Menggoda Untuk Dimiliki, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda ADV 150 2021
Harry · 23 Feb, 2021 14:00
0
0
Kehadiran Honda ADV 150 2021 untuk pertama kalinya di Indonesia tahun 2019 lalu langsung mengguncang ramah skutik premium bermesin 150 cc di Indonesia. Skutik satu ini tampil menggoda dengan desain berbeda, ala motor penjelajah.
Honda ADV 150 sendiri hadir dengan dua varian, yakni CBS (Combi Brake System) yang dijual Rp 34,742 juta, dan ABS (Anti-lock Braking System) dengan harga mencapai Rp 37,805 juta on the road Jakarta.
Tampilannya ala skutik penjelajah, karena terinspirasi dari versi big bike yakni Honda X-ADV. Sosoknya tinggi dan nampak tangguh dengan ban tapak kasar, serta dijejali beragam fitur canggih.
ADV dalam penamaan ADV 150 berarti advance bukan adventure seperti yang banyak orang-orang kira. Ini mengacu pada kelengkapan fitur yang dibawanya. Ya, memang motor ini punya fitur yang banyak dan sangat memanjakan penggunanya.
Seperti lampu-lampu yang sudah LED seluruhnya, windscreen adjustable, power charger, Smart Key System, setang tappered handle bar yang lebar dan nyaman, ruang bagasi berkapasitas 28 liter, suspensi belakang model tabung, sampai rem cakram ganda.
Meski Honda ADV 150 belum dibekali mesin eSP+ (enhanced smart power plus) seperti halnya Honda PCX 160 2021, motor ini masih menggoda untuk dimiliki, ketimbang menunggunya mendapatkan mesin baru tersebut.
Kelebihan dan Kekurangan Honda ADV 150 2021
Secara segmentasi pasar, skutik ini tak memiliki kompetitor yang head to head. Dalam artian sama-sama bermesin 150 cc dan juga bergaya adventure, Honda ADV 150 jadi satu-satunya pemain disegmen skutik 150 dengan tampilan motor petualang.
Beredar sejak tahun 2019, tentu sudah banyak yang dirasakan konsumen pengguna Honda ADV 150, baik yang menjadi kelebihan dan juga kekurangannya. Dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Honda ADV 150.
Kelebihan Honda ADV 150 2021 :
1. Desain Honda ADV 150 Tak Biasa
Bukan dalam artian negatif, pasalnya desain Honda ADV 150 ini memang unik. Skutik bergaya adventure, namun dikemas dalam versi mesin 150 cc saja. Dipasaran memang sudah ada Honda BeAT Street atau Yamaha X-Ride, tapi Honda ADV 150 ini jelas berbeda.
Honda ADV 150 tampil lebih kokoh dan tangguh, penggunaan ban tapak kasar dengan jarak main suspensi panjang, menegaskan kesan skutik petualang. Belum lagi fitur dan disematkan juga sangat banyak, sesuai dengan namanya ADV yang berarti advance.
2. Fitur Honda ADV 150 2021 Terbilang Lengkap
Selain beda sistem pengereman antara varian CBS dan ABS, tak ada perbedaan fitur lain dikeduanya. Lampu-lampu sudah full LED, rem cakram depan dan belakang, smart key system, windscreen adjustable sampai konsol penyimpanan di depan juga tersedia.
Masih kurang? Jangan lupakan ruang bagasi besar di balik jok, suspensi belakang model tabung, power outlet, dan panel instrumen bergaya ala Honda X-ADV dengan informasi yang sangat lengkap.
Informasi yang ditampilkan pada layar ini ada spidometer, fuel meter, volt meter, odometer, trip 1 dan 2, konsumsi bensin rata-rata dan aktual, jam, pengingat tanggal dan pengukur suhu udara. Di bawahnya ada sejumlah lampu indikator.
3. Honda ADV 150 2021 Ada Fitur Emergency Stop Signal
Fitur yang tersembunyi karena hanya aktif pada saat-saat tertentu. Emergency stop signal (ESS) akan aktif kala pengendara melakukan pengereman mendadak. ESS akan aktif jika laju motor lebih dari 56 km/jam, lalu melakukan deselerasi lebih dari 6 m/s.
Lalu fitur ESS ini akan non aktif, saat laju deselerasi sudah kurang dari 2,5 m/s dan tuas rem sudah dilepas oleh pengguna. Fitur ESS ini sendiri tersedia untuk varian ABS, karena kinerjanya terhubung dengan sistem pengereman tersebut.
4. Iritnya Konsumsi Bahan Bakar Honda ADV 150 2021
Menggunakan jantung mekanis yang sama dengan Honda PCX 150 dan Honda Vario 150 2021, konsumsi bahan bakar Honda ADV 150 2021 dikenal irit. Konsumsi bahan bakarnya mencapai lebih dari 40 km/liter.
Honda juga memberikan penyesuaian mesin untuk skutik ini supaya sesuai dengan konsepnya. Bagian intake manifold dibuat lebih panjang dan ukuran boks filter udara dibuat lebih besar.
Hasilnya Honda ADV 150 2021 mampu memuntahkan tenaga 14,5 PS pada putaran 8.500 rpm, dengan torsi mencapai 13,8 Nm pada 6.500 rpm. Dibanding Honda PCX 150, output mesin Honda ADV 150 memiliki torsi lebih kuat.
5. Honda ADV 150 2021 Andalkan Setang Tapered Handle Bar
Berukuran cukup besar dengan bobot basah 132 kg(CBS) dan 133 kg (ABS), Honda ADV 150 2021 dibekali setang tapered handle bar. Setang yang lebar ini memudahkan pengendalian motor dan memudahkan untuk bermanuver.
Untuk informasi saja, setang jenis serupa juga digunakan untuk moge-moge adventure Honda seperti Honda CB500X 2021, Honda X-ADV 2021 bahkan Honda CRF1100L Africa Twin 2021.
Lantas Apa Saja Kekurangan Honda ADV 150?
1. Posisi Duduk Honda ADV 150 2021 Tinggi
Dengan panjang 1.950 mm, lebar 763 mm dan tinggi 1.153 mm, Honda ADV 150 cukup besar dan tinggi untuk sebagian orang. Belum lagi tinggi joknya yang mencapai 795 mm, tak semua orang bisa nyaman menggunakan skutik ini.
Kaki rider dengan postur kurang dari 170 cm dipastikan akan jinjit saat mengendarainya. Pada momen tertentu, Anda akan merasa lebih baik menebus Honda PCX 160 2021 daripada Honda ADV 150 ini.
2. Performa Honda ADV 150 2021 Terlalu Biasa
Meski telah dilakukan penyesuaian komponen mesin pada intake dan boks filter udara, masih banyak yang mengeluhkan performa Honda ADV 150 2021 terlalu smooth, kalau tak mau dibilang lemot.
Rasanya Honda harus segera menanamkan mesin 156,9 cc eSP+ seperti milik Honda pcx 160 2021, untuk bisa mendapatkan power to weight ratio lebih besar. Performa skutik ini pun kelak akan sesuai dengan penampilannya yang gagah.
3. Harga Honda ADV 150 2021 Terlalu Tinggi
Diantara pemain skutik 150 cc, Honda ADV 150 2021 dijual dengan harga paling mahal. Untuk varian CBS dilepas Rp 34,742 juta dan varian ABS dilabeli Rp 37,805 juta on the road Jakarta.
Bandingkan dengan Honda PCX 160 yang ada direntang Rp 30,35 juta sampai Rp 33,95 juta. Lalu Yamaha Nmax 155 2021 yang dijual mulai dari Rp 29,75 juta sampai Rp 33,75 juta. Konsumen memiliki banyak opsi untuk pilihan skutik premium 150 cc.
Kesimpulan
Untuk penyuka touring, Honda ADV 150 2021 merupakan pilihan moor yang praktis namun juga tangguh. Apalagi konsumsi bahan bakarnya termasuk hemat, dipadu dengan kapasitas tangki besar yang mencapai 8 liter.
Fitur yang dimilikinya pun lengkap dan memuaskan, tapi semuanya harus ditebus dengan nominal harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan skutik 150 cc lainnya.
Harga Bekas Honda ADV 150
Terkadang membeli motor dalam kondisi bekas, bisa menjadi opsi menarik untuk mendapatkan motor idaman. Begitu pula jika harga baru Honda ADV 150 2021 terlalu tinggi, Anda bisa melirik motor bekasnya.
Memantau situs jual-beli online, untuk racikan tahun 2019 varian CBS dijual dari rentang Rp 26,5 juta sampai Rp 29 jutaan. Sedangkan untuk varian ABS, direntang Rp 29 juta sampai Rp 31 jutaan.
Kemudian untuk Honda ADV 150 rakitan 2020, varian CBS dilepas dari Rp 27 juta sampai Rp 31,4 juta. Lalu untuk varian ABS mulai dari Rp 29 jutaan sampai Rp 35 jutaan.
Selisih harganya lumayan lebih murah tapi bisa dapat motor bekas tahun muda dengan kondisi masih segar. Kembali lagi harga jual pastinay terkait dengan kondisi dan lokasi.
Kesimpulan
Untuk yang ingin memiliki skutik premium bermesin 150 cc kasta tertinggi, Honda ADV 150 2021 pilihannya. Secara penampilan jauh berbeda dari pemain sekelas, namun fitur dan kelengkapan pendukungnya juga paling lengkap.
Penggemar touring pastinya akan sangat dimanjakan dengan Honda ADV 150 2021, ground clearance cukup tinggi, konsumsi bahan bakar irit, bagasi besar dan karakter suspensi long travel yang empuk akan sangat memanjakan.
Tapi untuk beberapa orang, dimensi dan bobotnya akan terasa agak menyulitkan. Belum lagi harga jualnya juga menjadi yang paling tinggi. Meski begitu, secara keseluruhan Honda ADV 150 2021 merupakan salah satu pilihan skutik terbaik saat ini.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil