Isuzu D-Max mengusung mesin diesel RZ4E-TC In-line 4-cylinder DOHC, 16 Valve featuring electronic high pressure common-rail direct fuel injection with intercooled VGS (Variable Geometry System) berkapasitas 1.898 cc yang menghasilkan tenaga 150 PS @3.600 rpm dengan torsi puncak 350 Nm @1.800-2.600 rpm.
Mengenai transmisinya, mobil ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dengan transfer case 4WD - Shift On The Fly, menggunakan Rough Terrain mode atau Diff-lock dengan traksi lebih baik daripada LSD (Limited-slip differential) dengan mode pengaturan 2H, 4H dan 4L model putar. Dengan teknologi tersebut, perpindahan sistem penggerak bisa dilakukan disaat mobil melaju pelan.
Agar bisa lebih merasakan kebuasan mesin diesel 1.9L dengan teknologi turbo yang pengaturannya sudah menggunakan model elektrik, sesekali kami meningkatkan putaran mesin dengan cara menekan pedal gas lebih dalam dan menambahkan tingkat percepatan. Setelah putaran mesin melewati angka 2.500 rpm, tenaga menyembur lebih kuat dan halus saat akselerasi dari 20-60km/jam.
Di area test drive GIIAS 2021 beberapa waktu lalu diletakan speed bump guna meraskan kenyamanan setiap mobil baru yang disediakan. Disaat melewatinya menggunakan Isuzu Di-Max 2022, tingkat kenyamanan yang disuguhkan suspensi berjeniskan Double Wishbone Coil Spring di roda depan dan Leafspring Rigid Axle pada roda belakangnya terasa keras layaknya mobil d-cab pada umumnya.
Memiliki suspensi dengan karakter seperti ini tentunya dapat memberikan kestabilan baik di jalan yang ekstrim serta tidak tertalu limbung disaat berbelok.
Mobil kabin ganda yang ditopang dengan sasis tangga biasanya memiliki radius putar yang besar. Namun tidak untuk All New Isuzu D-Max, Ketika sampai diujung area test drive kami dipaksa untuk putar arah. Saat melakukan putar arah, kami tidak sedikit pun mengalami kendala. Bagi kami radius putar mobil ini cukup kecil sehingga mudah ketika melakukan manuver.
Oh iya, untuk gaya putar setir yang kami rasakan Isuzu D-Max 2022 terbilang lebih ringan dari Isuzu MU-X 2022 walaupun keduanya sama-sama telah dilengkapi dengan power steering.
Bicara bentuk, D-Max terbaru hadir dengan gaya bahasa desain yang jauh lebih berani dengan tampilan bold dan sporty yang macho. Bengis sekaligus berotot berkat paduan grill baru, headlamp, rear combination lamp, bed liner serta garis tegas menyudut yang mendominasi sektor wajahnya. Tak hanya itu, bagian samping dan buritannya pun juga terlihat kokoh dan sporty berkat mengikuti alur garis yang ditampilkan.
Meskipun secara market menyasar segmen fleet, ketika pertama kali singgah di bangku driver, kami langsung disuguhkan rasa nyaman berkat penggunaan jok dengan material berbahan dasar fabric yang dibuat mengikuti lekuk tubuh.
Selain posisi duduk yang bisa dibilang cukup nyaman karena memiliki beberapa posisi pengaturan jok, serta fitur tilt & telescopic steering, All New Isuzu D-Max Rodeo juga mempunyai tingkat pandangan mengemudi yang cukup luas.
Seperti MU-X yang punya bonnet cukup panjang, di Isuzu D-Max 2022 kami tidak memiliki masalah untuk pandangan ke depan. Karena penutup mesinnya juga dibuat tinggi, dengan mudah kami bisa melihat jarak antara bagian depan mobil dengan objek didepannya.
Sebelum melakukan tes jalan All New D-Max, kami sempat merasakan beberapa fiturnya yang kini terasa lebih ergenomis berkat beberapa tombol pengaturan yang dibuat menyatu di center cluster serta console tengahnya.
Segmen | Pickup |
Tipe bodi | Pickup |
Jenis penggerak | AT / MT |
Kapasitas mesin | 2.5 L |
Tenaga | 134 PS |
Tempat Duduk | 3 - 5 |
Seiring meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan kendaraan tambang, dimanfaatkan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dengan menghadirkan Isuzu D-Max 2022 lewat ajang GIIAS 2021.
Selain fokus untuk memenuhi kebutuhan bisnis tambang, All New Isuzu D-Max dihadirkan untuk menyasar segmen fleet yang melakukan bisnis di bidang plantation, rental, serta oil and gas sebagai kendaraan operasional.
Melihat sisi interiornya, mobil ini memiliki desain yang elegan namun tetap tangguh berkat diperkuat dengan memadukan konsep Emotive Interior Styling.
Sama seperti MU-X terbaru, All New Isuzu D-Max juga diproduksi di pabrik Isuzu Motors Company Thailand, Samrong Plant. Dengan begitu, kehadirannya di Tanah Air mobil ini didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Negeri Gajah Putih.
Mengenai tipenya, sosok kendaraan niaga terbaru Isuzu tersebut ditawarkan dalam tiga varian, yakni D-Max Single Cab, D-Max Double Cab, dan D-Max Double Cab Rodeo. Semua tipe hadir dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan yang dipadukan transfer case 4WD – Shift On The Fly. Untuk bandrolnya, mobil ini diniagakan mulai dari Rp363,6 juta sampai dengan Rp459,8 juta.
Ingin tahu bagaimana rasanya? Simak terus ulasannya di bawah ini.
Fitur keselamatan cukup lengkap
Tampilan luar lebih agresif
Performa mesinnya lebih bertenaga
Pengemudi lebih dimanjakan dan dimudahkan dengan fitur-fiturnya
Interior Isuzu D-MAX kurang bernuansa premium
Isuzu D MAX akan bersaing dengan Chevrolet Colorado, Hyundai H100, Isuzu Traga, Mahindra Scorpio …
Baca LebihTidak.Isuzu D MAX tidak memiliki rencana peluncuran pada tahun 2021.
Baca LebihIsuzu D MAX yang paling murah adalah Isuzu D MAX Single Cab 2.5 VGS MT.Termasuk biaya tujuan, itu …
Baca Lebih