Selain Avega, Ini Pilihan Mobil Hyundai di Bawah Rp50 Juta yang Terkenal Tangguh (part 1)
Enda · 26 Okt, 2022 08:30
0
0
Di era 2000-an awal, minat masyarakat Indonesia terhadap mobil asal Korea Selatan seperti Hyundai memang tak sebanyak produk Jepangan. Hal ini dikarenakan selain desainnya yang sering dianggap mirip seperti mobil China, nama Hyundai sendiri belum sepopuler sekarang sehingga kerap diragukan.
Namun jika kalian tahu, sebenarnya mobil Hyundai lansiran tahun 2000-an memiliki durabilitas yang tinggi baik dari segi mesin maupun kaki-kaki. Tak heran apabila beberapa produknya saat itu banyak digunakan sebagai armada taksi serta mobil dinas kepolisian maupun TNI.
Bicara mobil Hyundai lansiran 2000-an di bawah Rp50 juta jenis city car, kami punya beberapa pilihan yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang saat ini sedang mencari mobil idaman.
City car pertama asal Korea Selatan berlogokan H miring yang masuk dalam list kami adalah Hyundai Matrix lansiran tahun 2002 dengan harga bandrol Rp42 jutaan. Sebagai pesaing dari Suzuki Aerio dengan kapasitas daya tampung 5 orang, Matrix sendiri terbilang tangguh.
Berbekal mesin 1.6 liter dengan koden G4GR 4-silinder segaris 16 valve SOHC, selain bandel jantung pacunya terasa cukup responsif untuk mengangkat bodynya yang kompak. Di atas kertas tercatat untuk tenaga yang dihasilkan mencapai 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm padap putaran 4.900 rpm. Guna membuatnya berjalan, mobil ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Mengenai ruang kabinnya, sebagian orang memuji fleksibilitas serta kapabilitas yang ditawarkan. Karenanya sebagai kendaraan perkotaan mobil ini terbilang nyaman layaknya sebuah mobil MPV.
Untuk fitur yang terkandung didalamnya, Hyundai Matrix sendiri terbilang lengkap. Seperti yang bisa kalian jumpai, mobil ini sudah dilengkapi AC dengan heater, serta pengaturan beberapa arah semburan.
Terasa ergonomis, mobil ini juga sudah dibekali dengan tweeter pada sistem audionya, serta table tray di baris keduanya yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh makanan atau minuman.
Berhadapan langsung dengan Suzuki Karimun kotak, ekstistensi Hyundai Atoz di Indonesia mampu bertahan hingga tahun 2008. Sebagai city car beratapkan tinggi, kondisi sekennya Hyundai Atoz saat ini banyak diburu para pecinta otomotif karena selain tangguh, serta irit bahan bakar, mobil ini memiliki tampilan yang unik.
Memiliki atap tinggi, mobil ini terbilang cukup luas terlebih pada head roomnya sehingga orang dengan postur tinggi 170 cm akan merasa nyaman didalamnya.
Oh iya, pada baris pertamanya bentuk dashboard Hyundai Atoz dibuat simpel dan mungil. Dengan begitu penumpang di depan serta pengemudi masih memiliki ruang untuk melakukan beragam aktifitas.
Menyoal mesin, generasi pertama Hyundai Atoz produksi tahun 2002 yang dijual mulai dari Rp45 juta mengandalkan mesin G4HC 1.0L SOHC 4-silinder segaris 12 valve yang diketahui mampu memeras tenaga hingga 57 PS di 5.500 rpm dengan torsi puncak 82 Nm pada 3.100 rpm.
Untuk konsumsi BBM nya, penggunaan dalam kotanya mobil ini mampu menempuh jarak 11-14 km/liter. Sedangkan penggunaan luar kota, catatan angka yang diraihnya bisa mencapai 16-18 km/liter.
Guna membuatnya berjalan, Hyundai Atoz ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Bicara fitur pendukung, Hyundai Atoz telah dibekali dengan power window di baris depan, power steering, AC serta deffoger di kaca belakangnya. Oh iya, mobil ini juga berhasil tersematkan head unit single din di tengah center clusternya.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.