window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

BYD Tambah Dealer 3S di Serpong, Tangsel

Prasetyo · 16 Jul, 2024 13:05

dealer byd dipo serpong

Dealer BYD di Indonesia terus diperbanyak demi memenuhi terus meningkatnya minat terhadap brand kendaraan elektrifikasi asal China itu.

Dan kini PT BYD Motor Indonesia menggandeng pihak Bipo Auto untuk meresmikan dealer BYD Serpong yang ada di Tangerang Selatan (Tangsel).

Bagi BYD, pembukaan dealer BYD Serpong ini merupakan kelanjutan dari bukti komitmen perusahaan untuk menjangkau masyarakat di seluruh wilayah Indonesia akan permintaan terhadap kendaraan BYD dan juga kebutuhan perawatan berkala mobil-mobil BYD.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sementara bagi Bipo Auto, keberadaan dealer ini merupakan yang pertama buat perusahaan tersebut untuk terjun di industri otomotif.

"Bipo Auto bangga bisa ikut serta dalam pengembangan transportasi ramah lingkungan di Indonesia melalui kerja sama dengan BYD. Kami percaya kemitraan ini dapat membangun ekosistem EV di Indonesia, dan menjangkau seluruh konsumen potensial," papar Anwar Afandi, President Director of Bipo Auto, dalam keterangannya, Selasa (16/07/2024).

dealer byd dipo serpong

Peresmia BYD Bipo Serpong (16/7/2024)

Nathan Sun menambahkan, jaringan dealer merupakan satu dari bagian besar rencana BYD untuk berkomitmen dengan pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Sejak BYD resmi masuk ke Tanah Air pada Januari 2024, BYD langsung meluncurkan tiga produk unggulannya sekaligus, yakni Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Kemudian BYD juga meneruskan komitmennya dengan rencana pendirian pabrik di kawasan Subang, Jawa Barat dengan luas sekitar 180 hektar.

"Karena BYD selalu menyajikan teknologi dan pelayanan yang nomor satu. Ini terbukti kalau kami sudah menjual hampir di 80 negara di dunia. Dan pabrik di Subang akan menjadi pabrik BYD terbesar di Asia Tenggara. Ini bukti komitmen BYD terhadap Indonesia," jelas Director Operations BYD Auto Indonesia itu.

dealer byd dipo serpong

Dealer BYD pertama dari Bipo Auto

Sementara itu Andi Afandi selaku Director PT Bipo Teknologi Otomotif menyebutkan alasannya menunjuk BYD sebagai rekan bisnis di industri otomotif dalam negeri.

"Kenapa kita pilih BYD bukan menjadi brand dealer lain sebenarnya ada beberapa alasan," sebut Andi. Pertama kata dia, karena BYD merupakan perusahaan market leader di segmen kendaraan elektrifikasi secara global saat ini. 

Kemudian pabrikan dengan nama lengkap Build Your Dreams itu juga punya kemampuan untuk memproduksi dan menyalurkan sendiri hampir 70 persen komponen suku cadang pada setiap kendaraan yang mereka produksi. 

Kondisi tersebut membuat tidak akan terjadi halangan jika secara global terdapat kendala pengiriman. Misalnya pada kasus pandemi Covid-19 lalu dimana pengiriman barang dibatasi.

"Lalu BYD produknya juga lengkap mulai dari kelas Low sampai brand Premium pun ada. Jadi kami melihat mereka punya kapabilitas untuk dijadikan partner. Dan saya rasa kompetitornya susah untuk menyaingi," jelasnya.

Baca juga:  Punya Pabrik di Thailand, Harga Mobil Listrik BYD Jadi Makin Murah

Tentang Dealer BYD Serpong

Dealer BYD pertama dari Bipo Auto

Punya fasilitas 3S

Disebutkan lebih lanjut oleh Andi, BYD Bipo Serpong terletak di Jl. Raya Serpong KM 7 no.30, Tangerang Selatan, yang lokasinya sangat strategis dan mudah diakses mengingat ada dua tol yang bisa menghubungkan antara wilayah Tangerang dengan Jakarta.

Dealer dengan fasilitas 3S (Sales Service Spare parts) pertama dari Bipo Auto ini memiliki lahan seluas 1.490 meter persegi dan luas bangunan sebesar 1.098 meter persegi.

Dealer dengan dua lantai tersebut memiliki fasilitas lengkap termasuk area penjualan (showroom) yang bisa menampilkan 5 unit mobil display, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

Lalu ada juga service, bengkel dengan beberapa stall servis, fasilitas pengisian baterai (charging station), dan ruang tunggu yang nyaman. 

Desain interior dan eksterior showroom BYD Bipo Serpong disebutkan juga oleh Andi, mengikuti standar estetika BYD, menawarkan nuansa modern, mewah, dan nyaman.

Baca juga: Kerjasama dengan Harmony Auto, BYD Resmikan Dealer di Jakarta Selatan

Bipo Auto Siapkan 5 Dealer BYD Lainnya

dealer byd bipo serpong

Fasilitas servis lengkap

Menjadi yang pertama membangun dealer BYD di kawasan Serpong, ternyata hanya langkah awal bagi PT Bipo Teknologi Otomotif (Bipo Auto). Sebab perusahaan ini ternyata sudah menyiapkan setidaknya 5 lokasi lain untuk dealer BYD berikutnya.

"Pertama masih di lokasi dekat area BYD Serpong ini. Kira-kira 300 meter jaraknya tapi di seberang jalan dari dealer ini," sebut Andi.

Ia menjelaskan, dealer BYD Dipo Serpong yang hari ini diresmikan hanya bersifat sementara. Sebab tahun depan akan berganti menjadi dealer sub brand premium kepunyaan BYD.

"Jadi nantinya dealer ini untuk brand premium kepunyaan BYD. Sementara dealer BYD Bipo Serpong pindah ke lokasi baru yang ada di seberang jalan, dengan area yang lebih luas. Kalau disini showroom cuma bisa 5 unit, nantinya yang baru bisa sampai 8 unit mobil dengan luas bangunan sekitar 4.000 meter persegi," jelas Andi.

dealer byd bipo serpong

Ada charging station buat konsumen

Kemudian, lokasi berikutnya yang sudah dibidik adalah satu tempat di area Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kemudian Bipo Auto juga akan membuka cabang dealer di Cilegon, di Padalarang tepatnya dekat Kota Baru Parahyangan, serta di Bali.

"Untuk di Bali juga istimewa, karena BYD hanya menunjuk 2 group dealer dan satu diantaranya Bipo," ucap dia. Kemudian semua dealer tersebut, katanya, juga akan diresmikan mulai awal tahun depan.

Rencana pembangunan lima dealer lagi di wilayah berbeda ini, memang sejalan dengan target BYD Auto Indonesia untuk memiliki hingga 50 dealer di dalam negeri hingga akhir tahun 2024.

Dengan masuknya Bipo Auto sebagai jaringan dealer BYD di Indonesia, maka pabrikan jenama Tiongkok ini mempunyai setidaknya empat group dealer, yaitu Arista, Haka Auto, Harmony Auto, dan juga Bipo Auto.

Baca juga: Bukan Full Listrik, BYD Seal 06 DM-i Tawarkan Teknologi Hybrid Terbaru

BYD Tampilkan Mobil Baru di GIIAS 2024

BYD M6 Indonesia

Dimensinya mirip Toyota Kijang Innova

BYD Bipo Serpong juga menjadi bagian dalam tim BYD Auto Indonesia yang turut mendukung keikutsertaan BYD pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang akan dilaksanakan pada 18-28 Juli 2024. 

Dalam perhelatan tahunan tersebut, BYD ikut serta meramaikan dengan menampilkan unit-unit terbaiknya, yaitu Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Selain itu BYD juga akan menampilkan satu mobil listrik baru lagi di pameran otomotif yang dihelat di ICE BSD City, Tangerang itu.

Mobil listrik tersebut adalah BYD M6 yang versi lainnya yakni BYD e6 sudah didaulat jadi salah satu kendaraan taksi elektrik terbaru buat perusahaan taksi Indonesia, Blubird.

BYD M6 Indonesia

Tampilan belakang BYD M6

BYD M6 dibekali motor listrik yang tenaga maksimalnya bisa tembus hingga 207 PS dengan torsi maksimum 310 Nm.

Kemudian M6 juga menggunakan Blade Battery (LFP) berkapasitas 71,8 kWh dengan jarak tempuh hingga 500 km berdasarkan metode NEDC, dalam sekali pengisian daya. Baterai ini juga mendukung pengisian cepat (fast charging) AC 7 kW dan DC hingga 115 kW.

Saat memanfaatkan fasilitas fast charging, pengisian daya baterai mobil listrik BYD ini dari kondisi 10% - 80% hanya butuh waktu 40 menit, meski begitu mobil ini juga punya kemampuan Vehicle to Load (V2L).

Dengan adanya perhelatan GIIAS 2024, BYD semakin memperluas visinya untuk mengubah gaya hidup berkendara yang lebih hijau kepada masyarakat Indonesia.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Dolphin Dynamic Standard 410 km

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil