window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Harga Honda Jazz Bekas yang Bertahan, Chery Tiggo 8 Dipakai Balap Reli

Prasetyo · 30 Sep, 2024 09:07

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Harga Honda Jazz Bekas yang Bertahan, Chery Tiggo 8 Dipakai Balap Reli 01

Honda Jazz bekas ternyata masih begitu banyak peminatnya, meski mobil ini sudah tak lagi diproduksi dan dijual di Indonesia. Rasanya kehadiran City Hatchback sebagai penggantinya, juga tak bisa melepas kharisma dari Jazz sampai saat ini.

Hal tersebut terlihat dari harga Honda Jazz bekas yang ternyata masih sangat bertahan. Depresiasi mobil ini cukup kecil meski usianya sudah menginjak lebih dari 5 tahun. Peminta Honda Jazz bekas di pasar mobil seken jug kerap ramai.

Indikasi selanjutnya adalah artikel mengenai Honda Jazz, juga kerap menjadi Top 5 Artikel di Autofun Indonesia. Sehingga sepertinya masih begitu besar animo terhadap hatchback legendaris berlogo H tegak itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi kalau ngomongin mobil Honda lain yang juga kini sedang banyak penggemarnya, ternyata bukan Jazz doang. Freed yang berjenis MPV dengan desain compact dan tampilan yang stylish, dipadu pintu model geser (sliding door) serta mesin irit bahan bakar, juga punya daya tarik tersendiri.

Mobil ini rasanya memang cocok jadi pilihan untuk mobilitas harian, mengingat harga Honda Freed bekas juga sekarang cukup terjangkau dibanding barunya dulu. Hal penting lainnya, konsumsi BBM Honda Jazz juga sangat efisien mirip Jazz maupun City Hatchback.

Balik lagi soal Top 5 Artikel Autofun Indonesia, untuk pekan ini selain Honda Jazz juga diisi dengan informasi mengenai Chery Tiggo 8 yang ternyata ikut ajang balap reli internasional. Menariknya lagi, SUV tersebut tetap menggunakan mesin standar. Wow keren!

Nah biar gak penasaran apa saja Top 5 Artikel Autofun untuk periode 23-29 September 2024, berikut urutannya.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: BYD Masuk Deretan Atas Mobil Terlaris di Indonesia sampai Toyota Fortuner Tipe Termurah yang Tetap Menggoda

1. Intip Harga Honda Jazz RS Bekas 2018-2021, Turunnya Sedikit Banget!

harga honda jazz bekas

Masih banyak yang mengincar kondisi bekasnya

Siapa sangka ternyata harga Honda Jazz RS bekas saat ini cukup tinggi. Terutama untuk facelift generasi terakhir yang diperkenalkan di Jakarta pada Juli 2017.

Sering disebut Honda Jazz GK5 facelift, model ini dihentikan penjualannya pada 2021. Sebenarnya Jazz GK5 sudah diluncurkan sejak 2014. Tetapi berselang tiga tahun berikutnya, GK5 mendapatkan facelift.

Sama seperti model sebelumnya, GK5 facelift ini juga ditawarkan dalam varian tipe S dan RS. Untuk mesin yang diusung pun masih serupa dengan model pre-facelift.

Yaitu mesin berkode L15Z dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder 16 katup dengan teknologi Drive By Wire. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 120 PS di 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Untuk pilihan transmisinya ada manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Saat diluncurkan lima tahun lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) menawarkan New Honda Jazz dalam enam pilihan warna. Yakni Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, Rallye Red, Attract Yellow Pearl, serta Phoenix Orange Pearl Two Tone dengan atap hitam. Warna terakhir ini cuma disediakan khusus untuk varian RS.

Namun di pasar mobil bekas, Jazz generasi terakhir ini kebanyakan yang tersedia cuma beberapa warna saja. Antara lain putih (White Orchid Pearl), hitam (Crystal Black Pearl), silver (Lunar Silver Metallic), dan abu-abu (Modern Steel Metallic). Sementara untuk warna merah, kuning, dan oranye, populasinya tidak terlalu banyak.

Berdasarkan pantauan dari laman Mobil123, Jazz seken generasi terakhir ini untuk lansiran 2018 dilego antara Rp215 jutaan - Rp245 jutaan. Sementara itu untuk yang keluaran tahun 2019 rentang harganya mulai dari Rp 238 jutaan hingga Rp 260 jutaan.

Kemudian untuk harga Honda Jazz bekas tahun 2020, khusus tipe RS dibanderol Rp 243 jutaan - Rp 275 jutaan. Sedangkan Jazz RS produksi terakhir di 2021, per Maret 2023 harganya antara Rp 285 jutaan sampai Rp 295 jutaan.

Mau tau detil harga Honda Jazz GK5 bekas lainnya? Klik disini.

2. Ketahui Konsumsi BBM Honda Freed Bekas dan Alasan Unitnya Tetap Jadi Incaran

honda freed bekas

Konsumsi BBM yang irit bikin Freed jadi menarik

Honda Freed bekas kini banyak diburu pecinta mobil bekas lantaran memiliki beragam keunggulan yang tidak dimiliki mobil keluarga kebanyakan.

Untuk diketahui, Freed diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2009 dengan mengusung platform Globall Small Car Honda yang juga digunakan oleh Jazz dan City.

Saat meluncur pertama kali, Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas 6-seater berpenampilan minibus ini ditawarkan dalam dua varian, yakni S dan PSD. Kemudian tiga tahun setelahnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan varian A dan E.

Pada 2013, HPM melakukan improvement pada tampilan serta fitur secara minor change untuk menghadirkan Freed yang lebih modern serta nyaman dikendarai. Untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar Honda Freed, kalian bisa klik disini.

3. Mulai Jarang Dijumpai, Ini Keistimewaan Toyota Avanza S

toyota avanza s

Avanza varian tertinggi dimasanya

Toyota Avanza S merupakan varian tertinggi yang dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) periode 2004 hingga 2011. Sebagai tipe teratas, tentu Avanza S memiliki fitur paling lengkap guna menunjang kenyamanan berkendara.

Diluncurkan pada Juli 2004, Avanza S secara fasad tak jauh berbeda dengan tipe G-nya. Varian Avanza S sendiri menawarkan sentuhan lebih sporty untuk menarik konsumen yang menginginkan Avanza yang tampilannya lebih dinamis sebagai mobil keluarga mereka.

Dengan penambahan fitur-fitur modern dan peningkatan dalam desain eksterior dan interior, Avanza S menjelma menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang mencari kombinasi antara gaya, kenyamanan, tapi tetap punya durabilitas serta efisiensi BBM layaknya Avanza tipe lain. Juli 2006, atau 2 tahun setelah kemunculan awalnya, TAM memberikan penyegaran terhadap Toyota Avanza S dengan tampilan lebih sporty serta kapasitas mesin lebih besar. 

Sebagai tipe teratas yang kurang diminati karena memiliki harga baru cukup mahal saat itu, sekarang ini harga Toyota Avanza S bekas sudah terjangkau. Dibandingkan tipe G, pasaran harga bekas mobil ini hanya memiliki selisih Rp5 jutaan.

Dinobatkan sebagai Toyota Avanza ternyaman saat itu, simak keistimewaan Toyota Avanza tipe S berikut ini jika kalian berminat untuk mencari unit bekasnya.

4. Pakai Mesin Standar, Chery Tiggo 8 Buktikan Ketangguhan di Balap Rally

chery tiggo 8

Ubahannya fokus di kaki-kaki

Chery Tiggo 8 untuk pasar Indonesia ditawarkan dalam varian, yakni Comfort dan Premium. Meski belum meluncur secara resmi, Medium SUV 7-seater ini sudah bisa dipesan dengan harga pre-booking lock price Rp400 juta untuk 1.000 konsumen pertama saat GIIAS 2024 kemarin.

Kehadiran Tiggo 8 sendiri mengisi trim terendah di bawah Tiggo 8 Pro dan Tiggo 8 Pro Max. Menyasar segmen entry-level, beberapa waktu lalu Tiggo 8 ikut berpartisipasi dalam ajang balap Taklimakan Rally 2024 yang diadakan di Kashgar, Daerah Otonomi Xinjiang Uygur, barat laut dari Tiongkok.

Reli Taklimakan sendiri telah berlangsung selama 20 tahun, sejak dimulai pertama kali pada 2005. Ajang balap ekstrim ini memiliki imej tersendiri dalam kompetisi lintas negara dengan rute terpanjang, dan tingkat kesulitan tertinggi di Tiongkok, bahkan Asia.

Keikutsertaan mobil ini dalam balapan reli yang dikenal sebagai "Asian Dakar" karena tingkat kesulitannya yang tinggi tersebut, untuk sekaligus membuktikan ketangguhannya.

Chery Tiggo 8 yang diikutsertakan dalam balapan Taklimakan Rally 2024 basicnya menggunakan produksi massal. Dimana untuk mesin, transmisi, dan struktur bodi tidak mendapat ubahan.

Lantas apa kunci Tiggo 8 bisa sukses ikut balapan dengan medan yang cukup kejam itu? Berikut rincian ubahan pada mobil reli tersebut.

5. 5 Kekurangan Nissan Juke yang Belum Banyak Orang Tahu

nissan juke bekas

Tampilannya menarik

Selain dibekali sejumlah nilai lebih yang membuatnya jadi menarik, kelemahan Nissan Juke (Spesifikasi | Berita) juga wajib diperhatikan supaya kalian paham lebih dalam akan mobil tersebut sebelum memilikinya.

Kalian mungkin setuju jika Nissan Juke telah lama menjadi salah satu model crossover yang menarik perhatian para pembeli mobil di seluruh dunia.

Dengan gaya yang unik dan performa yang layak, mobil ini telah berhasil menarik minat konsumen yang mencari sesuatu yang berbeda dalam segmen SUV.

Sebagai informasi, crossover kompak ini pertama kali diperkenalkan lewat ajang Geneva Motor Show 2010. Selang satu tahun kemudian, PT Nissan Motor Indonesia memboyongnya ke Tanah Air.

Dijual sampai dengan tahun 2017, SUV pesaing dari Honda HR-V ini sempat mengalami penyegaran secara facelift pada tahun 2015.

Mengenai ubahan yang dilakukan meliputi; grill, lampu depan dan belakang dengan teknologi LED, sekaligus bemper depan serta belakang yang tampak lebih dinamis sekaligus sporty.

Untuk harga bekasnya, Juke lansiran awal kini ditawarkan mulai dari Rp 95 jutaan, namun untuk edisi pamungkas, harga Nissan Juke bekas masih di angka Rp 165 jutaan.

Seperti halnya mobil lainnya, Nissan Juke juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membelinya.

Yuk kita simak 5 kekurangan Nissan Juke dengan klik disini.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil