Toyota Rumion Dijual Jauh Lebih Mahal dari Suzuki Ertiga, Padahal Speknya Sama
Prasetyo · 31 Agu, 2023 12:03
0
0
Toyota Rumion 2023 yang merupakan kembaran Suzuki Ertiga baru saja rilis di India setelah sebelumnya lebih dulu debut di Afrika Selatan (Afsel).
Ada enam varian yang ditawarkan Toyota Bharat sebagai APM Toyota di Negeri Bollywood itu untuk LMPV terbarunya ini, termasuk tipe yang berbahan bakar CNG.
Namun harga Toyota Rumion ini ternyata jauh lebih mahal dibanding Suzuki Ertiga.
Bagaimana tidak Rumion tipe terendah dibanderol 1.029.000 rupee atau kira-kira Rp189 jutaan, sementara harga Suzuki Ertiga yang dipasarkan oleh Maruti mulai dari 864.000 rupee atau setara Rp158 jutaan.
Dikutip dari Autocar India, ada empat varian tipe dari Rumion, yaitu tipe S, G, V dan S CNG, namun untuk tipe S dan V disediakan juga opsi transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 6-speed.
Berikut rincian varian dan harganya:
Rumion S: 1.029.000 rupee (Rp189 jutaan)
Rumion S AT: 1.189.000 rupee (Rp218 jutaan)
Rumion G: 1.145.000 rupee (Rp210 jutaan)
Rumion V: 1.218.000 rupee (Rp224 jutaan)
Rumion V AT: 1.368.000 rupee (Rp251 jutaan)
Rumion S CNG: 1.124.000 rupee (Rp206 jutaan)
Kalau dibandingkan harga Ertiga di India, pihak Maruti Suzuki memasarkan LMPV tersebut dengan harga mulai dari 864.000 rupee (Rp158 jutaan) hingga 1.308.000 rupee (Rp240 jutaan).
Sama seperti Rumion yang sudah diluncurkan di Afrika, unit untuk pasar India ini merupakan Rumion facelift yang mengambil basis dari Suzuki Ertiga facelift.
LMPV berlogo tiga oval itu memakai muka yang mirip dengan Kijang Innova Reborn.
Lihat saja bagaimana gril depan model trapezoidal dengan aksen sarang lebah yang terpasang identik dengan Innova.
Kemudian lekuk bempernya termasuk rumah foglamp dan air dam dengan bentuk trapesium yang dikelilingin aksen krom juga tetap dipertahankan.
Hal yang berbeda malah ditemui pada sisi interior, kalau pada versi Afsel temanya full black, maka untuk Toyota Rumion pasar India dasbornya dual tone black dan beige dengan sisipan aksen kayu hitam, serta jok juga pakai warna krem.
Lantas perbedaan lain ditemukan dari penggunaan headunit layar sentuh 7 inci beda dengan versi Afsel yang punya layar 8 inci. Tetapi perangkat ini sudah memiliki konektifitas Wireless Android Auto dan Apple CarPlay.
Fitur lainnya yang juga ada di mobil ini adlaah Auto AC, meter cluster analog dengan MID Digital, 4 airbags (versi Afsel cuma 2 aribags), ABS, EBD, dan ESC, serta ada fitur smartphone connectivity seperti halnya Ertiga di India.
Di bawah bonet, Toyota Rumion untuk pasar India mendapatkan mesin bensin K15C 1.5-liter natural aspirated (N/A) berteknologi Smart Hybrid yang punya daya puncak 103 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 137 Nm di 4.400 rpm yang sama dengan Ertiga.
Mesin bensin ini hadir dengan pilihan gearbox manual 5-percepatan atau otomatis 6-percepatan torque converter.
Kemudian setara dengan Ertiga, Rumion di India juga punya varian CNG, dengan mesin yang sama namun menghasilkan tenaga 88 PS dan torsi 121,5 Nm tapi hanya mendapat opsi girboks manual.
Toyota mengklaim konsumsi BBM Rumion versi mesin bensin mencapai 20,51 km/liter, sedangkan Rumion CNG menghasilkan 26,11 km/kg.
Sebagai catatan, Rumion diposisikan sebagai lini produk MPV Toyota dibawah Innova Hycross (Innova Zenix) dan Innova Crysta (Innova Reborn), dan tidak ada Avanza untuk pasar India.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.