Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Traga 2020 yang Tangguh dan Tahan Banting
Bent Aulia · 3 Des, 2024 18:04
0
0
Pasar mobil komersial kehadiran Isuzu Traga pertama kali pada 2018 yang memasuki ceruk segmen Light Commercial Vehicle (LCV) jenis pick up. Traga sendiri merupakan sukesor Isuzu Bison sebagai rebadge dari Mitsubishi L300.
Sebagai salah satu andalan Isuzu, saat ini harga Isuzu Traga dipasarkan mulai dari Rp 271 juta. Adapun variannya ada yang berbentuk pick up, pick up box, serta ada juga yang dijadikan model blind van.
Berikut daftar harga Isuzu Traga terbaru 2024:
Traga Pick Up Flat Deck: Rp 271.000.000
Traga Box Semi Aluminium: Rp 311.000.000
Traga Box Full Aluminium: Rp 317.000.000
Traga Box Frezeer: Rp 366.000.000
Traga Blind Van: Rp 366.000.000
Kalau dibandingkan rivalnya seperti Mitsubishi L300, harga Isuzu Traga ini memang sedikit lebih mahal. Demikian juga dengan pick up pemain baru yaitu Toyota Hilux Rangga. Untuk varian Hilux Rangga bermesin diesel harganya masih di bawah Traga.
Sementara kalau melihat harga bekasnya, Isuzu Traga bekas 2020 masih di angka Rp 200 juta sampai Rp 220 juta. Tentunya harga bekas ini bisa berbeda dengan melihat kondisi dan lokasi penjual.
Meski banderolnya cukup tinggi, namun dengan performa menawan dan mesin tahan banting, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Isuzu Traga 2020 yang patut kalian ketahui sebelum berniat membelinya.
Sebelum membahas mengenai kekurangannya, kita akan kupas dulu hal-hal apa saja yang jadi keunggulan Isuzu Traga sehingga menarik untuk dipertimbangkan menemani perjalanan bisnis kalian.
1. Mesin bertenaga khas Isuzu
Isuzu sudah lama dikenal menghadirkan mesin diesel bertenaga. Sedangkan Traga dibekali mesin 4JA1-CR berkapasitas 2.499 cc 4 silinder segaris dengan teknologi Common Rail VGT Intercooler. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 80 PS di 3.800 rpm dan torsi 191 Nm pada putaran 1.800 - 2.400 rpm.
Menggunakan Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC), mesin diesel Traga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar EURO4 yang sudah diwajibkan pemerintah Indonesia untuk kendaraan bermesin diesel.
Konsumsi bbm Isuzu Traga juga mengesankan dengan catatan rata-rata 11.7 km/L di jalanan perkotaan.
2. Pengendalian stabil di jalan
Sopir tidak cepat lelah
Penggunaan mesin milik Panther yang dikenal karena ketangguhannya juga menghasilkan pengendaraan yang stabil di jalanan. Apalagi ground clearance mencapai 200 mm dan radius putar Isuzu Traga hanya terhitung 4.5 meter membuatnya cukup mudah diajak bermanuver dan melewati jalanan berbelok.
Selain itu, meski hadir di kelas kendaraan komersial, namun kenyamanan pengemudi dan kernet juga tetap diperhatikan. Buktinya posisi berkendara mobil ini dibuat lebih nyaman ketimbang kompetitornya.
Dimana untuk joknya dibuat terpisah dengan tuas hand brake (rem parkir) di tengah-tengah antara kursi pengemudi dan penumpang, mirip kendaraan penumpang pada umumnya.
Selain posisi hand brake, tuas perpindahan gigi atau shift knob pun diletakan di tengah layaknya passenger car sehingga dapat menyuguhkan rasa berkendara yang lebih ergonomis dan tidak cepat lelah untuk perjalanan jarak jauh.
3. Bak luas dan kokoh
Bak belakang muat banyak
Keunggulan Isuzu Traga 2020 lainnya adalah ukuran bak kargo belakang yang cukup luas sehingga mampu menampung barang bawaan yang banyak. Melihat spesifikasinya, untuk ukuran bak Traga mempunyai panjang 2.810 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 300 mm.
Seaat peluncuran mobil ini, pihak Isuzu Indonesia sendiri menyebutkan bahwa Traga memiliki luas kargo 4.6 meter persegi. Bak belakang bisa mengangkut 60 galon air, dibandingkan pesaingnya yang hanya bisa mengangkut 48 galon air.
Selain memiliki bak lebih besar, untuk kargonya Traga juga lebih unggul ketimbang L300 lantaran sudah menganut model 3-way di varian tertentu. Dengan bukaan bak 3-way yang bisa dilakukan dari segala sisi, akomodasi keluar masuknya barang terasa lebih ringkas.
4. Tangguh di semua medan
Caption
Rangka bodi yang kokoh didukung dengan mesin bertenaga membuat Isuzu Traga memiliki masa pakai yang cukup baik walaupun menjadi mobil ‘pekerja keras’. Karena ketangguhannya, harga jual Isuzu Traga bekas pun masih stabil di pasar mobil bekas Tanah Air.
Karena “lahir” dari DNA Isuzu Bison sebagai suksesornya, komponen mesin Traga juga sudah menggunakan timing gear. Kompartemen di dalam mesin, Isuzu Bison sudah menggunakan timing gear, beda dengan L300 yang mengandalkan timing belt.
Timing gear bekerja sebagai gigi penghubung yang dapat mentransfer putaran crankshaft ke perlengkapan mesin, yang membutuhkan tenaga putar untuk dapat menggerakan mesin. Dibandingkan timing belt, timing gear memiliki keunggulan yakni tidak perlu melakukan perawatan khusus karena sifatnya lifetime.
Hanya saja untuk menjaga kondisi gear tidak mudah aus, pemilik diwajibkan untuk mengganti oli mesin secara teratur. Tidak hanya itu, timing gear memiliki keunggulan lain yaitu memudahkan mekanik mencari setting terbaik klep sesuai permintaan mesin.
Setelah membahas mengenai apa saja keunggulan yang dimilikinya, maka biar adil kini kita kupas apa saja kelemahan Isuzu Traga. Supaya kalian bisa mengantisipasi jika ada masalah tersebut dan siap untuk mengatasinya.
1. Fitur terbatas
Fiturnya sederhana
Layaknya mobil komersial lainnya, sistem keselamatan dan hiburan Traga tak begitu lengkap jika dibandingkan mobil penumpang. Bahkan Traga hanya dilengkapi dengan blower, dibandingkan pesaing asal China yang sudah mendapatkan fitur AC di dalam mobil.
Hal ini memang lumrah terjadi, mengingat kendaraan komersial lebih mengutamakan fungsi dari mobil tersebut ketimbang estetika semata. Walau demikian, kalian tetap bisa menambahkan beberapa piranti hiburan. Seperti headunit layar sentuh, lengka dengan audio system seperti speakers dan juga tweeter yang bayak dijual di toko-toko aksesoris mobil.
2. Hanya ada transmisi manual
Meski memiliki berbagai gaya bodi, sayangnya Isuzu Traga hanya ditawarkan dalam satu pilihan transmisi saja, yaitu 5-percepatan manual. Kombinasi mesin yang efisien serta girboks MUA5S menghadirkan rasio gigi yang terbilang pas. Namun, belum terlalu praktis dibandingkan transmisi otomatis.
3. Suara mesin cukup kasar
Mobil komersial seperti light pick up, box, atau blind van di Indonesia umumnya memang tak ada varian transmisi matic
Salah satu kelemahan dari mesin diesel yaitu suara mesin yang terasa kasar dan bising dari dalam kabin. Masalah ini masih belum terpecahkan oleh Isuzu.
Masalah ini masih belum terpecahkan oleh Isuzu. Banyak yang mengeluhkan suara mesin Isuzu Traga cukup keras terasa dibandingkan pesaingnya di segmen mobil komersial lainnya.
Spesifikasi Teknis Isuzu Traga
Pick up
Box
Dimensi
Panjang
4.520 mm
4.655 mm
Lebar
1.705 mm
1.750 mm
Tinggi
1.985 mm
2.250 mm
Panjang bak belakang
2.810 mm
2.810 mm
Lebar bak belakang
1.620 mm
1.620 mm
Tinggi bak belakang
300 mm
1.400 mm
Jarak sumbu roda
2.250 mm
2.250 mm
Ukuran roda
195R14-8PR
195R14-8PR
Kapasitas tangki BBM
50 liter
50 liter
Mesin
Tipe mesin
4JA1-CR Turbocharger Common Rail Injection
4JA1-CR Turbocharger Common Rail Injection
Jumlah silinder
4
4
Kapasitas silinder
2.499 cc
2.499 cc
Daya maksimum
80 PS @3.800 rpm
80 PS @3.800 rpm
Torsi maksimum
191 Nm @1.800-2.400 rpm
191 Nm @1.800-2.400 rpm
Transmisi
Manual 5-percepatan
Manual 5-percepatan
Sistem penggerak roda
Penggerak roda belakang
Penggerak roda belakang
Sasis
Suspensi depan
Double Wishbone with Coil Spring
Double Wishbone with Coil Spring
Suspensi belakang
Multi Leaf spring
Multi Leaf spring
Rem depan
Ventilated Disc
Ventilated Disc
Rem belakang
Drum
Drum
Kesimpulan
Pick up Isuzu Traga merupakan kendaraan niaga ringan yang dirancang untuk mendukung berbagai kebutuhan bisnis. Dengan desain kabin yang luas dan daya angkut yang besar, Traga menjadi pilihan menarik di segmen kendaraan niaga.
Salah satu kelebihannya adalah kapasitas bak yang luas, sehingga mampu mengangkut muatan lebih banyak dibandingkan kompetitornya di kelas yang sama. Selain itu, mesin diesel 4JA1 yang digunakan terkenal tangguh, hemat bahan bakar, dan memiliki daya tahan tinggi, membuatnya ideal untuk operasional jangka panjang.
Kelebihan lainnya adalah biaya perawatan yang terjangkau dan jaringan servis Isuzu yang luas di Indonesia. Hal ini memberikan keuntungan besar bagi pengusaha yang membutuhkan kendaraan niaga dengan biaya operasional rendah.
Desainnya yang simpel dan kokoh juga mempermudah proses modifikasi untuk keperluan khusus, seperti menjadi kendaraan pengantar barang, food truck, atau angkutan pedesaan.
Namun, Isuzu Traga tidak lepas dari kekurangan. Fitur-fitur interiornya tergolong minim, dengan desain sederhana yang kurang menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang, terutama untuk perjalanan jarak jauh.
Selain itu, meskipun performa mesinnya andal, suara mesin diesel yang cukup bising bisa menjadi gangguan, terutama di area perkotaan. Sistem suspensinya juga lebih fokus pada kemampuan angkut, sehingga cenderung terasa kaku saat berkendara tanpa muatan.
Secara keseluruhan, Isuzu Traga adalah pilihan yang solid untuk pengusaha yang mencari kendaraan niaga ringan dengan daya tahan, efisiensi bahan bakar, dan biaya operasional rendah. Namun, untuk kalian yang mengutamakan kenyamanan berkendara atau fitur modern, beberapa kekurangan Traga mungkin perlu dipertimbangkan.