Dijual Mulai dari Rp159 Juta, Tata Intra V20 Bisa Bikin Daihatsu Grand Max Geleng-geleng Kepala
Enda · 15 Sep, 2022 18:00
0
0
Setelah cukup lama tidak menghadirkan produk terbarunya, Rabu 15 September 2022 PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) secara resmi meluncurkan Tata Intra V20 di Tanah Air.
Pesaing terdekat Daihatsu Gran Max, untuk model pick up nya Tata Intra V20 sendiri ditawarkan dalam dua varian, yakni AC yang dibandrol Rp169 juta dan non AC Rp159 juta. Sedangkan versi box alumunium, TMDI menjualnya Rp213,4 juta.
Bisa bikin Daihatsu Gran Max geleng-geleng kepala, intip lebih dekat Tata Intra V20 yang dijual di Indonesia melalui ulasan berikut.
Tampilan Tata Intra V20 Lebih Modern Ketimbang Pick Up Jepangan
Sebagai mobil niaga Tata Intra V20 tidak hanya terkesan kokoh. Secara penampilan mobil ini juga terlihat mewah. Hal ini dibuktikan daripada fasadnya Intra V20 banyak tersematkan aksen krom seperti pada garnish di atas grill serta list berbentuk L-shape pada rumah foglampnya.
Agar tampil lebih berkesan, grillnya hadir dengan bentuk atraktif yang dilabur warna silver serta penambahan aksen motorized clear lens pada headlampnya.
Di bagian samping, secara bentuk Tata Intra V20 juga terlihat begitu kekar. Hal ini dibuktikan berkat tarikan garis meruncing yang disambungkan dari ujung lampu utamanya. Bukan cuma itu, lekukan di atas roda juga terlihat begitu macho yang membuatnya terlihat semakin kokoh.
Seperti mobil niaga pada umumnya, untuk lingkar rodanya mobil ini menggunakan velg kaleng berukuran 14 inci tanpa ditutupi dop.
Bisa Hasilkan Banyak Cuan, Bak Tata Intra V20 Lebih Besar dari Daihatsu Gran Max
Mengenai dimensinya Tata Intra V20 terbilang besar. Di atas kertas untuk panjangnya sendiri mencapai 4.282 mm, lebar 1.639 mm dan tinggi 1.918 mm. Selain itu wheelbasenya sendiri mencapai 2.250 mm dengan ground clearance 170 mm.
Bicara baknya, untuk ukurannya sendiri lebih besar dari Daihatsu Gran Max. Seperti yang bisa dilihat panjang kargonya Intra V20 mencapai 2.450 mm, lebar 1.540 mm dan tinggi 400 mm. Sebagai pesaing terdekatnya, panjang bak Daihatsu Gran Max sendiri berada di angka 2.350 mm, lebar 1.585 mm serta tinggi 300 mm (360 mm 3W).
Volume Bak Tata Intra V20 Vs Daihatsu Gran Max
Keterangan
Tata Intra V20
Daihatsu Gran Max
Panjang
2.450 mm
2.350 mm
Lebar
1.540 mm
1.585 mm
Tinggi
400 mm
300 mm (360 mm 3W)
Sekelas Mobil Pick Up Interior Tata Intra V20 Tampil Modern
Melihat daripada tampilan dalamnya Tata Intra V20 terlihat lebih modern dibandingkan dengan model pick up lainnya. Pada dashboardnya sendiri menganut desain membulat yang membuatnya terlihat unik dengan dua console box terbuka dan tertutup di bagian penumpangnya.
Di bagian center cluster mobil ini berhasil tersematkan head unit singe din dengan tombol pengaturan AC dan dua kotak penyimpanan kecil di bagian atasnya. Khusus varian non AC, tempat tombol pengaturannya diganti dengan laci penyimpanan yang bisa digunakan untuk menaruh telefon genggam maupun dompet.
Pada panel instrumentnya Tata Intra V20 disuguhkan dengan speedometer yang eyes-catching sekaligus modern berkat menganut tampilan digital baik untuk kecepatan, maupun jarak tempuh.
Oh iya, pada dashboard bagian kanan bawahnya mobil ini juga tersematkan tombol pengaturan tinggi rendahnya lampu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Terasa ergonomis, tuas perindahan gigi atau shift knobnya diletakkan pada center cluster yang menurut pandangan kami terasa pas tidak terlalu tinggi maupun rendah.
Tata Intra V20 Andalkan Mesin Diesel Turbo dengan Kaki-kaki Tangguh
Tidak seperti kebanyakan pick up di Indonesia yang menggunakan mesin bensin, Tata Intra V20 dibenamkan jantung pacu diesel turbo intercooler 4-silinder segaris berkapasitas 1.396 cc. Memakai teknologi common rail direct engine berstandar Euro 4, untuk tenaga yang dihasilkan mencapai 72 PS @4.000 rpm serta torsi maksimal 140 Nm @1.800-3.000 rpm.
Dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan with a single plate dry friction type clutch, performa yang didapatkan mesin dieselnya tersebut memiliki kemampuan menanjak terbaik di kelasnya sebesar 37% dengan konsumsi BBM 1:14.
Sebagai informasi, untuk sistem pengeremannya mobil ini didukung rem cakram di bagian depan dan tromol pada roda belakangnya. Guna memberikan ketangguhan serta kenyamanan dalam berkendara, Tata Intra V20 telah dilengkapi power steering, serta suspensi model semi-elliptical leaf spring baik di roda depan maupun belakangnya.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.