Bongkar 4 Perbedaan Yamaha XMax Connected 2023, Bukan Cuma Desain dan Fitur
Ary · 31 Jan, 2023 16:30
0
0
Ketika dibongkar, Yamaha XMax menawarkan perbedaan ketimbang versi pendahulunya.
Beberapa diferensiasi ini diberikan sebagai cara untuk mengoptimalkan Yamaha XMax Connected dari berbagai sisi.
Yamaha XMax Connected 2023 datang dengan kebaruan desain dan fitur. Dari sisi tampang, matic bongsor ini menawarkan tampilan yang makin agresif. Sementara dari segi fitur, terdapat layar TFT dengan konektivitas lebih modern ketimbang Yamaha NMax Connected dan Yamaha Aerox Connected.
Kenyataannya, bukan itu saja diferensiasi dari Yamaha XMax terbaru dengan Yamaha XMax lawas. Saat sesi bedah fitur dan teknologi di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta (31-1-2023), pihak Yamaha Indonesia memberikan pemaparan lebih detail terkait perbedaan Yamaha XMax Connected 2023.
1. Setang dan Tuas Rem
Soal rancang bangun, Yamaha XMax Connected 2023 memiliki P x L x T (2.180 x 795 x 1.410 mm). Dimensinya tersebut tidak sama dengan Yamaha XMax yang berukuran (2.185 x 775 x 1.415 mm). Terlihat jelas XMax baru lebih lebar 20 mm (2 cm).
"Dibuat lebih lebar untuk mengoptimalkan tuas rem agar lebih panjang. Sehingga feeling pengereman akan berbeda dengan XMax sebelumnya. Tapi tidak mungkin jika setang tidak panjang. Makanya, setang lebih panjang 2 cm. otomatis handling dan stability juga berubah," kata Ferry Nurul Fajar dari Divisi Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
2. Windshield
Akan tetapi untuk panjang dan tinggi, justru lebih pendek dari XMax lama. Soal tinggi keseluruhan, Ferry menerangkan perancangan demikian dilakukan untuk memaksimalkan aerodinamika dari Yamaha XMax Connected 2023.
"Windshield lebih rendah 5 mm. Harapannya dengan bodi lebih slim, coefficient drag-nya bisa berkurang. Top speed bisa dicapai lebih cepat karena berkurangnya hambatan udara," terangnya.
3. Jok dan Bagasi
Masih dalam rangkaian rancang bangun, jok Yamaha XMax Connected 2023 juga terlihat lebih ramping dibanding sebelumnya. Di sesi serupa pun perihal ini terjawab, di mana bentuk rangka joknya berbeda dengan XMax lama. "Selain lebih ramping juga lebih empuk dan bagasinya juga berubah. Tapi tetap muat dua helm," sahut Ferry lagi.
Bagaimana dengan mesin? Dikatakan Ferry, Yamaha XMax Connected tetap menggunakan basis mesin dari XMax pndahulu. Namun, terdapat penyesuaian dalam rangka mengoptimalkan performa si jantung mekanis.
"Untuk mesin masih mempertahankan engine Bluecore 250 cc, power juga masih sama. Tapi ada beberapa penyesuaian. Ada Optimasi dari EGCU dari ignition timing. Kemudian penggunaan O2 sensor dengan heater. Otomatis AFR (Air Fuel Ratio) lebih cepat. Sehingga kebutuhan bahan bakar akan sesuai dengan mesin. Akselerasi menjadi lebih smooth di putaran bawah sampai tengah," pungkasnya.
Sekadar informasi, Yamaha XMax Connected 2023 memiliki spesifikasi mesin 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan. Kapasitas mesinnya 249,8 cc dengan ukuran piston 70 mm dan langkah piston 64,9 mm dan Rasio kompresinya 10,5:1. Tenaga maksimal mencapai 22,8 PS pada 7.000 rpm serta torsri 24,3 Nm di 5.500 rpm. Yamaha XMax Connected 2023 saat ini dijual dengan harga Rp 66 juta (on the road Jakarta).
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!