Suzuki Vitara bersama dengan Escudo menjadi SUV yang cukup laris di era 90-an. Keduanya merupakan SUV menengah atas yang modern dengan fitur yang cukup lengkap. Bagi kalian yang akan membeli Suzuki Vitara atau Escudo, sebaiknya ketahui kelebihan dan kelemahan mobil ini.
Setelah nyaris seperempat abad, pamor Vitara dan Escudo kini sedikit meredup karena tak lagi ada generasi penerus. Meskipun demikian, motuba ini tak kehilangan penggemar yang memang mencari SUV keluarga seken dengan harga relatif terjangkau. Kini, Vitara dan Escudo dijual dengan kisaran harga cukup luas, mulai dari Rp60 jutaan sampai menembus angka Rp100 juta untuk Vitara yang kondisinya sangat baik.
Supaya tidak salah pilih, berikut ini kelebihan dan kelemahan Suzuki Escudo dan Vitara yang perlu kalian ketahui
Suzuki Vitara, Versi Terlengkap dan Termahal Dibandingkan Escudo
Kalau bicara soal Vitara dan Escudo sebenarnya seperti saudara kembar dari satu merek. Spesifikasi dan fiturnya nyaris sama semua, kecuali penggerak 4x4 yang cuma dimiliki oleh Vitara. Bahkan, pembagian pembagi tipe dan fitur di Escudo sama persis seperti di Vitara.
Kalau bicara soal kelebihan, jelas Vitara sedikit lebih jumawa ketimbang Escudo dengan 4x4 yang dimiliki. Suzuki Vitara juga menjadi model yang paling lengkap dengan build quality yang paling mantab. Selebihnya, keunggulan teknis hingga fitur keduanya tak banyak berbeda.
Mesin kedua mobil ini juga sama, yaitu memakai mesin Suzuki G16A SOHC 8 valve. Mesin ini terpasang pada Suzuki Vitara dan Escudo antara tahun 1992 sampai 1995 untuk pasar Indonesia.
Karena dulu cukup laris dan dibawa oleh Suzuki, maka sistem gerak 4X4 pada Suzuki Vitara juga lumayan tangguh. Secara umum, Vitara dan Escudo termasuk mobil yang bandel dan minim perawatan. Perawatannya juga mudah karena sparepartnya lumayan banyak dan cukup murah.
Desain kotak dengan ban cadangan yang ditempel di pintu belakang ini khas SUV konvensional, yang malah membuat penampilannya terlihat gagah.
Fitur Suzuki Vitara dan Escudo tipe JLX Cukup Modern dan Mewah
Bicara kelengkapan fitur, Vitara dan Escudo sudah dilengkapi dengan power steering, power window, electric mirror, pengatur AC yang lengkap dengan heater, wiper belakang, defoger, body stripe sampai side moulding.
Keduanya hadir dengan tipe JX dan JLX, dimana perbedaan tipe JX dengan JLX adalah pada kelengkapannya. Untuk tipe JX hanya ada power steering dan central lock sementara versi JLX adalah versi lengkapnya.
Performa Mesin Suzuki Vitara dan Escudo
Suzuki Escudo dan Vitara generasi awal dilengkapi dengan mesin bertipe G16A 1.6 liter SOHC 16 katup dengan 4 silinder segaris. Mesinnya tidak istimewa tapi torsinya cukup bisa diandalkan untuk menjelajah.
Dengan mesin tersebut, mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 85 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 144 Nm di putaran 4.500 rpm.
Kelemahan Suzuki Vitara dan Escudo, Khas Mobil Suzuki
Kelemahan mobil ini adalah konsumsi bensinnya yang lumayan boros. Biasanya berkisar antara 7-9 km/liter saja tergantung kondisi lalu-lintas. Bila mobilnya diganti dengan ban yang ukurannya semakin besar maka semakin boros.
Tidak hanya konsumsi bensinnya saja yang boros, oli mobil ini sering dikeluhkan mudah menguap, khas penyakit mobil Suzuki. Oleh karena itu, pemilik mobil wajib memeriksa volume oli mesin, bila kurang sebaiknya ditambah sampai batas maksimal.
Masalah lainnya seputar mesin ialah sistem pendinginan kurang optimal dan banyak unit yang mengalami overheat alias cepat panas.
Kenyamanan Berkendara di Kabin Suzuki Vitara dan Escudo Kurang Menyenangkan
Walaupun memiliki built quality yang baik, peredaman interiornya kurang mampu meredam suara dengan baik. Kekedapan suara yang terdengar di dalam kabin masih terasa kurang baik, dan kita masih bisa mendengar suara di sekeliling mobil, walau semua pintu dan jendela tertutup rapat.
Suara mesin dan lalu lintas di luar masih terasa bising di dalam kabin. Tentu saja ini akan cukup mengganggu kenyamanan penumpang selama perjalanan.
Selain itu, AC mobil ini dikeluhkan kurang dingin. Untuk mengatasinya banyak yang mengganti kompresornya dengan kompresor milik Daihatsu Taruna.
Kalian juga harus maklum soal kenyamanan kaki-kakinya khas mobil jip, keras dan kurang nyaman. Untungnya kaki-kaki Vitara dan Escudo ini minim masalah dan tangguh.