window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cara Gampang Bikin Honda Scoopy 2023 Jadi Musuh SPBU

Harry · 27 Jul, 2023 12:00

Cara Gampang Bikin Honda Scoopy 2023 Jadi Musuh SPBU 01

Honda Scoopy 2023 dikenal irit.
  • Klaim pabrikan tembus 58 km/liter.
  • Hasil pengetesan Autofun lebih irit.
  • Perhatikan indikator ECO.

Kalau melihat kondisi dipasaran, Honda Scoopy 2023 jadi salah satu motor yang banyak dipakai untuk harian.

Tak hanya di kota-kota besar saja, namun juga daerah, motor ini banyak disukai terutama oleh anak muda dan wanita.

Selain desain, daya tarik dari motor ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit, sehingga menghemat pengeluaran biaya bahan bakar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dari hasil klaim pabrikan, motor ini bisa melaju sejauh 58 km dengan seliter bahan bakar.

Angka tersebut diperoleh berdasarkan metode pengetesan ECE R40 Euro 3, dengan fitur Idling Stop System (ISS) aktif.

Baca juga : Honda Scoopy Garuda, Versi Terbatas Semarakkan Indonesia VS Argentina

Tapi tentu saja hasil tersebut bisa berbeda ketika motor dipakai langsung untuk aktivitas sehari-hari.

Tenang, bukan jadi lebih boros ya, malah bisa jadi lebih irit tuh. Penasaran gimana caranya?

Indikator ECO Honda Scoopy 2023

Seperti halnya motor matic entry level modern, rata-rata sudah disematkan lampu indikator ECO, termasuk Honda Scoopy 2023 ini.

Cara Gampang Bikin Honda Scoopy 2023 Jadi Musuh SPBU 01

Indikator ECO usahakan selalu menyala.

Pada motor matic retro modern ini, indikator tersebut berupa tulisan ECO yang bisa dilihat pada panel meter digital-analognya.

Cara paling ampuh untuk membuat motor ini jadi musuh SPBU alias jarang isi bensin, dengan berkendara pada kondisi efisien dengan lampu ECO menyala.

Dari hasil pengetesan kami, lampu indikator ECO akan menyala saat melaju dengan kecepatan tak lebih dari 70 km/jam. Lampu indikator akan menyala hijau terang.

Sebaliknya jika agak boros terutama saat berakselerasi, lampu ECO tadi akan meredup bahkan mati jika bukaan gas terlalu besar.

Baca juga : Honda Scoopy Karbu Bekas Mulai Rp 5 Jutaan, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Gampang Bikin Honda Scoopy 2023 Jadi Musuh SPBU 02

Mesin eSP generasi baru jadi andalan.

Hasilnya menggunakan bahan bakar oktan 92, kami mencatatkan konsumsi 61,4 km/liter pada panel meternya.

Kalau dihitung dengan metode full to full, maka hasilnya memperoleh 58,4 km/liter. Masih terhitung iritkan?

Spesifikasi Honda Scoopy 2023
DIMENSI
P x L x T 1.864 x 683 x 1.075 mm
Sumbu Roda 1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 746 mm
Jarak Terendah 145 mm
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Berat Isi 95 kg & 94 kg (tipe smart key)
MESIN
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara
Kapasitas Mesin 110 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Rasio Kompresi 10 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Tenaga Maksimum 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm @ 5.500 rpm
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi brake system
Ban Depan 100/90-12
Ban Belakang 110/90-12

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });