DCVI Rilis Truk Mercedes-Benz Axor M-Cab 2023, Kabinnya Bikin Sopir Gak Gampang Capek
Prasetyo · 11 Apr, 2023 11:04
0
0
PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) secara resmi memperkenalkan truk Mercedes-Benz Axor M-Cab (Medium Cabin) 2023. Ini adalah produk terbaru dari DCVI di tahun ini setelah sebelumnya merilis Actros dan Arocs Euro 5.
Berbeda dengan dua produk sebelumnya yang menyasar konsumen perusahaan tambang, maka untuk Axor M-Cab ini lebih mengarah pada perusahaan logistik. Apalagi pembangunan jalan di Indonesia terus digenjot oleh pemerintah, sehingga kebutuhan armada logistik lintas kota bahkan antar pulau sangat dibutuhkan.
Peluncuran di Jakarta, Senin (10/04/2023)
"Ini sesuai dengan instruksi dari Presiden Jokowi yang terus mendorong pembangunan jalan tol di Indonesia. Kita tahu setelah ada Trans Jawa, menyusul Trans Sumatera, mungkin nanti Trans Sulawesi dan Kalimantan juga akan rampung. Kalau jalannya sudah memadai maka truk logistiknya juga harus memadai," kata Faustina, Head of Product Management and Marketing DCVI di Jakarta, Senin (10/04/2023).
Axor M-Cab Euro 4 ini merupakan pengembangan dari Mercedes-Benz Axor Euro 4 yang dirilis pada tengah tahun lalu. Satu hal yang cukup istimewa adalah kabin tractor-head yang dibuat lebih panjang. Ini untuk meletakkan satu kursi tambahan di belakang kursi pengemudi dan penumpang.
Ada kursi tambahan
Hadirnya kursi tambahan itu buat ruang istirahat bagi sopir truk tersebut saat lelah diperjalanan. "Biasanya perusahaan akan menugaskan dua sopir, jadi ketika satu sopir istirahat, maka yang lainnya bisa tetap bekerja sehingga perjalanan tidak terganggu. Atau bisa juga dua sopir satu kernet," kata Faustina.
Tampilan kemudinya
Selain bisa dijadikan ranjang, di belakang kursi sopir memiliki dimensi lebih luas. Kursi penumpang juga dapat dilipat sehingga pengemudi dapat berbaring melintang dari kursi penumpang hingga kursi sopir. Kemudian truk ini juga sudah dibekali AC dan headunit MP3 Player serta dua speaker.
Sasis panjang buat kebutuhan logistik
Produk ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan tambahan yang lebih besar di bawah ranjang dan di bawah kursi penumpang. Pada kursi penumpang, unit baru ini juga menambahkan footrest yang dapat dilipat.
DCVI menyediakn dua tipe truk Mercedes-Benz Axor M-Cab 2023, yakni tipe 2528 R/5700 6x2 dan 2528 r/5700 6x4. Keduanya pakai mesin OM906LA 6 silinder 6.373 cc yangh mampu menghasilkan tenaga 285 PS di 2.200 rpm dengan torsi puncak 1,120 Nm pada 1.200-2.200 rpm.
Tetap pakai mesin sebelumnya
Menggunakan transmisi manual 9 percepatan, kedua truk ini memiliki JBB 26.500 kg. Perbedaan keduanya hanya pada tipe penggerak roda dan peruntukan. "Untuk yang 6x4 biasanya disukai di medan Sumatera atau Kalimantan yang jalannya naik turun. Sementara 6x2 lebih untuk jalan datar di Trans Jawa," sebut Faustina.
Kapasitas tangki besar
Selain itu, dengan tambahan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump), interval perawatan truk ini bisa sampai 50.000 km. Adapun tangki BBM yang bisa mencapai 380 liter, bisa membuat mobil terus melaju tanpa harus sering mengisi ulang bahan bakar.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.