebih lanjut dia menyatakan, meski di Indonesia Mitsubishi Triton mendominasi segmen kabin ganda, khususnya di pasar armada sebagai pekerja keras, namun mobil ini tetap handal. Selain itu, dengan pengalaman reli, maka ini semakin memperkuat posisi Triton di pasar nantinya.
Sementara itu, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart Hiroshi Masuoka menuturkan cukup bangga dua mobil yang digunakan dalam AXCR 2022 menunjukan performa kuat dan mampu menyelesaikan balapan dengan posisi teratas.
"Terutama driver yang bisa mengekstrak potensi mobil, mekanik dan engineer yang menyempurnakan terus kendaraan ini, serta semua pihak yang memberikan pengetahuan pada pengembangan mobil ini," ujar Masuoka.
Rifat Sungkar Harus Ngebut Pakai Tiga Roda
Selain karena performa mobil yang mumpuni, ketangguhan Mitsubishi Triton di lintasan tak lepas dari peran pembalap asal Thailand Chayapon Yotha yang mampu finish dengan menempuh waktu 8 jam, 22 menit, dan 42 detik.
Tidak hanya Chayapon Yotha, Mitsubishi Ralliart Team juga terdapat pereli nasional, Rifat Sungkar. Hanya saja Rifat harus puas di urutan ke lima atau tertinggal 17 menit 14 detik dari Chayapon Yotha.
Sebenarnya soal keahlian, Rifat yang juga brand ambassador Mitsubishi Indonesia, pada dasarnya tak perlu diragukan lagi. Selama rally kemarin performa Rifat cukup meyakinkan.
Hanya saja, saat sisa lintasa 80 kilometer sebelum finis, Rifat harus menggunakan tiga ban untuk balapan. Ya, bagian ban belakang pecah, dan dia tak mengganti dengan ban baru.
"Segala kemungkinan ada, dan saya tidak beruntung saja, karena saat itu tidak sedang push. Saya tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, karena ini saya yang nyetir," kata Rifat.
Kendati demikian, Rifat masih merasa beruntung. Pasalnya, sebagai pendatang baru, namun tetap bisa finis di urutan ke-5, dimana sebelumnya dia berada di urutan ke-8. "Biasanya anak baru akan kesusahan dan sulit finish," tutup Rifat.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.