Tak Lagi Impor, Filipina Akan Produksi Sendiri Yamaha Nmax 155 2021 dan Aerox 155 2021
Harry · 25 Feb, 2021 12:33
0
0
Produksi skutik bermesin 155 cc PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak hanya dibuat untuk pasar domestik saja, tapi juga pasar ekspor kebanyak negara. Salah satu negara tujuan ekspor adalah Filipina.
Negara tersebut sudah menikmati Yamaha Nmax 155 dan Yamaha Aerox 155 sejak beberapa tahun lalu, dengan status produk impor dari Indonesia. Kedua model skutik tersebut laris manis di pasaran setempat.
Yamaha Nmax 155 generasi terbaru bahkan sudah beredar di sana tak lama setelah kehadirannya di Indonesia. Kabarnya masyarakat Filipina kini harus menunggu cukup lama untuk bisa memilikinya, karena terbatasnya kuota impor.
Tahun lalu, Yamaha Nmax 155 2021 terjual hingga 92.452 unit, naik tipis dari tahun 2019 yang mencapai 90.048 unit. Meski dihantam pandemi, penjualan skutik tersebut masih tetap kuat.
Begitu juga dengan Yamaha Aerox 155, skutik yang di Filipina bernama Yamaha Mio Aerox tersebut juga mendapat sambutan positif. Namun sampai kini pihak Yamaha Filipina masih meniagakan model lama.
Waktu tunggu untuk bisa mendapatkan skutik 155 cc Yamaha di Filipina, dalam waktu dekat akan segera teratasi. Pasalnya pihak Yamaha Motor Philippines (YMP) kemarin (24/2/2021) meresmikan fasilitas produksinya yang baru.
Fasilitas produksi yang merupakan perluasan pabrik yang telah ada itu, difokuskan untuk memproduksi skutik 155 cc. Sejatinya fasilitas baru ini diresmikan sejak Agustus tahun lalu, namun diundur karena pandemi Covid-19, seperti dituliskan Topgear.
Dengan fasilitas baru tersebut, YMP akan mampu memproduksi hingga 300 ribu unit setiap tahunnya. Selain untuk meracik Yamaha Nmax 155 2021, kemungkinan besar juga akan memproduksi Yamaha Mio Aerox 155 terbaru.
Spesifikasi Yamaha Nmax 155 2021 dan Yamaha Aerox 155 Versi Filipina
Melihat sosok dan spesifikasi mesinnya, Yamaha Nmax 155 2021 versi Indonesia dan Filipina tak ada beda. Hanya opsi warna yang ditawarkan dengan hadirnya warna tech camo atau abu-abu gelap, yang tak ada di Indonesia.
Kemudian kelengkapan pendukung juga sama, seperti lampu LED depan-belakang, panel instrumen digital, handlebar switch control, power outlet, tangki 7,1 liter, bagasi seluas 23,3 liter dan lampu hazard.
Hanya saja, Yamaha Nmax 155 2021 versi Filipina tak ada opsi Connected seperti halnya di Indonesia. Absennya fitur konektivitas tersebut, kemungkinan untuk menekan harga jual mengingat statusnya yang produk impor.
Untuk informasi saja, Yamaha Nmax 155 2021 Filipina dilepas mulai dari Rp 34,7 jutaan untuk varian Standard dan Rp 38,9 jutaan untuk varian ABS. Total ada empat pilihan warna yakni phantom blue, midnight black, tech camo dan matte red.
Untuk Yamaha Aerox 155 versi Filipina, juga memiliki bentuk dan spesifikasi mesin yang sama dengan Yamaha Aerox 155 sebelumnya yang sempat beredar di Indonesia. Lagi-lagi hanya opsi warna yang berbeda, juga penggolongan dan namanya yang masuk kategori keluarga Mio Series.
Saat ini Yamaha Aerox 155 di Filipina dilepas mulai dari Rp 29,8 jutaan untuk varian Standard dan Rp 35,5 jutaan untuk varian Stop & Start System. Opsi warnanya ada race blu, black raven, vibrant orange, matte blue dan white.
Fitur Y-Connect
Seperti yang telah disinggung di atas, Yamaha Nmax 155 2021 versi Filipina belum dibekali teknologi konektivitas Y-Connect. Sementara fitur tersebut sudah bisa dirasakan pengguna di Indonesia.
Namun dengan fasilitas baru dan memproduksi sendiri kedua skutik 155 cc tersebut, rasanya hanya tinggal menunggu waktu untuk YMP mengenalkan teknologi Y-Connect. Apalagi pada situs resminya sudah ada penjelasan mengenai teknologi itu.
Dengan populasi dan penjualan sepeda motor yang besar, masyarakat Indonesia beruntung bisa mendapatkan produk sepeda motor dengan kelengkapan lebih baik dan jadi yang pertama bisa merasakan. Pun untuk update model-model yang ditawarkan, selalu mendapatkan update setiap tahunnya.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil