Honda CR-V Hidrogen Mulai Tes Jalan, Bisa Mengeluarkan Air dari Knalpot!
Enda · 4 Okt, 2023 11:30
0
0
Honda berencana meluncurkan CR-V berbahan bakar hidrogen. Dinamai Honda CR-V (Spesifikasi | Berita) Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), mobil ramah lingkungan tersebut baru-baru ini terlihat sedang melakukan tes jalan di Prefektur Yamanashi, Jepang, atau sekitar 110 km sebelah barat Tokyo.
Berdasarkan foto yang diposting di sosial media X (Twitter) dengan akun nama akun TW MC, memperlihatkan sebuah CR-V generasi keenam yang dibalut menggunakan stiker dengan livery biru cerah bertuliskan ‘Hidrogen’ dimana-mana.
Dibandingkan dengan versi turbo atau hybrid, CR-V hidrogen memiliki bumper depan yang berbeda. Selain itu untuk lampu belakang mendapat aksen biru muda.
Diketahui sebelumnya, Honda berencana akan memproduksi kendaraan listrik berbasis bahan bakar hidrogen (FCEV) pada tahun 2024 di Amerika Serikat. Selain itu, Honda juga telah menunjuk pusat pengembangan serta pabrik untuk produksi kendaraan listrik berbahan bakar hidrogen di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio, Amerika Serikat.
Kehadiran CR-V hidrogen sejalan dengan tujuan Honda untuk zero emission pada tahun 2050. CR-V menjadi model yang dipilih untuk teknologi FCEV karena model ini memiliki peran penting dalam strategi elektrifikasi Honda di Amerika Serikat.
Sekedar informasi, teknologi FCEV menggunakan mesin kendaraan yang digerakkan oleh motor listrik berbahan bakar hidrogen. Kendaraan dengan mengadopsi teknologi FCEV memanfaatkan bahan bakar hidrogen yang selanjutnya menjadi sumber energi untuk menjalankan motor listrik, dan seterusnya mengeluarkan air tidak melepaskan zat CO2.
Sementara di luar negeri sudah mulai menguji kemampuan hidrogen, Indonesia malah baru memasuki era CR-V hybrid. Generasi keenam Honda CR-V diluncurkan di pameran GIIAS 2023.
Terlihat lebih sporty dan juga futuristik, Medium SUV ini juga membawa fitur lebih lengkap. Pada varian 2.0 RS e:HEV, mobil ini dibandrol Rp804,9 juta, sedangkan Rp739,9 juta untuk tipe 1.5 Turbo.
CR-V 2.0 RS e:HEV dibekali mesin 2.0-liter direct-injected 4-silinder segaris Atkinson cycle DOHC yang dikawinkan dengan transmisi Electric Continuously Variable (E-CVT) serta baterai lithium-ion berkapasitas 1,06 kWh. Secara total, kombinasi antara mesin dengan motor listrik sanggup meletupkan tenaga sebesar 207 PS dan torsi 335 Nm, yang dikawinkan transmisi E-CVT.
CR-V 1.5 Turbo, mobil ini disematkan jantung pacu 1.5-liter direct-injected 4-silinder segaris DOHC VTEC Turbo dengan meletupkan tenaga 190 PS di angka 6.000 rpm serta torsi maksimum 240 Nm pada putaran 1.700-5.000 rpm. Berbeda dengan varian hybrid, untuk transmisinya CR-V 1.5 Turbo menggunakan CVT.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.