Ada banyak gelaran otomotif yang diselenggarakan pada tahun ini. Salah satunya Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang akan dilangsungkan selama 10 hari pada 10-19 Maret mendatang.
Pameran otomotif yang difokuskan di Jakarta untuk menjaga momentum penjualan kendaraan bermotor di 2022, GJAW 2023 diikuti peserta lebih banyak. Jika tahun 2022 diikuti 13 brand mobil, tahun ini 19 brand mobil dengan total keseluruhan 60 merek termasuk supporting industri ikut meramaikan pameran.
Sebagai informasi, GJAW 2022 total diikuti 21 merek. Itu artinya pada tahun ini peserta yang mengikuti GJAW terdapat peningkatan tiga kali lipat.
Disajikan dengan menggabungukan lifestyle atau gaya hidup, 19 brand mobil yang ikut memeriahkan JAW × Lifestyle 2023 diantaranya; BMW M, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling.
Baca juga: Digelar 11 Hari, Lebih dari 15 Ribu Unit Kendaraan Terjual di IIMS 2023
"Jika selama ini pergerakan angka penjualan terlihat kencang di semester dua, maka dengan kehadiran GJAW, Gaikindo ingin memulai pergerakan pasar terlihat sejak awal tahun, oleh karena itu JAW akan menggenjot penjualan dengan berbagai penawaran dan promosi dari para merek otomotif," ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.
Ditambahkan Nangoi, aktivitas penjualan pada sepanjang pameran JAW tahun ini ditargetkan dapat melebihi capaian pameran perdana JAW di tahun 2022. “Tahun 2022 berhasil mencatat transaksi sejumlah 5.919 unit dengan senilai 2,3 triliun rupiah, hanya dari penjualan kendaraan otomotif saja. Untuk tahun ini kita harapkan bisa lebih besar dari itu, mengingat untuk peserta yang ikut juga lebih banyak,” tambahnya.
Berbeda dengan gelaran IIMS 2023, pada pemeran GJAW 2023 brand Esemka tidak ikut serta dalam kegiatan. “Pameran kali ini dilaksanakan oleh Gaikindo. Kami sangat mengutamakan anggota kami. Esemka belum menjadi anggota kami. Seandainya Esemka berminat, bisa kita bicarakan tapi kembali lagi melihat adanya ketersediaan space,” jabarnya.
Baca juga: Stargazer Masih Jadi Bintangnya Hyundai di IIMS 2023, Ioniq 5 Pamornya Tenggelam?
15 Mobil Baru Akan Launcing di GJAW 2023
Banyaknya peserta APM kendaraan bermotor dan juga industri pendukung yang berpartisipasi pada GJAW 2023 menandakan semangat, gairah dan kepercayaan industri otomotif yang semakin besar terhadap pelaksanaan pameran GJAW kali kedua ditahun ini. Hal lain yang juga menjadi indikasi positif adalah beragam produk-produk otomotif terbaru yang sudah diperkenalkan ke masyarakat sejak awal tahun.
“15 produk baru akan launching di GJAW 2023. Sedikit membedakan, kalau GIIAS biasanya lebih dari 30 produk yang akan diluncurkan,” kata Agus iyadi Agus Riyadi, Project Director Seven Event, yang ditunjuk Gaikindo sebagai pelaksana dalam penyelenggaraan pameran GJAW 2023.
Tahun ini GJAW juga akan mengeksplorasi dunia lifestyle, dengan kehadiran konser, fashion show, serta kuliner khas nusantara. Pengunjung akan dapat menikmati pameran tren dan hobi dalam satu waktu dan tempat, menikmati launching, inovasi terbaru, tidak lupa penawaran dan promo terbaik dari industri otomotif, sekaligus suguhan dari dunia lifestyle lewat Jakarta Concert Week, Jakarta Auto Runway, dan Indonesia Authentic Food Festival.
Baca juga: Berhasil Jual 1.358 Unit, Bukan WR-V Mobil Honda yang Paling Diminati di IIMS 2023