window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bentuknya Kecil, Tapi Bagasi Honda ICON e: Tembus 26 Liter!

Fariz · 19 Des, 2024 15:00

Bentuknya Kecil, Tapi Bagasi Honda ICON e: Tembus 26 Liter! 01

Honda ICON e: punya 5 pilhan warna.
  • Dibanderol Rp 28 juta OTR Jakarta.
  • Bisa memuat helm half face dengan mudah.

Akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menjual motor listrik terbarunya, Honda ICON e: dengan harga jual Rp 28 juta on the road Jakarta sudah termasuk charger dan baterai.

Ini membuat harga Honda ICON e: jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Honda EM1 e: yang sudah lebih dulu meluncur.

Secara dimensi kedua motor tersebut bisa dikatakan mirip, begitu juga dengan desain lampu serta spesifikasi kaki-kaki.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Roda depan menggunakan lingkar 12 inci yang dibalut ban 90/90-12 dan untuk belakang pakai lingkar roda 10 inci dengan ban 100/90-10.

Bagasi

Dibalik konsep "Advance – Compact" yang diusungnya, ternyata terdapat ruang bagasi yang cukup luas, mencapai 26 liter.

Baca juga: Motor Listrik Honda Terbaru Dijual Rp 28 Juta, Sudah Termasuk Baterai dan Charger

Bentuknya Kecil, Tapi Bagasi Honda ICON e: Tembus 26 Liter! 01

Ruangnya menjorok ke sisi bawah.

Meski tidak terlalu lebar, namun desain bagasi di bawah joknya ini menjorok ke dalam sehingga bisa membawa barang dengan dimensi agak tinggi, termasuk sebuah helm.

Hal tersebut kami buktikan dengan memasukan sebuah helm half face Nolan N40-5 yang bisa langsung masuk ke bagasi ICON e: dengan sangat mudah.

Selain itu masih terdapat ruang di sisi depannya yang bisa digunakan untuk menyimpan barang bawaan seperti tas kecil, jaket, juga jas hujan.

Posisi Baterai Honda ICON e:

Luasnya ruang bagasi pada ICON e: ini karena posisi baterainya yang bukan di bawah jok seperti EM1 e:, melainkan berada di bawah pijakan kaki pengendara.

Baca juga: Berita Populer : Calon Motor Baru Yamaha dan 3 Tipe Honda PCX 160

Bentuknya Kecil, Tapi Bagasi Honda ICON e: Tembus 26 Liter! 02

Helm half face bisa disimpan dengan mudah.

Jadi wajar kalau pijakan kaki pengendara terlihat tebal, karena di dalamnya terdapat sebongkah baterai lithium-ion yang bisa dilepas seberat 11,4 kg dengan spesifikasi 48 V 30,6 Ah.

Pengisiannya bisa langsung colok soket di motor atau membawa baterai ke dalam rumah atau ruangan tertentu, 0-100% bisa dicapai dalam 7 jam 20 menit dan kapasitas 25-75% bisa selesai dalam waktu 3 jam 30 menit.

Baterai yang tertanam pada dek bawah motor ini mampu membawanya berkendara sejauh 53 km dengan sekali pengisian. 

Honda ICON e: menggendong motor listrik dengan tenaga maksimal 1,81 KW yang mampu melaju hingga 55 km/ jam.

Baca juga: Meluncur di Jawa Barat, Honda Scoopy Terbaru Dilepas Mulai Rp 22 Jutaan

Bentuknya Kecil, Tapi Bagasi Honda ICON e: Tembus 26 Liter! 03

Posisi baterai ada di bawah kaki pengendara.

Terdapat riding mode ”ECON” untuk pengendaraan yang lebih irit baterai, dan ”STD” untuk pengalaman berkendara normal. 

Kelengkapan pendukung lainnya yang tersemat pada motor listrik ini di antaranya USB charger pada console box, panel meter full digital, dan semua lampu menggunakan teknologi LED.

Menarikkan harga dan juga kelengkapannya?

Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini. Facebook: Fariz Ibrahim Instagram: @farizibrahim17

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });