Catatan! Honda Vario 160 ABS 2022 Gak Boleh Sembarang Ganti Cakram
Ary · 4 Feb, 2022 16:00
0
0
Sistem ABS, tepatnya pulser ring Honda Vario 160 ABS menyatu dengan cakram.
Pembeli Honda Vario 160 ABS 2022 tidak boleh sembarang ganti cakram.
PT Astra Honda Motor (AHM) menampilkan pengembangan masif terhadap Honda Vario 160 2022. Selain mesin yang sudah mengalami peningkatan kubikasi, salah satu variannya juga kedapatan sistem pengereman ABS (antilock braking system). Namun ada catatan. Pembeli Vario 160 ABS nggak boleh sembarangan mengganti cakram pada roda depan.
Sebagaimana ciri khas mereka seperti Honda PCX 160 misalnya. Sensor ABS itu terdapat pada roda depan saja. Pun halnya dengan ABS di Vario 160. Akan tetapi ada perbedaan mekanisme pada keduanya. Pulser ring atau ring berongga pada PCX 160 dibuat terpisah dengan cakram. Sementara pada pulser ring milik Vario 160 2022 didesain menyatu dengan cakram.
"Iya, sistem ABS di Vario 160 ini sudah menggunakan model terbaru. Pulser ringnya menjadi satu dengan cakram depan," buka Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) kepada Autofun.co.id
Dikatakannya, alasan cakram Vario 160 dibuat menyatu dengan pulser ring itu agar lebih kompak. Tapi seperti disebutkan di awal, Anda tidak boleh sembarangan melakukan modifikasi terhadap Honda Vario 160 ABS 2022. Sebagai contoh mengganti cakram roda depan bawaan dengan produk after market. Pasalnya, di pasaran saat ini belum ada model disc brake demikian (cakram menyatu dengan pulser ring).
Endro menambahkan. Penggantian misal dengan lingkar cakram lebih besar di Vario 160 bisa saja dilakukan. "Tapi, ABS-nya tidak akan bekerja. Tidak akan ada masalah di motor. Hanya saja akan ada peringatan pada indikator ABS. Karena terbacanya ABS tidak berfungsi," terang Endro saat dihubungi hari ini (4/2).
Bisa Ganti Shock Depan, Tapi...
Jikapun diselisik bukan hanya cakram. Sensor ABS Honda Vario 160 tipe tertinggi ini juga terikat pada suspensi depan. Lagi-lagi berkaitan dengan modifikasi, berarti Anda pun tidak bisa begitu saja mengganti pembungkus fork, meskipun desainnya lebih kekar dari bawaan motor. "Bisa saja sebenarnya diganti, asal disesuaikan saja, pungkas Endro.
Sebagai informasi tambahan, Honda Vario 160 ABS juga dilengkapi cakram roda belakang untuk menunjang optimasi pengereman. Hal ini membuat Vario 160 lebih unggul dari Yamaha Aerox 155 Connected ABS. Kita ketahui, pengereman belakang kompetitornya tersebut masih mengandalkan teromol.
Selain itu, dari segi harga motor matic Honda dijual lebih murah. Honda Vario 160 ABS 2022 dibanderol Rp28,5 juta. Sedangkan harga Yamaha Aerox 155 Connected ABS 2022 dipatok Rp 29,9 juta (on the road Jakarta).
Pada sektor performa, mesin Honda Vario 160 2022 selevel dengan Yamaha Aerox 155 2022. Jantung mekanis DOHC 4 katup milik Vario 160 ABS 2022 mampu mengeluarkan tenaga 15,4 PS @8.500 rpm. Catatan tersebut sama dengan Aerox 155. Hanya saja, torehan itu dicapai Aerox sedikit lebih cepat yakni pada 8.000 rpm.
Sementara untuk torsi, Vario 160 2022 sanggup mencatat 13,8 Nm @7.000 rpm. Di sini, Aerox 155 2022 sedikit lebih unggul dengan angka 13,9 Nm. Selain itu, momen puntir pada motor matic Yamaha juga terpenuhi pada putaran mesin 6.500 rpm.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!