Sederet Daya Tarik Kawasaki W175 TR 2022, Motor Penjelajah Bernafas Retro
Ilham · 26 Jan, 2022 09:30
0
0
Punya tampilan ala street scrambler lawas
Mesinnya 175 cc
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis motor sport retro bergenre dual purpose Kawasaki W175 TR pada tahun 2019 silam. Saat itu, animo konsumen motor yang disebut oleh Kawasaki berkelas street scrambler itu cukup baik.
Terbukti, dalam kurun 2 bulan setelah peluncurannya, sudah ada 1.000 konsumen yang membeli motor trail bergaya lawas tersebut. Dan kini, Kawasaki W175 TR 2022 tetap hadir dengan mempertahankan kesan lawasnya. Sehingga cocok dipinang bagi penikmat motor bertampang jadul.
Secara basis mesinnya tetap bertipe SOHC pendingin udara 175 cc, karburator yang sama dengan Kawasaki W175. Sehingga tampilan retronya jadi makin kentara. Lalu apa saja poin-poin yang bisa jadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih Kawasaki W175 TR 2022? Yuk, kita tengok.
Motor-motor trail atau dual purpose sudah jadi idola di Indonesia sejak jaman dulu. Sebut saja Suzuki TS 100 atau Yamaha DT 100 yang sering muncul jadi 'motor penjahat' di scene film-film lawas Indonesia.
Lupakan dulu sosok Yamaha WR155R, Honda CRF150L atau Kawasaki KLX 150. Karena tampang motor trail jaman dulu identik dengan kesan sederhana.
Seperti penggunaan tangki tear drop, sepakbor depan tinggi minimalis, double shockbreaker dan tentu saja headlamp bulat. Nah, kesan jadul inilah yang diangkat oleh Kawasaki W175 TR 2022.
Pasalnya, motor berbasis sport classic Kawasaki W175 itu dilengkapi dengan lampu utama bulat. Lalu ada sepakbor depan tinggi berdesain minimalis yang menempel di segitiga bawah.
Tangkinya pun lebih kecil ketimbang model standarnya. Selanjutnya desain jok juga berubah. Meski tak terlalu kentara, tapi jok di Kawasaki W175 TR 2022 lebih rata dengan ujung belakang tinggi ketimbang versi standarnya.
Menyasar segmen yang berbeda dari Kawasaki W175 yang dirancang khusus jalan raya, di Kawasaki W175 TR 2022 lebih ditujukan ke arah dual purpose. Hal ini dapat ditilik dari sektor kaki-kaki dan kelengkapannya.
Seperti hadirnya suspensi depan bercover karet dengan travel yang lebih tinggi 35 mm dari varian standar. Lalu sokbreker belakang yang juga ukurannya lebih panjang 27 mm dari model Kawasaki W175. Hal ini tentu berpengaruh ke ground clearance yang lebih tinggi untuk melibas jalanan jelek.
Pun demikian dengan engine guard di bagian bawah mesin. Serta adanya knalpot model upswept megaphone yang membantu akselerasi di putaran bawah ke tengah.
Meskipun bisa dilihat, kombinasi ban yang dipakai masih bertipe jalan raya dengan ring 17 inci. Velg tersebut berlapis ban berukuran 80/100-17 depan, serta 100/90-17 belakang.
Untungnya sepakbor di bagian depan dan belakangnya terbilang tinggi. Sehingga buat pecinta modifikasi yang ingin mengawinkan kaki-kaki ala Kawasaki KLX 150 yang punya kombinasi 19 inci di depan dan 17 inci di belakang, masih bisa dilakukan.
Harga Terjangkau
Saat ini harga on the road dari Kawasaki W175 TR 2022 tercatat Rp 32,5 juta di situs resmi KMI. Namun ada promo menarik untuk Kawasaki W175 Series yang membuatnya kini dapat ditebus Rp 29 jutaan saja.
Hanya ada satu pilihan warna, yakni hijau tua dengan kombinasi grafis abu-abu pada bagian tangkinya. Jadi nggak perlu custom lagi. Gimana, gaskan gak nih?