PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) akhirnya ikut meramaikan pasar motro sport 150 cc, setelah pada tahun 2017 lalu merilis Suzuki GSX-R150. Motor tersebut juga berstatus sebagai produk global yang diproduksi lokal di Indonesia.
Namun kehadirannya bukanlah yang pertama, jauh sebelumnya SIS sempat memiliki motor sport fairing, yang kala itu belum seramai saat ini. Motor dimaksud adalah Suzuki FXR 150, dan penjualannya relatif singkat hingga akhirnya SIS setop penjualannya.
Pasar pun beralih. SIS pun terus merilis motor lain jenis bebek, dan yang fenomenal adalah Suzuki Satria F150 hingga menjadi salah satu produk fenomenal dan favorit anak muda, karena mesinnya yang dikenal kencang. Motor itu pun terus berubah hingga mengadopsi teknologi injeksi.
Dengan mengambil basis mesin Suzuki Satria F150 terbaru tadi, Suzuki menghadirkan kembali motor sport fairingnya. Diharapkan kehadirannya bisa mendongkrak kiprah dan penjualan pabrikan secara nasional. Motor ini pun memiliki sejumlah keungulan dari para kompetitornya.
Desain Suzuki GSX R150 2021
Sesuai dengan imbuhan nama GSX. Aura GSX R series yang menjadi motor legendaris dari Suzuki, diturunkan ke motor dengan kapasitas mesin yang lebih kecil.
Suzuki GSX-R150 dengan tampilan yang lebih agresif, namun jika dibandingkan dari kompetitor desain Suzuki GSX-R150 terbilang sederhana dan tidak berlebihan. Dimensi dari Suzuki GSX-R150 memiliki panjang 2.020 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1,075 mm.
Dimensi yang ramping menjadi salah satu nilai plus bagi Suzuki GSX-R150 2021, yang mana motor ini bisa bermanuver lebih mudah didalam kota dengan situasi lalu lintas yang padat.
Suzuki GSX-R150 dibekali mesin dari Suzuki Satria F150 terbaru. Ubahan yang diberikan SIS hanya pada sistem injector dengan jumlah 10 lubang untuk bisa mendapatkan performa lebih baik. Suzuki GSX-R150 dibekali mesin 147,3 cc silinder tunggal berpendingin cair, 6 speed mampu memberikan tenaga 19,1 PS di 10.500 rpm dan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm.
Motor sport bike Suzuki bukanlah motor bertenaga kecil dikelasnya, perbandingan diatas kertas membuat Yamaha YZF-R15 lebih unggul dengan tenaga 19,3 PS di 10.000 rpm berkat dukungan teknologi VVA dan Honda CBR150R memiliki tenaga yang paling kecil yaitu 17,1 PS pada 9.000 rpm.
Fitur Suzuki GSX-R150 2021
Diawal pengenalan PT SIS secara bangga membawa Suzuki GSX-R150 dengan beberapa fitur unggulan seperti kunci Keyless. Yang mana fitur ini membuat pengendara lebih mudah ketika menyalakan dan mematikan motor. Hanya cukup mengantongi remote tanpa harus mencolok dan mencabut kunci.
Suzuki GSX-R150 2021 dibekali penerangan utama lampu LED berwarna putih, sementara untuk pencahayaan lain masih menggunakan lampu bohlam. Dalam keadaan darurat Suzuki GSX-R150 2021 sudah memiliki lampu hazard.
Sistem keamanan lainnya ada pada teknologi ABS yang bakal mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Tidak hanya itu saja, Anda bakal dipermudah untuk melihat indikator spidometer yang sudah digital. Namun sayangnya rival di kelas ini juga sudah menggunakan fitur serupa. Mulai dari lampu LED, indikator spidometer digital, fitur ABS.
Bahkan urusan soal fitur Honda CBR150R 2021 lebih unggul dengan adanya Emergency Stop Signal (ESS) ketika pengereman mendadak, suspensi depan upside down dengan tipe SFF-BP berlabel Showa. Dan tersemat juga fitur assist and slipper clutch.
Jika kita rangkum mulai dari desain, mesin dan fitur tentunya Suzuki GSX-R150 bersaing ketat dengan rivalnya. Untuk melawan dua pabrikan Jepang lainnya tidak semudah yang dibayangkan. Nama besar Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15 sudah melekat dan terbukti dalam lintasan atau harian.
Namun dari penjabaran diatas ada beberapa kesimpulan untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari Suzuki GSX R150 2021.
Kelebihan Suzuki GSX R150
Harga Jual Lebih Terjangkau
Dari pertama diperkenalkan hingga Juni 2021 Suzuki GSX-R150 punya harga yang cukup terjangkau dikelasnya, varian terendah memiliki harga Rp 31 juta dan varian tertinggi dijual Rp 36 juta on the road Jakarta.
Sementara jika melihat kompetitor, Honda CBR150R Series dilabeli harga mulai dari harga Rp 36,18 juta sampai varian tertingginya yakni Honda CBR150R MotoGP edition ABS yang dilepas Rp 41,08 juta on the road Jakarta. Dan pabrikan Garpu Tala Yamaha YZF-R15 dijual Rp 37,28 juta dan varian tertinggi MotoGP edition dijual Rp 37,685 juta.
Berkat basis mesin injeksi dari Suzuki Satria F150, Suzuki GSX-R150 bisa diandalkan di dalam lintasan dan harian, walaupun tenaga dari YZF-R15 lebih besar, sayangnya bobot dari motor ini mencapai 137 kg. Dan ukuran ban yang terbilang lebar 100/80-17 ukuran depan dan 140/70-17 ukuran belakang.
Sementara Suzuki GSX-R150 berbobot lebih ringan yaitu 131 kg, ukuran ban depan 90/80-17 dan belakang 130/70-17. Jadi bukan masalah bagi Suzuki GSX-R150 untuk bersaing di dalam lintasan dengan Yamaha YZF-R15.
Kekurangan Suzuki GSX R150 2021
Tidak etis rasanya kalau kami hanya menjabarkan kelebihan dari motor ini. Beberapa kekurangan dari Suzuki GSX R150 adalah motor sport fairing yang konsumsi bahan bakarnya relatif boros.
Dengan hasil test dijalanan untuk 1 liter bensin hanya bisa menempuh 35,5 km. Kapasitas tangki yang hanya 11 liter membuat motor ini hanya bisa berjalan kurang lebih 390,5 km dalam kodisi bensin terisi full.
Namun dengan performa yang didapat dan tenaga mesin yang keluar pada putaran tinggi, rasanya hal tersebut masih terhitung wajar. Tapi dengan harga paling terjangkau, motor ini layak untuk dipertimbangkan.