Rekor Honda Civic Type R FL5 2023 di Nurburgring Dipertanyakan
Prasetyo · 2 Mei, 2023 15:03
0
0
Honda Civic Type R FL5 2023 baru saja mengkukuhkan diri sebagai mobil tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman April 2023 lalu. Civic Type R generasi keenam ini dinobatkan sebagai mobil berpenggerak roda depan (FWD) tercepat di sirkuit legendaris itu.
Catatan waktunya 7 menit 44,881 detik, setengah detik lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya, Renault Megane RS Trophy-R. Namun saat video rekor Honda Civic Type R 2023 ini dirilis melalui channel Youtube resmi Honda, terlihat unit yang dites adalah versi S Grade setir kiri yang hanya tersedia di Eropa.
Hasil itu pun berbuntut panjang lantaran menimbulkan banyak pertanyaan dari sejumlah pihak. Bahkan beredar informasi jika unit yang dilakukan untuk uji kecepatan tersebut, tidak pernah dibuat untuk versi produksi massal.
Hasil yang dicatatakan Civic Type R FL5 ini ternyata menimbulkan banyak pertanyaan dari sejumlah pihak. Mengingat belum lama ini beredar informasi yang menyebut kalau pabrikan Jepang itu telah menambahkan sejumlah komponen performance untuk Civic Type R yang digunakan, tanpa diumumkan secara resmi.
Mulai dari unit yang dipakai ternyata merupakan spek untuk balap lantaran tidak dilengkapi AC dan menggunakan ban high perfromance yang tidak dijual pada tipe lain. Kemudian pihak Kantor Berita Drive, Australia juga mengungkap fakta dari instruktur pengemudi di Nurburgring.
Pihak lain melalui saluran YouTube Misha Charoudin, dijelaskan kalau Civic Type R yang diuji di sirkuit tersebut menggunakan rasio gigi yang lebih rapat serta turbo boost yang lebih tinggi dari versi produksi massalnya. Kecurigaan ini muncul setelah pria yang juga Youtuber itu membandingkan antara putaran mesin dan kecepatan Civic Type R standar dengan video unit yang memecahkan rekor tersebut.
Dan ternyata ada perbedaan cukup signifikan. Charoudin merinci bagaimana gigi enam Civic Type R terbaru ini terlihat lebih pendek dibandingkan model standar. Termasuk gigi 5 yang juga terlihat sangat pendek sehingga menghasilkan akselerasi lebih baik.
"Saya ragu dengan rasio gigi yang tidak standar. Kami juga melihat turbo boost sekitar 30% lebih tinggi di tiap giginya. Ini turbo boost yang sangat tinggi," kata dia. Menurut dirinya yang juga punya Civic Type R, pada kondisi standar turbo boost mobil itu sekitar 1,43 bar, namun Honda mengeset jadi sekitar 1,7-1,75 bar saat memecahkan rekor.
Pihak Honda Klaim Unitnya Sama dengan yang Dijual Umum
Adanya kritikan dari Yutuber ini pihak Honda di Jepang pun menanggapi. "Kami mendapat sejumlah informasi yang menilai unit yang kami gunakan sudah ditambah beberapa komponen. Tidak ada perbedaan antara Civic Type R standar dengan S Grade yang kami gunakan," tulis keterangan resmi Honda.
Tapi pihak pabrikan tidak mau merinci apa saja spesifikasi Civic Type R S Grade itu. Termasuk bobot mobil yang lebih ringan dan juga penggunaan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 Connect yang menggantikan ban standar Michelin Pilot Sport 4S.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.