Toyota Kijang Innova adalah bagian dari legenda Kijang yang meluncur sejak 1976. Dengan tiga pilihan varian serta mesin diesel dan bensin, harga Toyota Kijang Innova 2020 dimulai dari Rp326 jutaan untuk Toyota Kijang Innova G M/T bensin dan banderol tertinggi Rp428 jutaan untuk varian Toyota Kijang Innova Q A/T bermesin bensin.
Toyota Kijang Innova diproduksi oleh Toyota di Indonesia dan India. Bisa dibilang berjalan sendirian di segmen MPV segmen D, edisi terbaru dari facelift Kijang Innova meluncur pada tanngal 2 Agustus 2018. Saat ini, Kijang Innova mengemas mesin 2GD-FTV 2.4L bertenaga diesel serta mesin 1TR-FE 2.0L bertenaga bensin.
Jika Toyota Avanza bisa dibilang sebagai ‘Mobil Sejuta Umat’ dari Toyota, maka Toyota Kijang Innova menjadi titisan MPV legendaris Toyota yang selalu sukses menawarkan kenyamanan selama berkendara. Tertarik untuk menikmati servisnya? Simak review Toyota Kijang Innova di bawah ini.
Harga
Tipe | Harga |
---|---|
Toyota Kijang Innova G M/T Bensin | Rp 323.550.000 |
Toyota Kijang Innova G A/T Bensin | Rp 343.750.000 |
Toyota Kijang Innova G M/T Diesel | Rp 353.450.000 |
Toyota Kijang Innova G A/T Diesel | Rp 374.950.000 |
Toyota Kijang Innova V M/T Bensin | Rp 372.550.000 |
Toyota Kijang Innova V A/T Bensin | Rp 392.350.000 |
Toyota Kijang Innova V M/T Diesel | Rp 406.250.000 |
Toyota Kijang Innova Q M/T Bensin | Rp 405.400.000 |
Toyota Kijang Innova Q A/T Bensin | Rp 425.700.000 |
Spesifikasi
Mesin | ||
---|---|---|
Bahan Bakar | Bensin | Diesel |
Tipe | 1TR-FE 4-silinder DOHC with Dual VVT-i | 2GD-FTV 4-silinder DOHC with VNT Intercooler |
Isi Silinder | 1.998 cc | 2.393 cc |
Tenaga Maksimal | 137 dk @ 5.600 rpm | 147 dk @ 3.400 rpm |
Torsi Maksimal | 190 Nm @ 4.000 rpm | 360 Nm @ 1.200 rpm – 2.600 rpm |
Konsumsi bahan bakar dalam kota dan luar kota | 9,7 km/l dan 13.6 km/l | 13 km/l dan 18 km/l |
Transmisi | 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis dengan Sport Sequential Switchmatic | |
Sistem Penggerak | Rear-wheel-drive |
Dimensi | ||
---|---|---|
P x L x T | 4.735 x 1.830 x 1.795 mm | |
Jarak Poros Roda | 2.750 mm |
Kaki-Kaki dan Suspensi | ||
---|---|---|
Suspensi Depan | Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer | |
Suspensi Belakang | 4-Link with Coil Spring & Lateral Road | |
Rem Depan/Belakang | Ventilated Disc/ Drum | |
Ukuran Ban | 205/65 R16 Alloy |
Sejarah
Toyota Kijang Innova merupakan Low MPV atau MPV kompak yang diproduksi pertama kali oleh PT Toyota Astra Motor sejak 2004. Nama besar Kijang menjadi bagian penting dari sejarah mobil ini. Dimana Kijang Innova memiliki sasis body-on-frame yang sama dengan pikap Toyota Hilux dan Toyota Fortuner.
Tak hanya di Indonesia, Innova juga menjadi pengganti Toyota Kijang di negara lain, seperti Qualis di India, Unser di Malaysia, serta Zace di Vietnam. Popularitasnya mendunia, dimana Innova juga dijual di Thailand, Brunei, Timur Tengah, Jamaika, hingga Argentina.
Toyota meluncurkan Innova seri AN40 pada 1 September 2004. Peluncuran ini terjadi setelah diperkenalkannya Avanza pada 2003, sebagai pengganti Kijang. Inilah yang membuat Innova menjadi versi yang lebih mewah dan lebih mahal daripada Kijang.
Generasi pertama mendapatkan tiga kali facelift, yaitu pada tahun 2007, 2011, dan yang terakhir 2013. Baru pada tahun 2015 Toyota memperkenalkan generasi kedua Toyota Kijang Innova dengan nama seri AN140.
Walaupun Innova belum mendapatkan facelift atau generasi baru dalam lima tahun ini, Toyota menawarkan beberapa peningkatan. Seperti varian tertinggi Venturer yang diluncurkan 2017 lalu. Mesin bensin Innova juga medapatkan peningkatan Euro 4 pada 2018 silam.