Yamaha MX-King 150 2021 Punya Warna Baru, Cukup Merayu Peminat Bebek Sport?
Ary · 14 Jan, 2021 14:48
0
0
Segmen moped alias motor bebek kian tergerus oleh pasar skutik. Belum lagi menjamurnya varian yang ditawarkan pihak pabrikan setiap tahun. Namun begitu, eksistensi si produk tak lantas dipendam begitu saja.
Toh, lini-lini tersebut masih tersedia di etalase pemegang merek. Sebagai contoh, sentuhan Yamaha Indonesia terhadap Yamaha MX-King 2021 di awal tahun ini. Lewat penawaran warna baru, bisalah merayu kembali peminat bebek sport di Tanah Air.
Seperti disampaikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pemilik jargon "The King of Street" ini sekarang punya tiga varian warna baru. Mulai dari Aggresive Red. Kelir merah begitu mendominasi area fascia, mulai dari cover lampu utama, bodi depan hingga samping seperti fairing pada motor sport-nya itu.
Khusus bagian ini, terdapat aksen hitam yang dibubuhkan pada penulisan nama model. Pewarnaan tersebut lantas memenuhi hingga ke bodi belakang motor. Tentu diikuti pula dengan penyematan decal beraksen merah-putih sebagai bentuk penyelarasan.
Pola senada jua didapat pada varian Sporty Black Yellow. Warna legam menghiasi sekujur tubuh Yamaha MX-King 2021 ini. Sementara sentuhan berwarna kuning diberikan pada area cover headlamp beserta area tengah dan decal.
Unit ini pun jauh lebih atraktif karena pelaburan warna terang tadi juga terdapat pada bagian pelek. Menjadi unik karena hanya disemprotkan ke roda depan saja. Sementara di belakang, hanya terdapat list kuning sebagai padu padan pelek hitam.
Selain keduanya, warna biru khas pabrikan juga masuk ke dalam katalog warna baru Yamaha MX-King 150 2021. Dikatakan pihak YIMM, varian Active Blue ini merupakan ciri khas warna Yamaha Racing. Otomatis pula menjadi dominan, bahkan memenuhi seluruh bagian motor.
Kelir biru itu pula yang Anda dapatkan pada pelek depan maupun belakang. Dengan begitu, Anda punya opsi beragam andaikata ingin meminang MX-King 2021.
Yamaha Indonesia mengatakan pengguna MX-King 150 di Indonesia cukup banyak. Hal itu ingin diteruskannya lewat keragaman opsi untuk pembeli MX-King 2021.
"Banyaknya penggemar MX-King 150 membuat kami konsisten menyegarkan tampilannya. Di bulan pertama tahun 2021 ini kami memperkenalkannya untuk konsumen yang ingin memiliki MX King 150 warna baru di tahun yang baru, agar lebih sporty dan fresh dengan beragam pilihan warna terbaik," ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA and Community PT YIMM
Desain Yamaha MX-King 150 2021 Sporty bak Motor Sport Fairing
Di kategorinya, MX-King 2021 punya desain agresif bak motor sport fairing. Sosok tersebut dituangkan pemegang merek pada fascia, lantas terapan bodi di bagian samping muka. Kesan itu nyatanya pun tak semata menjadi tema belaka.
Toh, pihak produsen ikut menyelaraskannya dengan riding position yang mendukung untuk dipacu dalam kecepatan tinggi. Tengok saja bentuk setang menekuknya. Lalu, jok datar pada sisi pengemudi. Konsep bebek sport kemudian dituntaskan lewat penggunaan jok bertingkat untuk penumpang serta desain sepatbor belakang menjulang.
Performa Yamaha MX-King 150 Masih Kalah dari Rival Utama
Konsep itupun kemudian diterjemahkan via rancang mesin yang terbilang mumpuni. Bekalan mesin SOHC satu silinder berikut racikan bore x stroke: 57 x 58,7 mm, membuatnya sanggup memuntahkan daya 15,1 Hp di 8.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal adalah 13,8 Nm, dijangkau sejak putaran 7.000 rpm.
Tapi, output hasil translasi lima percepatan itu nyatanya masih terpaut dari rival seperti Honda Supra GTR150R 2021. Torehan tenaga motor Honda itu menyentuh 16,09 Hp @9.000 rpm, dipadu torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm. Ia pun punya nafas lebih panjang karena penyaluran daya dan momen puntir ke roda belakang dilakoni transmisi enam percepatan.
Fitur Seperti Lampu Belakang dan Sein Konvensional
Modernitas sebetulnya ditranslasikan Yamaha via sematan lampu utama dan DRL berjenis LED. Sayang menjadi kontras lantaran lampu hemat daya itu belum menyentuh ranah penerangan belakang jua sein. Konvensional dan menjadi ironis lagi ketika memandangi panel meter.
Pasalnya, penyajian informasi seperti takometer, spidometer, indikator bensin, jumlah kilometer hingga transmisi pada MK-King 150 sudah sepenuhnya digital. Bahkan kekinian karena punya lampu latar berwarna biru.
Harga Yamaha MX-King 150 Lebih Mahal
Untuk diketahui, harga Yamaha MX-King 2021 sekarang ini dipatok Rp 24,075 juta on the road Jakarta. Penetapan banderolnya ternyata sedikit lebih mahal dari kompetitornya tadi. Honda Supra GTR150 2021 misalnya, versi termurah masih dijual Rp 24,050 juta.
Tak kepalang jauh, walau ada kecenderungan khalayak memilih produk milik kubu sayap kepak. Keunggulan darinya hanya ada di timbangan berat badan yaitu 118 kg. Sementara berat badan motor Honda adalah 119 kg. Tapi, selisih minor itu jelas tak terasa dengan gap performa keduanya tadi bukan?
Yamaha MX-King 150 Bermesin 155 cc VVA
Satu-satunya cara tentu dengan meningkatkan sektor jantung mekanik. Toh, di negara tetangga seperti Vietnam, pabrikan garpu tala sudah merilis Yamaha Exciter 2021. Disebutkan dalam pemberitaan kami sebelumnya, kembaran Yamaha MX-King 150 sudah mengadopsi mesin SOHC berteknologi VVA (variable valve actuation) berkubikasi 155 cc. Diameter dan langkah pistonnya adalah 58 x 58,7 mm, sama seperti ramuan pada Yamaha YZF-R15 2021 - hanya beda perbandingan rasio kompresi.
Melihat investasi yang dipunya YIMM saat ini (produsen Yamaha R15), harusnya bukan hal sulit untuk diterapkan terhadap Yamaha MX-King 150. Terlebih saat berkaca dari catatan saudara beda negaranya itu. Di atas kertas, klaim tenaga maupun torsi masing-masing menyentuh 17,7 Hp di 9.500 rpm dan 14,4 Nm @8.000 rpm.
Nilai tambah bagi pembeli versi anyar pun berlimpah karena MX-King versi Vietnam sudah mendapatkan penambahan perangkat berupa Assist & Slipper Clutch, fitur pengisi daya ulang gawai hingga kapasitas tangki bahan bakar 5,4 liter.
Kesimpulan
Di kategorinya, MX-King 2021 punya desain agresif bak motor sport fairing. Sosok tersebut dituangkan melalui tampilan depan hingga belakang. Bahkan diselaraskan lagi dengan posisi berkendara. Memang tak ada perubahan seperti kembaran Yamaha MX-King di Vietnam. Sebaliknya, Yamaha Indonesia hanya memberikan penyegaran berupa pilihan warna baru saja.
Walau begitu, bisa jadi penawaran baru ini menjadi jembatan sebelum dirilisnya Yamaha MX-King 150 2021 bermesin VVA 155 cc. Dengan kata lain, menjadi cara mereka untuk menghabiskan stok lini yang sudah diproduksi. Setelah itu, barulah menjalankan produksi MX-King 150 terbaru sebagai penerus generasi lama. Layak ditunggu!
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!