Generasi terbarunya ini, per April 2024 L300 Euro 4 diniagakan Rp229.250.000 untuk model cab chasiss dan Rp232.000.000 tipe pick up flat deck.
Memiliki nama lain Elsapek, berikut adalah total biaya yang dihabiskan ketika melakukan servis Mitsubishi L300 Euro 4 mulai dari pemakaian 10.000 km hingga 100.000 km.
Rincian Biaya Servis Mitsubishi L300 Euro 4 di Bengkel Resmi
1. Biaya Servis Mitsubishi L300 Euro 4 Pemakaian 10.000 Km
Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1981, kendaraan niaga muatan ringan bermesin diesel ini memiliki keunggulan yang membuatnya mampu bertahan lebih dari 4 dekade lamanya.
Untuk generasi terbarunya ini, pemilik L300 Euro 4 ketika melakukan servis di bengkel resmi cukup mengeluarkan biaya Rp643.450 dengan pengecekan mulai dari air cleaner element, brake & clutch fluid, battery, Bolts & Nuts, brake & clutch pedal free play, tire rotation & balance, power steering oil.
Mengenai parts yang diganti tidaklah banyak hanya filter serta pelumas mesin.
2. Pemakaian 20.000 Km
Berbeda dengan servis sebelumnya, pada pemakaian 20.000 km pemilik diharuskan menyiapkan dana lebih banyak ketika melakukan perbaikan di bengkel resmi.
Pasalnya setelah selesai dilakukan servis berikut dengan penggantian parts, biaya yang dikeluarkan sebesar Rp1.447.463.
Pengecekan yang dilakukan masih sama seperti servis di 10.000 km, hanya saja penggantian yang dilakukan cukup banyak mulai dari filter udara, pelumas mesin, pelumas transmisi dan juga oli gardan.
3. Pemakaian 30.000 Km
Tidak perlu khawatir menghabiskan biaya yang membengkak, servis L300 Euro 4 di bengkel resmi pada periode pemakaian 30.000 km cukup menghabiskan uang Rp658.650.
Dalam periode servis kali ini pengecekan yang dilakukan masih sama meliputi; air cleaner element, brake & clutch fluid, battery, Bolts & Nuts, brake & clutch pedal free play, tire rotation & balance, power steering oil.
Sedangkan suku cadang yang diganti diantaranya engine oil dan engine oil filter normal usage.
4. Pemakaian 40.000 Km
Saat ingin melakukan servis L300 Euro 4 pada pemakaian 40.000 km, ada baiknya pemilik menyiapkan dana empat kalilipat dari service sebelumnya.
Dikutip dari situs resminya, pada service kali ini nantinya pemilik diharuskan membayar Rp2.522.913 setelah mobil selesai dilakukan perbaikan.
5. Pemakaian 50.000 Km
Ketika melakukan service L300 Euro 4 pemakaian 50.000 km atau 42 bulan setelah pembelian, saat selesai dilakukan pengecekan, perbaikan serta penggantian parts, pemiliki L300 Euro 4 diharuskan membayar Rp816.650 kepada kasir.
6. Pemakaian 60.000 Km
Kalian diwajibkan untuk menyiapkan biaya lebih banyak ketika ingin melakukan servis L300 Euro 4 pada pemakaian 60.000 km.
Karenanya setelah mobil selesai di servis, biaya yang harus ditebus ke kasir sebesar Rp1.651.713.
Perawatan serta perbaikan L300 Euro 4 di bengkel resmi pada penggunaan 70.000 km menghabiskan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan beberapa tahapan service sebelumnya.
Setelah berbagai pengecekan dilakukan serta beberapa penggantian parts selesai dilakukan, nantinya pemilik hanya cukup menyerahkan uang Rp658.650 kepada kasir.
8. Pemakaian 80.000 Km
Berbeda dengan service sebelumnya yang dirasa cukup terjangkau, pada pemakaian 80.000 km pemilik L300 Euro 4 diharuskan menyiapkan biaya lebih banyak.
Dituliskan melalui situs resmi, pajak, jasa dan parts yang diganti secara total mencapai Rp2.522.913.
9. Pemakaian 90.000 Km
Pengecekan, perbaikan, serta penggantian parts mobil ini untuk pemakaian 90.000 km hanya menghabiskan biaya yang sedikit.
Tertulis bahwa pada service kali ini hanya menghabiskan biaya Rp658.650 sudah termasuk penggantian parts, pajak dan jasa.
10. Pemakaian 100.000 Km
Terakhir ketika melakukan servis pada periode 100.000 km di bengkel resmi, pemilik L300 Euro 4 diharuskan mengeluarkan kocek sebesar Rp1.834.763.
Untuk penggantian yang dilakukan meliputi semua pelumas termasuk tune up, berikut dengan pajak serta jasa.
Dibandingkan dengan model sebelumnya, Mitsubishi L300 Euro 4 untuk baknya dibuat lebih besar 8%.
Jika panjang bak pada model sebelumnya mencapai 2.430 mm, ruang kargonya kini menjadi 2.630 mm atau lebih panjang 200 mm.
Mempunyai bak yang lebih besar, tentu kapasitas daya angkut mobil ini menjadi lebih banyak sehingga mampu memberikan keuntungan lebih kepada penggunanya.
Bukan cuma lebih panjang, jarak ke tanahnya mobil ini juga dibuat lebih tinggi sehingga terasa semakin nyaman tanpa khawatir mentok saat membawa barang banyak.
Memberikan keuntungan bagi penggunannya, secara kapasitas daya angkut barangnya L300 Euro 4 sanggup membawa beban maksmimal seberat 2.345 kg.
Walau begitu tak sedikit dijumpai di jalan mobil ini masih bisa dengan mudah membawa beban lebih berat dari data yang diberikan pabrikan.
Dari segi jantung pacu, L300 Euro 4 dibekali mesin diesel baru dengan kode 4N14.
Menurut data pada brosu, mesin berkapasitas 2.268 cc 4-silinder segaris, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger nya dapat meletupkan tenaga hingga 99,25 PS di 3.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 200 Nm pada putaran 1.000-3.500 rpm.
Dengan pembaruan di bagian dapur pacu, mobil ini bukan cuma ramah lingkungan serta memiliki durablitas yang tinggi, namun juga memberikan torsi lebih besar dan bertenaga 40% dibandingkan model sebelumnya, dan juga minim getaran.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.