window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jadi Produk Terlaris, Ini 5 Alasan Suzuki Satria F150 Pantas Dibeli!

Ary · 21 Apr, 2021 12:00

Meski terhimpit lini skutik dan sport, Suzuki Satria F150 tetap menjadi idola di kalangan pecinta jenama berlambang S. Cukup masuk akal, mengingat motor 'ayago' ini memang punya nilai jual yang layak bagi para peminangnya. Buat Anda yang belum tahu, ini yang menjadi alasan Suzuki Satria F150 begitu diminati.

Suzuki Satria F150 2021

Suzuki Satria F150, ayago favorit di Indonesia.

Laris meski Berstatus CBU

Untuk diketahui, munculnya Suzuki Satria F150 merupakan jawaban atas dihentikannya produksi Suzuki Satria 120R (2-tak). Namun, giat Suzuki melahirkan mesin 4-tak malah lebih dulu diaplikasikan kepada Suzuki Raider 125. Motor bebek underbone pertama Suzuki inipun eksis pada periode 2002-2004.

Suzuki Raider 125 inilah cikal bakal kelahiran Suzuki Satria F150. Akan tetapi, kiprah sang produk justru lebih dulu terjadi di Thailand - menggunakan nama Suzuki Raider 150. Di tahun kelahirannya itu pula (2004), Si kuda besi diimpor ke Tanah Air. Hanya saja, motor CBU itu dinamainya sebagai Suzuki Satria F150.

Suzuki Satria 120R

Suzuki Satria F150 lahir karena Suzuki Satria 120R diskontinyu.

Baca juga: Layak jadi Incaran, Suzuki Satria F150 Bekas Dijual Mulai Rp7 Jutaan!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Hingga 2006, permintaan Satria F150 mengalir deras. Setahun kemudian, Suzuki Indonesia pun memutuskan untuk merakitnya (CKD) di fasilitas produksi mereka. Di 2007 pula muncul versi facelift Suzuki Satria F150 dan bertahan hingga enam tahun lamanya.

Barulah, pada 2013-2015 penyegaran terhadapnya terjadi. Sebagaimana terlihat, waktu edar model ini cukup singkat. Pasalnya, Suzuki Indonesia sudah menyiapkan Suzuki Satria F150 FI (injeksi) sebagai penerus Suzuki Satria karburator. Bukan sekadar pengubahan sistem pengabutan bahan bakar, esensi modernitas Satria F150 injeksi jua kian optimal.

Ayam Jago Modern

Unsur modern padanya bisa terlihat langsung pada headlamp. Pendaran lampu utama Suzuki Satria F150 sudah LED. Lantas indikator penunjuk informasi kendaraan, sepenuhnya ditampilkan secara digital.

Malah ada pula power outlet untuk mengisi daya ulang gawai hingga alarm untuk pemilih varian Suzuki Satria F150 Black Predator. Ketersediaan ini membuatnya sebagai ayam jago paling modern di Indonesia.

Fitur Suzuki Satria F150

Varian tertinggi Suzuki Satria F150 sudah dilengkapi remote pengaman.

Baca juga: Punya Modal Bagus, Kenapa Suzuki GSX-R150 Kurang Peminat?

Tubuh Atletis

Kami yakin, pemilihan Anda terhadapnya jua tak lepas dari desain serta rancang bangun  yang dimilikinya. Bebek underbone ini punya tubuh nan ramping. Namun, tetap atletis berkat tarikan desain menajam di beberapa bagian.

Selain itu pula, Suzuki Satria F150 hanya memiliki total ukuran 1.960 x 675 x 980 mm (P x L x T). Sementara padu padan ketinggian jok dan ground clearance dituliskan 765 mm dan 150 mm. Kombinasi demikian terang bersahabat, terlebih buat motoris muda. Maklum, posisi berkendara Satria F150 tak ubahnya motor sport, lantaran menggunakan setang model clip-on.

Dimensi Suzuki Satria F150

Suzuki Satria F150 punya dimensi yang ramping.

Bobot Paling Ringan di Kelasnya

Kemudahan mengendarai Suzuki Satria F150 kemudian ditunjang oleh bobot yang terbilang paling ringan di kelasnya. Berdasarkan lembar spesifikasi,  berat tubuhnya hanya 109 kg. Berselisih cukup banyak dengan timbangan para rival seperti Honda Sonic 150R yang terhitung 114 kg. Bahkan lebih ringan lagi dibanding Yamaha MX King. Motor bebek berlambang garpu tala itu berbobot 118 kg.

Performa Terbaik diantara Para Rival

Suzuki Satria F150 punya performa paling baik dibanding rivalnya tadi. Mesin DOHC satu silinder berkapasitas 147,3 cc, menjadi modal utama yang dibawanya. Melalui jantung mekanis dengan 4 katupnya, motor ini sanggup melontarkan daya 18,49 PS di putaran 10.000 rpm. Sementara untuk momen puntir maksimal, dicapai pada 13,8 Nm sejak 8.500 rpm. Keseluruhan performa tersebut tersalur ke roda belakang melalui transmisi enam percepatan. 

Baca juga: Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki?

Mesin Suzuki Satria F150

Suzuki Satria F150 memiliki performa terbaik di kelasnya.

Bandingkan dengan capaian Honda Sonic 150R. Ayam jago buatan PT Astra Honda Motor (AHM) cuma punya torehan 16 PS @9.000 rpm dan 13,5 Nm @6.500 rpm. Sedangkan motor garapan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) disetel 15,3 PS @8.500 rpm dan 13 Nm @7.000 rpm. 

Kesimpulan

Memang untuk mengecap salah satu motor bersejarah itu, konsumen harus menebusnya lebih mahal. Sekarang ini saja harga Suzuki Satria F150 dipatok Rp26,760 juta. Terpaut lumayan besar dari Honda Sonic 150R yang dibanderol antara Rp23 juta sampai Rp24 jutaan. Begitu pula dari Yamaha MX King dengan label Rp24,575 juta (on the road Jakarta).

Kendati demikian, mahalnya harga jual tak memengaruhi ketertarikan pasar terhadap Suzuki Satria F150. Misalnya saja tahun lalu. Di masa pandemi, produk ini menyumbang penjualan terbanyak setelah terjual 15.131 unit. Bukan cuma lebih banyak dari jualan Suzuki Nex II atau Suzuki GSXR150. Rasanya angka itu berada di atas lawan sekelasnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, Suzuki Satria F150 tetap layak menempati urutan teratas di kategori motor underbone 150 cc. Harga lebih mahal, rasanya terbayar dengan impresi berkendara yang menyenangkan. Bukan cuma enteng, melainkan jua bertenaga.

Spesifikasi Suzuki Satria F150 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 1.960 x 675 x 980 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak Terendah ke Tanah 150 mm
Tinggi Jok 765 mm
Berat Kosong 109 kg
Jenis Mesin Water-cooled, 4-stroke
Sistem Katup DOHC 4-valve
Diameter x Langkah 62.0 x 48.8 mm
Jumlah Silinder 1-cylinder
Ratio Kompresi     11.5 : 1
Tenaga Maksimum     18,49 PS @10.000 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm @8.500 rpm
Sistem Pengapian FI
Sistem Starter Electric
Transmisi     6-speed, return
Kapasitas Tangki 4 liter
Suspensi Depan     Telescopic
Suspensi Belakang Monoshock
Rem Depan Disc (Petal)
Rem Belakang Disc (Petal)
Roda Depan 70/90-17(TL)
Roda Belakang     80-90-17 (TL)
Velg     Cast

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });