Pilih All New Honda CBR150R 2021 atau Yamaha R15 2021? Daripada Galau, Simak Dulu Komparasinya
Ary · 13 Jan, 2021 18:47
0
0
Beberapa tahun terakhir, Yamaha YZF-R15 seolah menjadi opsi terbaik para pemilih motor sport entry level. Saat itu, dari segi harga ia memang lebih mahal dari sang pesaing utama yakni Honda CBR150R. Tapi, selisih itu dibayar untuk mendapatkan sepasang fork upside down (USD) beserta Assist & Slipper Clutch (ASC). Sementara pada generasi keempatnya, CBR150R belum punya kedua perangkat tersebut.
Barulah di awal tahun ini, langkah itu diikuti PT Astra Honda Motor (AHM) pada All New Honda CBR150R 2021. Seperti si rival, generasi kelima CBR150R itu sudah dilengkapi dengan USD maupun ASC tadi.
Tak cuma itu, revisi desain pun dilakoni pabrikan demi penyegaran. Agresif karena tampangnya mengadopsi bentuk khas All New Honda CBR250RR 2021. Daripada galau menimbang kedua produk, mari kita simak komparasi All New Honda CBR150R dan Yamaha R15 2021.
Desain Agresif CBR150R 2021 Vs Desain Aerodinamis Yamaha R15
Lantaran ubahan ini pula, All New CBR150R 2021 tampak berotot. Kesan bulky terlihat dari bentuk cover dan posisi dual headlamp mendatar. Tentu setali tiga uang dengan kakaknya. Termasuk keberadaan daytime running light (DRL) LED yang terintegrasi dengan sein di atasnya. Itu kenapa Anda tidak lagi melihat batang sein yang sebelumnya ada di fairing CBR150 lama.
Di model sebelumnya, posisi penerangan utama dibuat miring dan tidak ada aplikasi DRL. Kesan sporty berkat cover depan landai tersemat pula pada CBR150R. Bagian ini juga yang menjadi pembedanya dari generasi pendahulu.
Sementara penampilan Yamaha R15 2021, masih sama seperti penyegarannya terakhir kali. Khusus area windscreen memang sedikit lebih tinggi dibanding kompetitor. Kendati begitu, bukan berarti pihak Yamaha Indonesia lantas melupakan unsur aerodinamika si motor. Toh, ia diuntungkan dengan bentukan muka nan ramping. Selain itu, terdapat lubang bak ram air diantara sepasang lampu utama LED-nya. Sayang, hal itu belum menjadi terapan standar lampu sein.
Walau begitu, menurut kami desain R15 masih boleh diadu. Apalagi, fairing model bertingkat R15 ikut dibuat singset sebagai langkah penyelarasan muka. Sebaliknya pada CBR150R 2021. Bagian tersebut tampak lebih tebal yang tentu saja wujud penyesuaian dari cover depan anyarnya tersebut. Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, nuansa atraktif pada Yamaha R15 maupun Honda CBR150R dibungkus oleh pemikat berupa fork dengan suspensi model tabung terbalik.
Honda CBR150R Makin Berat, Tapi Lebih Ramping dari Yamaha R15
Tahapan membandingkan keduanya jelas merujuk kepada struktur rancang bangun. Penilaian akan hal ini penting mengingat kategorisasi Yamaha R25 dan Honda CBR150R di kelas motor sport pemula. Pembeli yang baru naik kelas dari skutik atau bebek, tentu enggan diintimidasi. Hal ini nyatanya menjadi perhatian bagi dua merek Jepang.
Kami sepakat apabila Anda menilai All New CBR150R 2021 lebih besar. Demikian adanya, meski hanya berselisih pada penghitungan lebar tubuh saja. Dimensinya kini adalah 1.983 x 700 x 1.077 mm (P x L x T).
Tak cuma itu, bobot si model anyar pun ikut bertambah. Sebagai contoh pada CBR150R non-ABS, dari sebelumnya 135 kg menjadi 137 kg. Dengan begitu, CBR150R 2021 punya bobot setara dengan Yamaha R15 yang memang sudah disetel demikian (berbobot 137 kg).
Perbandingan Rancang Bangun
All New Honda CBR150R 2021
Yamaha R15 2021
Tipe Rangka
Diamond (truss) Frame
Deltabox
Suspensi Depan
Inverted Telescopic Front Suspension/upside down
Inverted Telescopic Front Suspension/upside down
Suspensi Belakang
Swing Arm with Monoshock (Pro-Link) System
Swing Arm with Monoshock (Pro-Link) System
Ban Depan
100/80-17M/C 52P
100/80-17M/C 52P
Ban Belakang
130/70-17M/C 62P
140/70-17M/C 62P
Rem Depan
Wavy Disc Brake
Disc Brake
Rem Belakang
Wavy Disc Brake
Disc Brake
Panjang X Lebar x Tinggi
1.983 x 700 x 1.077 mm
1.990 X 725 X 1.135 mm
Jarak Sumbu Roda
1.310 mm
1.325 mm
Tinggi Tempat Duduk
782 mm
815 mm
Jarak Terendah ke Tanah
160 mm
155 mm
Bobot
137 kg / 139 kg (ABS)
137 kg
Bukan cuma itu. Dibalik tubuh rampingnya Yamaha R15 punya dimensi 1.990 X 725 X 1.135 mm. Bila disandingkan, jelas ia punya postur lebih besar dari si lawan. Ini lantas dikombinasikan Yamaha lewat rancangan ketinggian jok 815 mm dan ground clearance 155 mm.
Sementara ditilik dari motor sport Honda, tinggi joknya hanya 782 mm, meski untuk jarak kolong sedikit lebih tinggi yaitu 160 mm. Mengenai jarak sumbu roda, kalkulasi CBR150R sedikit lebih pendek (1.310 mm) sedangkan R15 punya penghitungan 1.325 mm.
Performa Yamaha R15 Unggul Jauh Dibanding Honda CBR150R
Keuntungan jika Anda membeli Yamaha R15 didapat pada sektor performa. Mesin SOHC 155,1 cc berikut sematan teknologi VVA (variable valve actuation) membuatnya sanggup menorehkan daya 19 Hp di 10.000 rpm. Untuk torsi tercapai adalah 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm. Catatan itu dicapai berkat racikan bore x stroke: 58,0 x 58,7 mm dan rasio kompresi 11.6 ± 0.4 : 1.
Honda CBR150R 2021 sendiri menggunakan jantung mekanik tipe DOHC. Namun, kubikasi totalnya hanya 149,16 cc. Masing-masing capaian output darinya adalah 16,8 Hp @9.000 rpm dan 14,4 Nm @7.000 rpm. Mengenai setelan diameter dan langkah piston serta kompresi sudah pasti berbeda. CBR150R disetel 57,3 x 57,8 mm dan 11,3:1.
Namun performa kedua motor sama-sama keluar dari translasi ke roda belakang via enam percepatan. Bahkan teruntuk CBR150R, boleh dikatakan selevel dengan R15. Kita tahu, motor sayap kepak sudah kedapatan perangkat Assist & Slipper Clutch. Ditujukan untuk mereduksi gejala ban belakang terkunci, akibat adanya engine brake saat proses downshift yang cepat. Selain itu, pembeli kedua motor bakal merasakan pengoperasian kopling lebih ringan.
All New Honda CBR150R 2021
Yamaha R15 2021
Tipe Mesin
DOHC empat langkah
SOHC VVA empat langkah
Kapasitas Mesin
149,16 cc
155,1 cc
Suplai Bahan Bakar
PGM-FI
Injeksi
Bore x Stroke
57,3 x 57,8 mm
58,0 x 58,7 mm
Rasio Kompresi
11,3:1
11.6 ± 0.4 : 1.
Tenaga maksimal
16,8 Hp @9.000 rpm
19 Hp @10.000 rpm
Torsi Maksimal
14,4 Nm @7.000 rpm
14,7 Nm @8.500 rpm
Transmisi
Manual enam percepatan
Manual enam percepatan
Sistem Pendingin
Cairan
Cairan
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
12 liter
11 liter
Kapasitas Pelumas
1,1 liter
1,05 liter
Honda CBR150R 2021 Lebih Murah, Opsi Juga Variatif
Saat peluncurannya kemarin, kita tahu bahwa banderol All New Honda CBR150R 2021 naik, Rp 35,9 juta untuk versi terbawah. Saat kami tilik dengan harga jual CBR150R lama di varian standar (non-ABS), kenaikannya ternyata hanya Rp 600 ribu saja. Jelas tidak signifikan dengan perlengkapannya sekarang. Nominal itu, bahkan masih lebih murah dari Yamaha R15 2021 yang dipatok Rp 37,080 juta.
Lain halnya jika Anda membidik varian Yamaha R15 berlivery Yamaha MotoGP Edition. Penetapan harga jual tipe atas ini adalah Rp 37,685 juta. Ya, terpaut jauh dengan banderol dari tipe selevel milik Honda. Varian CBR150R MotoGP Edition milik mereka dilepas Rp 40,8 juta.
Ada opsi bila dirasa kepalang mahal. Anda dapat mengarahkan bidikan ke varian lain berkelir Victory Black Red dan Dominator Red Black dengan harga Rp 39,9 juta atau Racing Red (40,6 juta). Jauh lebih mahal memang. Tapi perlu diingat, versi ini sudah berpelengkap sistem pengereman ABS (anti-lock braking system). Di sisi lain, inilah satu perlengkapan yang tak dipasangkan Yamaha terhadap Yamaha R15.
Kesimpulan
Di awal tahun ini, AHM memang memberikan kejutan karena menjadi pemegang merek pertama yang meluncurkan produk baru. Sedikit di luar ekspektasi lantaran dikira bakal merilis Honda PCX 160 terlebih dulu. Kendati begitu, hal baru didapat oleh para pemburu motor sport entry level.
Sasaran jelas tak lagi mengarah kepada Yamaha R15 2021, berkat kemunculan All New Honda CBR150R 2021. Secara desain jauh lebih fresh karena menganut konsep CBR bermesin seperempat liter. Tapi, ketersediaan suspensi depan USD dan Assist & Slipper Clutch, jelas menyetarakan kedudukan CBR150R dengan R15.
Satu-satu pembeda besar terlihat pada muntahan daya di mana R15 unggul dengan kubikasi 155 cc. Tapi dari harga jual serta opsi, generasi terbaru CBR150R sedikit bersahabat. Selain itu juga, ada beberapa opsi lain andaikata Anda memilih CBR150R tipe ABS.
Di sisi lain, rem bersensor tak dapat ditemui pada Yamaha R15. Positifnya, Anda tetap bisa membeli tipe termahal (MotoGP Edition) kuda besi garpu tala dengan banderol di bawah Rp 40 juta.
Daftar Harga All New Honda CBR150R 2021
Daftar Harga Yamaha R15 2021
CBR150R Victory Black Red Non ABS: Rp 35,9 juta
Yamaha R15 standar: Rp 36,080 juta
CBR150R Dominator Red Black Non ABS: Rp 35,9 juta
Yamaha R15 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition: Rp 37,685 juta
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!