window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wuling Cloud EV Pakai Charger Jenis GB/T, Bisa Ngecas di SPKLU?

Herdi · 17 Mei, 2024 08:01

wuling cloud ev charger

Wuling Cloud EV resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp398 juta on the road Jakarta, serta sudah mendapatkan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang diberikan pemerintah.

Namun ada hal yang cukup menyita perhatian pada sosok mobil listrik terbaru Wuling ini adalah Wuling Cloud EV pakai charger tipe GB/T.

Ya, soket kabel listrik yang diberikan kepada setiap konsumen secara gratis adalah 7 kW AC home charger berjenis port charging tipe GB/T.  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Diketahui penggunaan port charging tipe GB/T tergolong berbeda dari model mobil listrik lain, yang beredar di Indonesia. 

Termasuk yang disediakan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN selaku penyedia yang hanya menyediakan soket charger AC Type 2, DC CHAdeMO, dan DC Charging CCS2. 

Baca juga: Sah, Harga Wuling Cloud EV Rp 398 Juta, Simak Spesifikasi Lengkapnya

Wuling Cloud EV Pakai Charger Jenis GB/T, Bisa Ngecas di SPKLU? 01

SPKLU di Indonesia menghadirkan tiga jenis socket yaitu AC Type 2, DC CHAdeMO, dan DC Charging CCS2 

Terlebih lagi, Wuling Cloud EV charger tipe GB/T juga mirip dengan yang dipakai pada Air EV dan BinguoEV, sehingga meski bisa fast charging namun dipadang tidak sesuai standar di Indonesia.

Lantas kenapa hal tersebut tetap dilakukan Wuling Motor pada Cloud EV, tanpa mengganti seperti yang umum di Indonesia?

"Karena standar global platform kami itu adalah GB/T," ungkap Sales and Marketing Director Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, saat ditemui di Jakarta, Rabu (16/5/2024).

Baca juga: Wuling Cloud EV Paling Bersinar di PEVS 2024

Wuling Cloud EV Pakai Charger Jenis GB/T, Bisa Ngecas di SPKLU? 02

Charger  tipe GB/T pada Cloud EV

Dian juga beralasan, konsumen yang menggunakan mobil listrik dari Wuling Motors hingga saat ini masih memanfaatkan pengisian daya sendiri di rumah. 

"90 persen konsumen itu sebenarnya mengecasnya di rumah. Tetapi bukan berarti kami tidak punya komitmen untuk public infrastruktur, kita tetap kasih servis, kita menjawab point, sehingga itu tidak menjadi barrier buat konsumen terhadap GB/T charging itu sendiri," jelas Dian.

Kendati begitu, meski menawarkan colokan jenis GB/T, Wuling Motors juga menghadirkan adaptor agar bisa memanfaatkan steker AC Type 2 di SPKLU.

Baca juga: 4 Keunggulan Wuling Cloud EV, Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh di Atas 400 Kilometer

Wuling Siapkan 100 Titik Fast Charging GB/T

Wuling Cloud EV Pakai Charger Jenis GB/T, Bisa Ngecas di SPKLU? 03

Steker mobil listrik Cloud EV menggunakan tipe GB/T

Wuling Motors menyadari bahwa soket charging yang dimiliki untuk mengisi mobil listrik berbeda dengan lainnya.

Namun begitu, Wuling Motors tidak akan hanya menawarkan home charging untuk di rumah konsumen, tetapi juga akan menyediakan public charging khusus tipe GB/T yang tersebar di sejumlah titik secara eksklusif dengan jumlah banyak.

"Saat ini sudah terpasang tujuh titik, beberapa di antaranya adalah di rest area dan dalam waktu dekat ini akan bertambah. Semoga konsumen di Indonesia akan tetap aman untuk ngecas di rumah dan di publik," ujarnya. 

Wuling Cloud EV Pakai Charger Jenis GB/T, Bisa Ngecas di SPKLU? 04

Wuling Motor siapk 100 titik public charging khusus pemiliki Air ev, Binguo EV dan Cloud EV.

Seperti disebutkan Dian, Wuling Motor akan menyiapkan 100 titik public charging tipe GB/T dengan pengisian daya cepat.

Hanya saja, untuk saat ini pengisian daya cepat berjenis DC tersebut baru ada di tujuh tempat yaitu:

  • Wuling Center - Jakarta Selatan 
  • SCBD Park - Jakarta Selatan
  • Collins Marketing Gallery - Tangerang 
  • Bekasi Cyber Park Mall - Bekasi
  • Burz@ Tower -Jakarta
  • Rest area KM 207A di tol Palikanci 
  • Rest area KM 379A di tol Batang-Semarang 

Diketahui, dengan adanya tempat pengisian khusus mobil listrik Wuling, maka pengisian daya secara cepat ini hanya memakan waktu sekitar 30-35 menit dengan persentase pengisian daya 30-80 persen.

@autofun.indonesia Dalam gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, Wuling umumkan harga estimasi untuk model Cloud EV, Cing! Menarik gak nih angkanya? BTW, tungguin video first drive mobil ini ya! #reviewmobil #mobilbaru #mobillistrik #wuling #cloudev #electricvehicle #ev ♬ Mozart Minuet with violin(815356) - 松本一策

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Cloud EV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia