Bore Up Yamaha Xmax 250 2021 Jadi Solusi Instant Tambah Tenaga, Berapa Biayanya?
Sancez · 8 Jul, 2021 09:30
0
0
Secara performa, Yamaha Xmax 250 yang dibekali mesin 4-tak 250 cc yang terbilang mumpuni untuk kebutuhan harian. Mesin bertipe silinder tunggal pendingin cair dengan volume 250 cc dan sistem transmisi CVT otomatik ini bertenaga 22,8 PS per 7.000 rpm dan torsi 24,3 Nm di putaran 5.500 rpm.
Namun tidak sedikit juga yang merasa kurang bertenaga. Terutama saat bepergian jauh atau touring. "Begitu tahu ada Yamaha Xmax 250 saya beli dan ternyata masih kurang (bertenaga)," kelakar Djaja Dikusumah pemilik Yamaha Xmax 250 asal Rawamangun, Jakarta Timur.
Penghobi touring jarak jauh ini bersama putranya, Djaka Kusumah mengaku jika awalnya memang masih merasa puas dengan kondisi standar. Namun begitu touring, tenaganya kurang terasa saat menanjak.
"Seperti saat touring ke kawasan Ciletuh dan Pelabuhan Ratu. Kalah dengan sesama pengguna Xmax lain yang sudah bore up," keluh penggemar mobil VW ini.
Padahal menurutnya, rencananya motor ini akan dibawa touring lebih jauh. Seperti ke Titik Nol di Aceh atau ke Bali. "Saya memang suka touring jarak jauh," paparnya.
Apalagi saat membandingkan Yamaha Xmax 250 dengan tunggangan sebelumnya yang bertipe sport dengan transmisi manual. "Bedanya jauh, dari sebelumnya pakai motor sport kopling. Begitu bawa matik, meski sudah 250 cc tarikan bawahnya nggak responsif," kata Djaja yang kini menikmati masa pensiunnya.
Untuk itu sederet langkah pun dilakukannya untuk mendongkrak tenaga motor buatan Indonesia ini. Salah satunya adalah menaikan kapasitas mesin Yamaha Xmax 250 menjadi 300 cc dengan langkah bore up.
Paket Bore Up
Tak mau pusing, Djaja langsung memboyong tunggangan kesayangannya ke TDR Technology Center di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Di sini, volume mesin Yamaha Xmax 250 didongkrak menjadi 300 cc.
Di sini, motor tersebut langsung dijejali paket peningkat kapasitas mesin 300 cc dari TDR. Paket tersebut terdiri dari silinder blok, piston, ring piston, paking dan injektor.
"Harga jualnya Rp 4,9 juta, termasuk pemasangan dan porting polish. Paket tersebut bisa dipasang secara plug and play. Karena diriset secara khusus untuk Yamaha XMax 250," kata Yudo Handoko, Manager Outlet TDR Technology.
Menurutnya, saat ini sudah banyak penggemar touring yang memiliki Yamaha Xmax 250 datang pada TDR untuk meningkatkan volume mesinnya. "Ini karena tenaganya masih dirasa kurang, terutama saat menanjak. Selain itu, kami juga berikan garansi mesin jika terjadi masalah, semisal mogok di jalan," urai pria berkacamata ini.
Toh demikian, agar kenaikan tenaga dan performa motor makin optimal, ada sederet komponen lain yang patut diganti. "Sebenarnya, pakai komponen bawaan bisa, tapi jadi kurang maksimal," kata Yudo.
Dirinya menambahkan jika upgrade volume mesin tersebut lebih baik diikuti panggantian part CVT. Seperti belt, roller dan noken as, atau komponen injektor seperti throttle body. "Tambahnya sekitar Rp 10-11 juta kalau ingin komplet."
Makin maksimal bisa diikuti ECU aftermarket seperti merek aRacer atau BRT Juken. Selain itu untuk kebutuhan touring yang melintasi beragam varian jalan, bisa diikuti dengan pergantian suspensi. Semisal YSS tipe G-Sport seharga Rp 5,5 juta atau Ohlins yang berbanderol Rp 9 juta.