PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali memberikan penawaran menarik untuk peminat Kawasaki W175TR. Menjelang Lebaran ini, pihak pabrikan memberikan promo pembelian yang cukup menggoda. Lumayan besar karena nominal diskonnya tembus Rp5 juta!
Berdasarkan unggahan di akun resmi media sosialnya sepekan lalu, terpampang bahwa motor bergaya trackernya tersebut mengalami perubahan harga. Misalnya pada unit Kawasaki W175TR tipe standard yang kini dibanderol Rp24,9 juta. Terdapat penurunan sebesar Rp 5 juta dari penetapan harga di situs resmi PT KMI, sebesar Rp29,9 juta.
Diskon Kawasaki W175TR ini sejatinya sudah sempat ditebar Kawasaki Indonesia di ajang IIMS Hybrid 2021 lalu. Hanya saja, kali itu potongan cuma diberikan pada varian terbawah saja. Bedanya, kali ini program tersebut juga berlaku untuk tipe teratas. Dituliskan pada postingan serupa, Kawasaki W175TR SE (Special Edition) sekarang dijual Rp28,9 juta. Turun sebanyak Rp3,4 juta dibanding harga sebelumnya Rp32,3 juta.
Menariknya lagi, kedua harga tersebut sudah berstatus on the road. Hanya saja, tak semua calon konsumen bisa mendapatkan program Kawasaki W175TR kali ini. Pasalnya, korting ini cuma berlaku untuk pembelian di wilayah Jadetabekser saja. Jika pun tertarik, segera sambangi diler Kawasaki terdekat di kota-kota tersebut. Mengingat tak ada keterangan detail mengenai sampai kapan penawaran ini berlaku.
Meski berbasis kepada Kawasaki W175, perancangan W175TR mengalami beberapa perbedaan. Mulai dari setang, tangki bensin, jok sepatbor, knalpto hingga dudukan plat nomornya, tak sama dengan pemilik rancang bangun. Kawasaki W175TR juga didesain untuk bisa melahap medan light off road, lantaran punya ground clearance lebih tinggi dari Kawasaki W175.
Perbedaan Tipe Standard dan Special Edition
Lantas, apa yang membedakan Kawasaki W175TR Standard dan Kawasaki W175TR SE? Jawaban pertama sudah barang tentu merujuk kepada harga. Berkaca kepada penetapan harga terbaru Kawasaki W175TR di atas, terdapat selisih Rp4 juta. Dengan selisih itu, pembeli Kawasaki W175TR SE mendapatkan penambahan aksesori yang tak disediakan pada varian standar.
Tampilan W175TR SE tampak lebih dinamis lantaran mendapatkan decal pada area tangki bensin. Sebaliknya, tampungan bahan bakar W175TR Standard cuma dilabur kelir dasar saja. Lantas jok kepunyaannya, cuma polos dengan warna hitam saja. Berbeda dengan W175TR SE yang punya desain tuck and roll seat serta opsi warna coklat dan hitam.
Diferensiasi dari varian teratas juga bisa dilihat pada sematan nuansa krom pada list panel meter. Lalu ada pula skid plate atau pelindung mesin dan knalpot dengan pewarnaan senada. Sematan keduanya menjadi begitu kontras diantara bagian kaki-kaki yang berwarna hitam. Termasuk pelek yang nyatanya menjadi pembeda lain dengan W175TR Standard.
Terakhir ialah soal pilihan warna. Pembeli Kawasaki W175TR Standard hanya akan mendapatkan kelir berwarna putih saja. Lain hanlnya dengan Kawasaki W175TR SE yang menyediakan tiga pilihan warna yaitu hitam, hijau dan kuning. Khusus pemilih varian berwarna kuning dan hitam, mendapatkan sentuhan tambahan berupa shock absorber warna merah.
Ramah Pengendara meski Output tak kepalang Spesial
Kawasaki W175TR sendiri terbilang menarik untuk dibeli. Selain desain bak motor lawas yang memang tengah digandrungi, perancangannya pun sangat bersahabat. Dari tangki bensin berkapasitas 13,5 liter saja sudah menerangkan perawakan nan ramping. Lalu diterangkan lagi melalui total ukuran 1.930 x 765 x 1.030 mm (P x L X T) dan ground clearance 165 mm.
Untuk performa memang tak kepalang spesial. Dengan mesin SOHC satu silinder berkapasitas 177 cc, Kawasaki W175TR sanggup menorehkan daya 13 PS &7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm @6.000 rpm. Keseluruhan output tersalur ke roda belakang via transmisi 5 percepatan.
Lantaran pula mengusung tema motor klasik, maka jangan harap ada teknologi modern di motor ini. Sebagai contoh sistem penerangan. Semua lampu pada motor ini masih menggunakan lampu jenis bohlam. Kemudian panel meter yang seluruhnya ditampilkan secara analog. Termasuk pula sistem pengabutan bahan bakar, masih karburator (Mikuni VM24). Tertarik untuk membelinya?
Spesifikasi Kawasaki W175TR
Tipe Mesin
4-stroke, SOHC, air-cooled
Jumlah Silinder
Silinder Tunggal
Diameter x Langkah
65.5 x 52.4 mm
Perbandingan Kompresi
9.1:1
Tenaga Maksimum
13 PS @7,500 rpm
Torsi Maksimum
13.2 Nm @6,000 rpm
Volume Silinder
177 cc
Tipe Transmisi
Manual, 5 percepatan
Sistem Penagbutan bahan bakar
Karburator Mikuni VM24
Panjang x Lebar x Tinggi
1.930 x 765 x 1.030 mm
Jarak Poros Roda
1.275 mm
Jarak Terendah ke Tanah
165 mm
Tinggi Tempat Duduk
805 mm
Berat
120 kg
Suspensi Depan
Telescopic Form ( Inverted )
Suspensi Belakang
Swingarm, dual shock absorbers with spring preload adjustability
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!