Jadi Motor Bebek Termahal, Ini Lima Hal Menarik dari Honda CT125 2021
Ary · 24 Mei, 2021 20:00
0
0
Dilihat dari harganya, Honda CT125 2021 tidak bisa dibilang murah. Oleh PT Astra Honda Motor (AHM), motor ini dijual dengan harga Rp76,8 juta (on the road Jakarta). Penetapan demikian lah yang membuat Honda CT125 menjadi motor bebek termahal di Indonesia.
Bukan tanpa alasan banderol Honda CT125 2021 dibuat sedemikian mahal. Selain merupakan produk CBU (completely bulid up), desainnya juga berbeda dengan motor bebek kebanyakan. Pun halnya dari Honda Super Cub C125 2021, selaku pemilik basis rancang bangun. Lantas apa yang membuatnya layak dibeli? Berikut hal menarik dari Honda CT125.
Latar Belakang Sejarah
Usai pamer tampang di arena Tokyo Motor Show 2019, Motor ini kemudian mengaspal di Indonesia pada Agustus 2020. Serupa pula dengan Honda Super Cub C125, penawaran terhadap Honda CT125 jua tak lepas dari sejarah yang melatarbelakangi perjalanannya. Seperti disampaikan pihak PT AHM, motor ini merupakan pengembangan dari Honda Super Cub.
Meski begitu, sosoknya sangat jauh dari kesan bebek kota. Jika pun ditarik mundur, sajian ala motor tualang itu sudah lebih dulu terlihat pada Honda CA100T Trail 50 kala itu (1961). Konsep ini disebut-sebut menjadi jawaban terhadap pasar domestik Jepang saat itu - butuh kendaraan roda dua untuk menemani giat luar ruang.
Akan tetapi, nama CT sendiri pertama kali diusung Honda pada 1964 lewat Honda CT200. Suguhannya sangat lah unik lantaran meyajikan setang tinggi dan minim sekali penggunaan panel bodi. Tampilannya pun semakin nyetrik lantaran mengaplikasikan knalpot menjulang ala motor scrambler.
Setelah kurang lebih 60 tahun, bahasa desain tersebut dihadirkan kembali pada Honda CT125. Hanya saja, pabrikan sayap kepak menerjemahkannya dengan perspektif yang lebih modern. Penyajian itupun dapat Anda lihat pada Honda CT125 2021 sekarang ini.
Cocok Melahap Medan Off Road
Sebagaimana desainnya tadi, Honda CT125 2021 cocok diajak melahap medan off road. Memang bukan untuk rute yang kepalang berat, mengingat ground clearance Honda CT125 ini hanya 165 mm. Jelas punya selisih jauh dengan motor trail sejati seperti Honda CRF150L 2021 dengan jarak kolong mencapai 285 mm. Artinya, bakal lebih tinggi pula setelan tempat duduknya.
Walau begitu, Honda CT125 jelas tak seintimidatif itu. Ketinggian jok Honda CT125 2021 hanya 800 mm. Pengendalian terhadapnya pun jauh lebih bersahabat dengan padu padan dimensi 1.960 x 805 x 1.085 mm (P x L x T) dan bobot 120 kg. Kapabilitasnya menaklukkan medan non-aspal jua ditunjang oleh keberadaan skid plate untuk melindungi mesin.
Honda CT125 dibekali dengan mesin 125cc, PGM-FI, 4 langkah dan berpendingin udara ini mampu memberikan respon yang menyenangkan di perkotaan maupun pengalaman berkendara motor yang nyaman untuk trekking dan turing.
Motor ini memiliki bore dan stroke 52.4 x 57.9mm dengan rasio kompresi 9,3:1. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah sekitar 8,8 PS dicapai pada rpm 7.500 dan torsi maksimal sebesar 11 Nm di rpm 4.500.
Fitur Modern
Senada dengan perancangan yang modern tadi, Honda CT125 2021 pun mengaplikasikan hal tersebut via sematan penerangan LED. Item ini bisa dilihat langsung pada lampu depan, belakang hingga lampu sein. Begitu pula dengan panel meter. Walau simple, penyajian informasi kendaraan pada Honda CT125 sudah sepenuhnya digital.
Dilengkapi Sistem ABS
Pada bagian kaki-kaki, Honda CT125 2021 memakai suspensi teleskopik dan sepasang shock absrober. Kedua bagian peredam kejut kemudian dipasangkan dengan ban ukuran 17 inci seragam (sama-sama berukuran 80/90-17 inci). Sementara untuk siste pengeremannya, mengandalkan cakram dengan lingkar 220 mm di depan dan 190 mm di belakang. Khusus pengereman dengan sudah dilengkapi sistem ABS (antilock braking system).
Tangki Bensin Besar
Sudah disebutkan di awal, perancangan Honda CT125 2021 tak lepas dari adanya Honda Super Cub. Akan tetapi, secara dimensi motor ini lebih besar dari Honda Super Cub C125 yang ada saat ini. Hal tersebut pun berdampak pada kapasitas tangki bahan bakarnya.
Honda CT125 2021 punya tampungan bensin sebanyak 5,3 liter. Terpaut lumayan banyak dengan Honda Super Cub C125 dengan kemampuan menenggak bensin hanya 3,7 liter. Hal ini tentu bakal menenangkan pembeli Honda CT125 2021. Yang berarti, tak mesti khawatir kehabisan bensin meski sedang berada di jalur offroad. Apalagi tipikal mesin Honda yang terkenal irit bahan bakar.
Kesimpulan
Dengan label harga Rp76,8 juta, peruntukkan Honda CT125 memang tak sekadar menjadi transportasi semata. Dengan uang tersebut, tentu saja sang motor ditujukan bagi pehobi berkantong tebal.
Belum lagi sejarah yang mengikuti penetapannya sebagai motor bebek termahal. Kendati begitu, beberapa perbekalan pun terbilang layak seandainya Anda tertarik untuk membelinya. Sebut saja kelengkapan yang tak ubahnya petarung alam terbuka. Belum lagi perlengkapan semacam lampu LED, panel meter digital hingga rem bersensor.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!