Berburu Motor Trail Bekas buat Terabas, Ada Honda CRF150L dan Kawasaki KLX150L
Ary · 20 Mei, 2021 19:30
0
0
Di masa pandemi sekarang ini, giat adventure seakan menjadi alternatif bagi para motoris. Selain mengurangi kerumunan di perkotaan, mata juga bakal digoda oleh indahnya pamandangan alam. Belum lagi adrenalin yang jelas berbeda ketimbang riding di tengah kota.
Meski begitu, tunggangan khusus dalam hal ini motor trail dibutuhkan untuk melakoni kegiatan tersebut. Anda yang tertarik bertualang sebetulnya tak harus membeli motor trail baru seperti Honda CRF150L 2021, Kawasaki KLX 150 L 2021 atau Yamaha WR 155 R 2021. Toh, ketiga motor ini sudah tersedia di pasaran motor bekas.
Namun, opsi tersebut menjadi berkurang andaikata Anda memilih motor trail bekas dengan harga terjangkau. Artinya, kami akan mengeliminasi Yamaha WR 155 R sebagai pilihan. Walau unit Yamaha WR 155 R bekas sudah lumayan banyak, banderolnya masih cukup tinggi. Sedikit gambaran berdasarkan pantauan kami di market place online, harga Yamaha WR 155 R bekas paling murah dipatok Rp29 juta.
Harga Kawasaki KLX 150 L dan Honda CRF150L Lumayan Murah
Otomatis pilihan motor trail bekas yang kini tersedia, hanya ditujukan kepada Kawasaki KLX 150 L dan Honda CRF150L saja. Dikarenakan KLX 150 L duluan lahir, maka wajar jika ketersediaan unitnya lebih berlimpah ketimbang CRF150L.
Hal ini terlihat saat kami pantau keberadaannya di Jakarta dan Tangerang. Lantaran populasinya pula, penetapan harga Kawasaki KLX 150 L bekas ini sangat kompetitif. Meski tergantung kondisi dan jumlah kilometer, tetap saja pasarannya tidak berlaku mutlak. Ya, ada saja yang menjual unit dengan tahun produksi serupa, namun harganya berbeda jauh.
Kalau ingin mendapatkan Kawasaki KLX 150 L murah, Anda bisa mencari unit keluaran 2010. Di situs jual-beli motor bekas, pasarannya sekitar Rp16 jutaan. Perlu diperhatikan pula, dengan menebusnya Anda mendapatkan KLX 150 L yang berusia lumayan tua. Masalah mungkin saja terjadi saat Anda tengah ber-adventure ria nantinya.
Menurut hemat kami, ada baiknya cari Kawasaki KLX 150 L lebih muda semisal lansiran 2014-2017. Hanya saja butuh kejelian dalam melihat harga jualnya. Seperti kami sebutkan tadi, harga KLX 150 L ini lumayan gelap! Ada saja pedagang yang menjual unit tahun muda lebih mahal daripada tahun tua. Untuk mendapatkan KLX 150 L di rentang produksi tadi, baiknya siapkan bujet sekitar Rp20 jutaan.
Alasan Membeli Kawasaki KLX 150 L
1. Bobot paling ringan
Bobot Kawasaki KLX 150 L yang ringan, bisa menjadi keuntungan untuk Anda saat menjalani kegiatan terabas. Berat tubuh KLX 150 L ini cuma 116 kg saja. Bandingkan dengan Honda CRF150L (122 kg) atau Yamaha WR 155 R (134 kg) sekalipun.Dengan bobot ringan tadi, Anda tak harus mengeluarkan tenaga lebih banyak andaikata terjatuh di tengah medan off road.
Idealnya sebuah trail, pastilah dirancang kompak tanpa banyak ornamen guna memudahkan pengendalian. Namun lagi-lagi, dimensi Kawasaki KLX 150 L lah yang paling ringkas dibanding kompetitornya. Total ukurannya adalah 2.050 x 830 x 1.115 mm (P x L x T).
3. Harga termurah di kelasnya
Bukan saja harga unit bekasnya yang paling bersahabat. Pasalnya, harga Kawasaki KLX 150 L baru pun dipatok lebih murah dari Honda CRF150L maupun Yamaha WR 155 R. Tak cuma itu. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pun menyediakan beberapa varian sebagai pilihan. Mulai dari Kawasakai KLX 150 L, Kawasaki KLX 150 BF hingga Kawasaki KLX 150 BF SE.
Selain keuntungan di atas, Anda pembeli Kawasaki KLX 150 L juga harus memaklumi ihwal performanya yang tak kepalang spesial. Dibanding pilihan lain, output mesin 1-silinder 144 cc menawarkan keluaran 12 PS @8.000 rpm dan 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Berselisih lumayan banyak dengan pencapaian Honda CRF150L atau Yamaha WR 155 R.
Tak dapat dipungkiri pula, harga Honda CRF150L di pasaran motor bekas masih tergolong tinggi. Maklum, dari segi usia motor trail buatan PT Astra Honda Motor (AHM) baru tersedia 2017 lalu. Unit bekas untuk keluaran perdana Honda CRF150L sangat sedikit dan dijual dengan harga Rp25 jutaan.
Justru yang banyak beredar adalah Honda CRF150L 2018. Namun harga jual Honda CRF150L bekas tersebut jua lumayan bervariatif. Kebanyakan motor-motor tersebut dijual dengan rentang harga mulai Rp26,5 juta hingga Rp29 jutaan. Menurut kami, pemilihan terhadap CRF150L tersebut cukup menguntungkan. Penurunan harganya lumayan banyak dibanding harga baru Honda CRF150L 2021 (Rp34,745 juta).
Berbeda dengan Kawasaki KLX 150 L yang menyediakan fork upside down (USD) pada tipe tertinggi. Ketersediaan suspensi dengan tabung terbalik itu disediakan pada Honda CRF150L sebagai perlengkapan standar. Berkat pengaplikasian inilah tongkrongan CRF150L lebih kekar. Ditambah lagi, diameter peredam kejut yang mencapai 37 mm.
2. Posisi duduk ramah
Di atas kertas, dimensi Honda CRF150L (2.119 X 793 X 1.153 mm) tak seringkas Kawasaki KLX 150 L. Belum lagi soal timbangan badan 122 kg. Tapi, posisi duduknya lebih ramah dengan komposisi ketinggian jok 869 mm dan ground clearance 285 mm. Padu padan ini sedikit lebih rendah dari KLX 150 L, dengan penyetelan masing-masing 870 mm dan 295 mm.
Sistem pengabutan bahan bakar Honda CRF150L tentu saja sudah injeksi. Sistem tersebut lantas dikombinasikan dengan mesin SOHC satu silinder berkapasitas 149 cc. Performa yang dihasilkan jelas lebih bertenaga dari KLX 150 L. Honda CRF150L mampu mengail daya 12,91 PS @8.000 rpm dan torsi 12,43 Nm @6.500 rpm.
Bukan cuma sistem injeksi, sosok motor trail modern juga ditawarkan pembeli Honda CRF150L. Hal tersebut bisa dilihat langsung melalui panel meternya. Di mana keseluruhan informasi ditampilkan secara digital.
Kesimpulan
Walau tak kepalang banyak penyukanya, berpetualang bersama motor trail tentu menjadi agenda yang sangat menyenangkan. Apalagi sekarang ini. varian utamanya mesin 150 cc, sudah banyak tersedia di pasaran. Jika pun ingin menjadikan adventure sebagai hobi baru, tak ada salahnya membeli motor trail bekas di atas.
Apabila ingin mendapatkan unit motor yang murah, pilihan jelas ada pada Kawasaki KLX 150 L. Selain itu, motor ini juga paling ringan di kelasnya. Namun, ada baiknya pula menimbang untuk membeli Honda CRF150L. Selain berusia lebih muda, pembeli juga diuntungkan lantaran mendapatkan suspensi USD dan mesin injeksi. Jadi pilih mana?
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!