Test Ride Yamaha Aerox 155 Connected 2021, Pembuktian Skutik Favorit Anak Muda
Harry · 28 Mar, 2021 10:00
0
0
Dikenalkan pertama kali sejak 2016 lalu dengan bentuk yang berubah total dan kapasitas mesin ditingkatkan, Yamaha Aerox 155 VVA menyapa konsumen tanah air. Lalu dipenghujung tahun 2020 lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis generasi baru yang disebut Yamaha Aerox 155 Connected 2021.
Skutik ini disukai anak-anak muda lantaran penampilannya yang sporty dan juga dimensinya yang cukup besar juga gagah. Performa mesin Blue Core 155 cc yang jadi andalannya diklaim sangat memuaskan, namun tetap memiliki konsumsi bahan bakar yang masih terbilang hemat.
Tapi apakah benar skutik ini semenarik yang orang-orang bilang? Kami akan membuktikan sendiri dengan menguji langsung Yamaha Aerox 155 Connected 2021 tipe ABS untuk Anda.
Penilaian kami lakukan dengan menggunakan Autofun Rating System. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penilaian dengan Autofun Rating System, Anda bisa membacanya pada link di bawah ini.
Mesin 155 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan sokongan katup VVA (Variable Valve Actuation) sangat memuaskan. Jantung mekanis ini terasa ringan dan tanpa masalah menggerakkan skutik berbobot 125 kg.
Di atas kertas, mesin Blue Core yang menjadi andalannya ini memiliki rasio kompresi 11,6 : 1. Tenaga yang mampu dicapai diangka 15,36 PS pada 8.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 13,9 Nm di 6.500 rpm.
Respon mesinnya ini tergolong sigap. Akselerasi saat dipakai dikemacetan kota yang cenderung stop & go juga sangat menyenangkan. Untuk rider berkarakter agresif akan sangat menyukainya.
Saat membutuhkan akselerasi dari kecepatan menengah untuk menggapai kecepatan tinggi juga tak butuh effort berlebih, karena mesin akan langsung merespon. Hanya saja dari kecepatan menengah sampai atas (60-100 km/jam), pertambahan laju motor tak terlalu cepat.
Performa mesinnya ini kami uji menggunakan Racebox yang berbasis satelit dengan tester berbobot 74 kg. Hasilnya untuk berakselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 19,3 detik dan bisa dicapai dengan jarak 370 meter saja.
Kecepatan tertinggi yang muncul pada Racebox mencapai 101,2 km/jam. Kemudian untuk menempuh jarak 402 meter dibutuhkan waktu 20,46 detik. Selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.
Data Akselerasi Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Tipe Mesin
4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core
Transmisi
Otomatis CVT
Tenaga
15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi
13,9 Nm @ 6.500 rpm
Berat Isi
125 kg (Connected/ABS)
0-60 km/jam
6,1 detik
0-80 km/jam
10,5 detik
0-100 km/jam
19,3 detik
60-100 km/jam
13,1 detik
0-100 meter
8,24 detik
0-201 meter
12,78 detik
0-402 meter
20,4 detik
Top speed Spidometer
116 km/jam
Top speed Racebox
110 km/jam
Performa berkendara dari motor ini juga sangat memuaskan. Handling motor terasa ringan, dan minim gejala limbung kala melibas tikungan beruntun dengan cepat. Hal ini didukung performa pengereman yang cukup baik dengan cakram di depan dan tromol di belakang.
Saat mendudukinya, Yamaha Aerox 155 Connected 2021 ini terasa tinggi. Namun ketinggian jok yang mencapai 790 mm masih nyaman untuk rider berpostur 172 cm dan kaki pun bisa menapak permukaan jalan dengan nyaman.
Posisi setang yang agak rendah, membuat tangan pengendara masih santai. Namun area pijakan kaki hanya menyisakan sedikit ruang di bagian depan untuk sepatu berukuran 44. Wajar karena skutik ini berkonsep sporty.
Hanya saja yang menjadi catatan, busa jok terasa kaku dibanding model sebelumnya. Sehingga baru dipakai berkendara kurang lebih 30 menit, akan terasa panas pada bokong. Untungnya kulit jok yang digunakan tidak licin.
Melewati beragam kondisi jalan, cukup nyaman berkat karakter suspensi depan yang empuk, sayangnya mudah sekali bottoming (mentok). Sedangkan suspensi belakang karakternya terasa pas. Dipadu profil ban tebal, lubang kecil dan speed trap nyaman saja dilibas.
Kinerja mesin yang halus tentunya akan menambah kenyamanan berkendara. Pada Yamaha Aerox 155 Connected 2021 ini masih ada sedikit vibrasi halus yang terasa pada setang khas skutik 155 Yamaha. Namun gejala 'gredek' saat awal berakselerasi, tak terasa sama sekali.
Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : 19 / 30 Poin - Lumayan Irit
Dengan dipakai berkendara normal dan diisi menggunakan bahan bakar oktan 92, konsumsi bahan bakarnya tergolong masih irit. Apalagi juga sempat dipacu hingga kecepatan maksimal kala jalanan kosong.
Skutik ini kami pakai melewati beragam kondisi jalan dan lalu lintas, dengan total jarak tempuh 209,7 km. Hasilnya, pada informasi konsumsi bahan bakar rata-rata, muncul angka 43,1 km/liter.
Meski tak berbeda jauh, konsumsi bahan bakar sedikit lebih rendah kala dihitung menggunakan metode full to full. Konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 42,5 km/liter. Akurasi perhitungan pada panel meter sangat baik.
Detail Nilai Konsumsi Bahan Bakar
Konsumsi Bahan Bakar
11/20
Akurasi Indikator Fuel Meter
8/10
Total
19 / 30
Kualitas dan Fitur Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : 34/50 Poin - Salah Satu Yang Terbaik
Salah satu daya tarik untuk skutik ini adalah hadirnya warna baru yang disebut prestige silver, seperti pada unit yang kami pakai. Warna ini nampak mewah dan semakin mengesankan tampilannya yang sporty.
Kualitas plastik yang dipakai sudah cukup bagus, sambungan antar panel dan celah bodi juga rapat termasuk finishing part bodi yang halus dan rapi. Namun sedikit catatan untuk penutup konsol depan yang terasa kurang solid.
Soal fitur keselamatan, untuk varian tetinggi sudah cukup memadai dengan hadirnya rem ABS (Anti-lock Braking System). Juga Parking Brake Lock yang membuat motor tak mudah bergerak saat parkir atau berhenti di jalanan tak rata.
Penggunaan lampu depan LED dengan LED DRL juga menambah rasa aman saat berkendara malam hari. Jangan lupa posisi lampu sein yang terpisah, membuat nyalanya mudah terlihat oleh pengendara lain.
Pada konsol depan, terdapat sebuah USB Port yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone. Meski sayangnya, konsol ini tak terlalu dalam, sehingga tak bisa menampung smartphone ukuran sedang.
Panel meter digital yang jadi andalannya memiliki beragam informasi, seperti spidometer, takometer, fuel meter, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata dan aktual, jam digital, voltmeter, oil trip, v-belt trip hingga indikator VVA.
Jangan lupakan juga fitur Y-Connect yang membuat motor bisa terhubung dengan smartphone pengguna. Jika sudah terhubung, ada indikator baterai smartphone, indikator koneksi, indikator pesan dan indikator telfon pada layar panel meter.
Untuk bisa menggunakan fitur ini, kalian harus mengunduh aplikasi Y-Connect, mendaftar dan memasukkan VIN number kendaraan. Kemudian hubungkan lewat fitur Bluetooth. Kapan lagi dapat fitur konektivitas untuk skutik 155 cc bukan?
Detail Nilai Kualitas & Fitur
Kualitas Keseluruhan
Material
4/6
Kualitas Perakitan
4/6
Kualitas Cat
4/6
Fitur
Fitur Keselamatan
7/12
Akomodasi
7/10
Informasi
8/10
Total
34 / 50 Poin
Harga dan Biaya Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : 37 / 50 - Value For Money
Yamaha Aerox 155 Connected 2021 yang kami uji sudah berteknologi ABS, dilepas dengan harga Rp 29 juta. Ada pula varian ABS edisi MotoGP yang dilepas Rp 29,5 juta. Tapi untuk varian termurah bisa ditebus dengan Rp 25,5 juta tanpa menggunakan rem ABS.
Biaya perawatan untuk Yamaha Aerox 155 Connected di wilayah Jakarta, mulai dari Rp 85 ribu untuk servis ringan. Lalu servis CVT sebesar Rp 80 ribu. Lalu harga oli Yamalube Super Matic Rp 66,5 ribu. Biaya servis selengkapnya ada di bawah ini.
Dengan empat buah Kupon Service Gratis (KSG) yang disiapkan pabrikan, praktis dalam satu tahun pertama untuk merawat Yamaha Aerox 155 Connected tergolong sangat murah. Pabrikan juga memberikan garansi umum selama satu tahun / 12.000 km, lalu garansi kelistrikan dua tahun / 24.000 km, garansi mesin sampai tiga tahun / 36.000 km dan garansi forged piston & DiAsil Cylinder serta komponen FI hingga lima tahun / 50.000 km.
Skutik ini memiliki penampilan sporty dan gagah yang sesuai selera anak-anak muda. Fitur oke, performa memuaskan dan konsumsi bahan bakarnya juga terbilang irit walau dikendarai secara agresif.
Namun beberapa kekurangan kami temukan selama pengetesan, seperti suspensi depan yang terlalu empuk sampai mudah bottoming, jok yang terasa kaku dan tutup konsol depan yang terasa kurang solid.
Namun kekurangan-kekurangan tadi masih bisa diperbaiki dan dimaklumi. Dua varian yang ditawarkan terpaut Rp 3,5 juta dengan perbedaan hanya pada sistem pengeremannya yang pakai ABS.
Pada akhirnya Yamaha Aerox 155 Connected 2021 merupakan skutik yang layak dibeli, dan memiliki value for money yang cukup baik. Dengan segala keunggulannya tadi, tak heran jika skutik ini menjadi favorit anak-anak muda.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil