First Drive Mitsubishi Xforce: Alternatif Menarik Selain Xpander Cross
Enda · 21 Agu, 2023 19:01
0
0
Segmen SUV kompak di Tanah Air makin gemuk pasca PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan Mitsubishi Xforce dalam pagelaran GIIAS 2023.
Datang melawan Honda HR-V, Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, sampai Kia Sonet, tentunya banyak yang ingin tahu bagaimana impresi berkendara menggunakan mobil baru Mitsubishi ini.
Autofun pun mendapat kesempatan melakukan test drive Mitsubishi Xforce Ultimate secara singkat memanfaatkan area Test Drive GIIAS 2023 dengan trek terbatas di lokasi outdoor ICE BSD City, Tangerang.
Singgah di jok pengemudi, kesan pertama yang kami rasakan untuk posisi berkendara nyaman.
Jok dengan bahan kulit premium terasa empuk sekaligus merekat di badan berkat penggunaan desain semi bucket.
Selain pas untuk postur badan orang Asia, visibilitas berkendara yang disuguhkan terasa luas meski dashboardnya memiliki head unit serta panel instrument model floating dengan ukuran hingga 12,3 inch.
Menariknya mobil ini juga memiliki jendela samping lebar serta pilar A menyempit, yang tidak mengganggu pandangan mengemudi.
Seperti Xpander dan Xpander Cross, Xforce dibekali mesin berkode 4A91 4-silinder segaris DOHC 16 Valve Euro4 MIVEC berkapasitas 1.499 cc dengan tenaga 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.
Untuk transmisinya mobil ini sudah menggunakan CVT yang terasa lebih baik daripada transmisi AT 8 percepatan.
Saat menggunakan mode Normal serta tuas gigi di posisi D, untuk akselerasi yang dihasilkan menurut kami mirip dengan Xpander dan Xpander Cross.
Khas mobil bertransmisi CVT, ketika melakukan kick-down, mobil ini baru menunjukan taringnya ketika putaran mesin berada di atas 3.500 RPM.
Lincah, Putar Balik Terasa Mudah
Di atas kertas, mobil ini memiliki radius putar 5,2 m, tidak terlalu impresif memang, namun bisa dituntaskan masih cukup mudah pada area test drive yang cukup sempit.
Xforce hadir sebagai model Mitsubishi pertama yang disematkan Dynamic Sound Yamaha Premium.
Speaker premium ini dapat menjaga kualitas suara, bass tetap hidup, dan nada-nada lain terdengar jernih bahkan saat mobil melewati permukaan jalan berkontur.
Sebanyak 8 speaker Yamaha tersebar diseluruh kabin Xforce guna memberikan kenyamanan selama berkendara.
Selain itu sistem audio mobil tersebut juga memiliki teknologi pengaturan volume dan kualitas suara yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.
Suspensi Mitsubishi Xforce Sedikit Keras
Di beberapa area lintasan tes drive terdapat garis pita kejut serta speed bump yang bertujuan mengetahui bagaimana kenyamanan mobil ketika melewati jalan yang tidak rata.
Saat kami melewatinya, bantingan suspensi yang dihasilkan sistem kaki-kaki Xforce cenderung lebih stiff dibandingkan Xpander Cross yang sudah menggunakan shock absorber atau suspensi kepunyaan Pajero Sport dengan katup berperforma tinggi.
Kerasnya bantingan makin terasa saat duduk di jok belakang, namun biasanya mobil dengan karakter suspensi yang keras terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, sayang kami tidak mendapat kesempatan menguji manuver mobil ini.
Kesimpulan
Setelah mencoba langsung test drive singkat Mistubishi Xforce di GIIAS 2023, dapat disimpulkan bahwa untuk bantingan suspensinya terasa sedikit lebih stiff dibandingkan Xpander Cross.
Sedangkan performa mesin yang dihasilkan terasa 11-12, mengingat mobil ini disematkan mesin yang sama.
Lainnya, mobil ini memiliki visibilitas mengemudi yang baik, radius putar tidak terlalu besar, lincah, pilar A kecil minim blind spot, serta Dynamic Sound Yamaha Premium dengan menghasilkan suara tingkat atas yang dapat mengatur volume secara otomatis mengikuti laju kendaraan.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.