Sebagai mobil pick up, Isuzu Traga dibekali dengan mesin berkapasitas 2499 cc dengan transmisi manual 5-percepatan yang dibawanya mengadaptasi transmisi Isuzu D-Max yang memiliki performa mesin yang cukup bertenaga dan mampu menyemburkan tenaga sebesar 80 hp pada 3.500 rpm dan torsi 191 nm pada 1.800 rpm.
Tenaga maksimal dan torsi puncaknya bisa raih pada putaran mesin Isuzu Traga yang cukup rendah sehingga kemampuan akselerasinya semakin optimal.
Kemampuan Isuzu Traga dalam pengangkutan barang dioptimalkan oleh mesin tersebut yang terbukti bertenaga besar, bandel, dan irit BBM. Oleh karena itu, pick up Isuzu Traga dapat difungsikan untuk mengangkut berbagai macam barang dalam segala medan yang ditempuhnya.
Selain itu, juga ada sistem kemudi Rack & Pinion yang sudah dilengkapi Power Steering dan juga memiliki radius putar hingga 4.5 meter.
Memang tak salah jika Isuzu dikenal sebagai ‘Rajanya Diesel”. Mengingat mesin diesel yang dikembangkan pada Panther dan sekarang digunakan untuk kendaraan niaga pengangkut barang-barang kebutuhan sehari-hari ini masih tetap mengesankan di jalanan.
Torsi mobil Isuzu Traga ini termasuk tinggi. Memang bukan untuk diajak berlari kencang, tetapi sangat membantu ketika berkendara dengan muatan yang terisi penuh. Apalagi Traga menawarkan ruang belakang yang luas. Sehingga harus dibarengi dengan tenaga yang kuat diajak mendaki.
Kemampuannya dalam bermanuver siap menjadi daya tarik mobil ini. Radius putar mobil ini hanya 4.5 meter, membuat Isuzu Traga bisa diajak berputar di gang yang sempit atau dibawa melewati tikungan berbelok yang tajam.
Kelebihan mobil Isuzu terdapat pada suspensi yang nyaman. Begitu juga sistem suspensi yang empuk dan kaku pada Isuzu Traga. Ada penaturan suspensi double wishbone serta coil spring pada roda depan, memberikan kenyamanan tersendiri ketika harus melewati jalanan bergelombang.
Tak hanya mesin yang bertenaga, Isuzu Traga juga diklaim sebagai pikap paling hemat bahan bakar di kelasnya. Kombinasi mesin yang efisien serta penggunaan transmisi manual 5-percepatan dengan rasio gigi yang pas memberikan konsumsi bbm yang terbilang irit.
Memang keunggulan dari mesin diesel adalan mesin yang lebih efisien dibandingkan dengan mesin bensin, namun tetap dengan tenaga yang cukup untuk membawa penumpang dan barang bawaan pada bak belakang Isuzu Traga.
Isuzu sendiri mengklaim konsumsi bbm Isuzu Traga rata-rata sebesar 13 km/L. Namun ternyata hasil ini cukup berbeda dibandingkan dengan percobaan yang dilakukan media. Dari berbagai sumber, Traga mencatatkan 11-12 km/L, termasuk baik dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.
Efisiensi Mesin Isuzu Traga | |
Kapasitas Mesin | 2,499 cc |
Tenaga | 80 hp |
Torsi | 191 Nm |
Jenis Bahan Bakar | Bensin |
Isuzu Traga memiliki kesan fungsional, aerodinamis dan juga kuat.Dia tidak seperti pendahulunya, yakni mobil pick up Isuzu Panther, yang memiliki kesan kaku dari segi desainnya.
Isuzu Traga memiliki garis imajiner membentuk bonnet mobil, terlihat kesan Isuzu Panther. Selain itu, terdapat logo tulisan Isuzu yang berukuran besar dan terkesan gagah.
Ada juga lampu kristal multi reflektor yang diadopsi oleh Isuzu untuk memberikan kesan modern pada Isuzu Traga. Isuzu Traga juga memiliki grill depan berwarna abu-abu, serta bumper depan yang didesain seperti taring pun turut disematkan.
Pada bagian samping Isuzu Traga terdapat handle pintu memiliki kesan nostalgia karena masih membawa desain Isuzu Panther. Ada juga garis tegas pada bagian atas spakbor roda yang memberi kesan kuat dan gagah.
Pada kaca pengemudi dan penumpang juga menambah visibilitas pada bagian samping kanan dan kiri Isuzu Traga. Desain dari spion mobil pick up Isuzu juga pas dengan lekukan bodi yang aerodinamis.
Pada bagian belakang Isuzu Traga tidak ada perubahan yang signifikan. Hanya ada lampu rem, lampu kota, dan sein terpisah seperti mobil pick up lainnya.
Isuzu Traga memiliki desain interior yang menarik. Isuzu Traga memiliki kursi pengemudi dan para penumpang yang sudah dirancang nyaman baik dalam perjalanan dekat maupun jauh.
Meskipun pengaturannya hanya bisa maju dan mundur, itu tidak menjadi masalah besar bagi Isuzu Traga dan tetap memberikan kenyamanan bagi si pengendara mobil.
Isuzu Traga juga memiliki panel instrumennya yang terkesan modern. Pada panel digitalnya yang berwarna merah amber, sudah disematkan dual cluster analog yang mengapit panel tersebut. Ini menjadi keunggulan tersendiri pada mobil komersial Isuzu ini.
untuk fitur hiburannya, IsuzuTraga melengkapi Head Unit buatan Pioneer yang mendukung USB, AUX, MP3, Radio, dan CD. Kemudian posisi berkendara juga terasa nyaman dan joknya juga terasa empuk karena dibalut material Vynil.
Selain itu, Isuzu Traga memiliki setir kemudi yang dilengkapi Power Steering nyaman dikendarai yang membuat setir kemudi terasa ringan saat melibas tikungan. Sayangnya Isuzu Traga belum dilengkapi Power Window, sehingga kita harus membuka kaca secara manual.
Segmen | Pickup |
Tipe bodi | Pickup |
Jenis penggerak | MT |
Kapasitas mesin | 2.5 L |
Tenaga | 80 PS |
Tempat Duduk | 3 |
Isuzu Traga menjadi salah satu pick up dengan popularitas baik di Indonesia. Tingginya kebutuhan konsumen pada kendaraan pick up membuat Isuzu meluncurkan Isuzu Traga.
Selain itu, Isuzu Traga menawarkan ukuran bak terluas di kelasnya yang mampu mengangkut banyak barang, sehingga bisa menghemat biaya operasional dalam mendistribusikan barang.
Dengan performa mesin Isuzu Traga yang handal yang diusungnya itu, memberikan performa yang lebih baik sebagai mobil pick up untuk pengangkutan barang dan mobil ini juga diklaim irit bahan bakar.
Ukuran bak Isuzu Traga memiliki panjang 2.819 mm dan lebar 1.620 mm yang notabennya paling luas dikelasnya untuk mengangkut lebih banyak muatan untuk memenuhi kebutuhan pengangkutan industri atau jasa ekspedisi yang membutuhkan sarana transportasi dalam pengangkutan barang.
Isuzu Traga memiliki mesin bertenaga mesin diesel yang dijamin irit dan handal dalam mengangkut berbagai macam barang di segala medan. Hingga 2020, Isuzu Traga tersedia dalam 2 varian. Harga Isuzu Traga 2020 berkisar dari Rp 208 juta hingga Rp 236 jutaan.
Isuzu selama ini terkenal dengan kendaraan berbasis mesin diesel memang menjadi kelebihan dibandingkan para rivalnya, sebagai masyarakat Indonesia dari petani sampai perkebunan tentunya haruslah mempunyai mobil dengan daya angkut yang handal, terlebih dengan kontur jalan yang cukup terjal harus ditandingi dengan struktur rangka mobil yang kokoh seperti Isuzu Traga.
Mesin Isuzu Traga | |
---|---|
Tipe Mesin | 4JA1L 4-silinder Direct Injection with Turbocharged |
Kapasitas Silinder | 2.499 cc |
Tenaga Maksimal | 80 PS/ 2.600 rpm |
Torsi Maksimal | 191 Nm/ 1.800 rpm |
Transmisi | Manual 5-percepatan |
Sistem Penggerak | Rear-wheel drive |
Dimensi Isuzu Traga | |
P x L x T | 4.650 x 1.705 x 1.985 mm |
Jarak Pijak Depan | 1.460 mm |
Jarak Pijak Belakang | 2.250 mm |
Ground Clearance | 200 mm |
Radius Putar | 4.5 m |
Kaki-Kaki dan Suspensi Isuzu Traga | |
Suspensi Depan | Double wishbone with coil spring |
Suspensi Belakang | Leaf spring type |
Rem Depan | Ventilated Disc |
Rem Belakang | Drum, leading & trailing |
Ban | 195R14-8PR |
Velg | 6 Stud 14 x 5.5 |
Menyediakan dua headrest untuk pengemudi dan penumpang, memberikan rasa aman ketika mobil sewaktu-waktu mengalami benturan
Banyak kompartemen penyimpanan,Isuzu Traga memiliki luas kargo 4.6 meter persegi. Bak belakang bisa mengangkut 60 galon air, dibandingkan pesaingnya yang hanya bisa mengangkut 48 galon air.
Posisi setir dan tuas transmisi lebih praktis
Isuzu Traga Traga mendapatkan mesin 4JA-1L 2.5L milik Isuzu Panther bertenaga 80 PS serta torsi 191 Nm, dan mesinnya sangat bandel, handal, kuat serta irit bahan bakar
Memiliki ruang kabin yang lega dengan jarak pandang yang luas
Jaminan suku cadang dan layanan servis
Dimensi lebih besar dibanding Isuzu Bison yang notabenenya adalah kembaran Mitsubishi L300
Tangguh di semua medan, rangka bodi yang kokoh didukung dengan mesin bertenaga membuat Isuzu Traga memiliki masa pakai yang cukup baik walaupun menjadi mobil ‘pekerja keras’.
Tidak ada sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS)
Suara mesin berisik,masalah ini masih belum terpecahkan oleh Isuzu. Banyak yang mengeluhkan suara mesin Isuzu Traga cukup keras terasa dibandingkan pesaingnya di segmen mobil komersial lainnya.
Opsi warna terbatas
Fitur Isuzu Traga terbatas, sistem keselamatan dan hiburan Traga tak begitu lengkap jika dibandingkan mobil penumpang. Bahkan Isuzu Traga hanya dilengkapi dengan blower, dibandingkan pesaing asal China yang sudah mendapatkan fitur AC di dalam mobil.
Hanya ada transmisi manual,Isuzu Traga hanya ditawarkan 5-percepatan manual. Kombinasi mesin yang efisien serta girboks MUA5S menghadirkan rasio gigi yang terbilang pas. Namun, belum terlalu praktis dibandingkan transmisi otomatis.
Suara mesin yang terasa kasar
Tidak.Isuzu Traga tidak memiliki rencana peluncuran pada tahun 2021.
Baca LebihIsuzu Traga yang paling murah adalah Isuzu Traga Pick Up (FD).Termasuk biaya tujuan, itu mencapai …
Baca LebihIsuzu Traga akan bersaing dengan Chevrolet Colorado, Hyundai H100, Isuzu D MAX, Mahindra Scorpio …
Baca Lebih