Alfa Romeo 1900 dikenal sejak 1954 sebagai "mobil keluarga yang memenangkan balapan" dan itu benar. Kualitas holding, kecepatan, dan keandalannya menjadikannya model yang berhasil dalam kategori perpindahannya. Pada tahun 1959, pembuat mobil Italia meluncurkan versi yang lebih baik: 1900 Super Sprint. Itu adalah waktu perintis di Motorsports. Setiap pembuat mobil yang memiliki silsilah dalam balap mencoba untuk mendapatkan kursi kembali di arena. Alfa Romeo adalah salah satu perusahaan yang rohnya tidak mati di WWII dan para insinyurnya kembali bekerja bersedia untuk membuktikan kemampuan mereka. Dan mereka melakukannya dengan mesin 1,9 liter yang dikerjakan ulang. Dengan memperbesar bore, perpindahan meningkat dari 1884 CMC hingga 1975 CMC. Itu tidak banyak, tapi itu sudah cukup untuk membuat Sprint Alfa Romeo menjadi lebih cepat. Dan itu berganti nama menjadi Super Sprint. Super Sprint dirancang dan dirangkai dengan bodywork Superleggera Touring. Ini menampilkan sasis baja struktural dan tubuh aluminium. Itu tersedia dalam tiga variasi mesin bernama Super, Super T.i., dan Super Sprint Coupe. Di dalam, dasbor melengkung tersedia dengan logam telanjang atau ditutupi piano-hitam atau kulit. Cluster instrumen dipasang di belakang setir dan tersedia dalam beberapa trim panel. Kursi bucket yang dalam tersedia sebagai pilihan. Sementara seri pertama diluncurkan dengan gear-shifter yang dipasang di setir, seri kedua menampilkan tongkat roda yang dipasang di lantai. Mesin 2.0 liter ditawarkan dalam tiga versi daya, antara 90 hp dan 115 hp. Nanti adalah yang paling banyak diminta di pasar. Itu dikawinkan dengan gearbox manual 5-speed standar dan karena beratnya keseluruhan hanya 1000 kg (2204 lbs), itu cepat dan gesit. Sayangnya, itu dilengkapi dengan rem drum di keempat sudut.