Harga Bekas Mulai Rp 17 Jutaan, Honda Vario 150 Masih Menjadi Favorit!
Fariz · 26 Jun, 2024 18:00
0
0
Tampilan sporty dan cocok dengan selera orang Indonesia
Sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern
KehadiranHonda Vario 160 masih menjadi pro dan kontra, padahal matic satu ini dibekali dengan banyak fitur baru hingga mesin baru.
Tapi ternyata buat beberapa orang, desain Vario 160 kurang menarik, karena dari itu masih banyak yang memilih untuk meminang Vario 150 generasi terakhir.
Yup motor yang disebut dengan LED New itu memang dari segi desain, tipe ini terlihat lebih proporsional dan sporty.
Keunggulannya tentu lebih hemat daya dan membuat tampilan Vario 150 lebih modern.
Kemudian spidometer sudah full digital dengan latar gelap alias negative display dan berisikan informasi yang cukup lengkap.
Mulai dari spidometer, odometer, trip meter, fuel meter, average fuel consumption, jam, dan masih banyak lagi.
Pada cover setang juga terdapat fitur Idling Stop System (ISS) yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan meminimalisir bensin yang terbuang percuma saat berhenti.
Di bawah setangnya terdapat dua buah ruang konsol penyimpanan barang, yang kiri punya ruang lebih luas sehingga bisa menaruh barang seperti botol air mineral.
Jika dirasa masih kurang, bisa tengok ruang bagasi di bawah joknya.
Bagasi dengan kapasitas 18 liter ini bisa menampung sebuah helm half face tanpa pet dengan mudah.
Jika menyimpan helm, masih ada sedikit ruang lagi untuk menaruh barang.
Fitur smart key system juga sudah disematkan pada Vario 150, dengan begitu pengendaranya tidak perlu repot-repot memasukan anak kunci.
Di remotenya juga tersedia fitur answer back system dan anti-theft alarm, yang jadi standar motor matic premium dari Honda.
Mesin Bertenaga
Meski pakai basic mesin sama dengan Vario 150 sebelumnya, tapi ada beberapa pembeda yang ada pada Vario 150 generasi ini.
Seperti volume boks filter udara yang lebih besar dan knalpot yang lebih pendek dengan desain baru.
Hasilnya matic ini memiliki klaim tenaga maksimal 13,1 ps pada 8.500 rpm dengan torsi 13,4 Nm di 5.000 rpm.
Mesin ini punya karakter yang responsif sejak putaran rendah, karenanya cocok untuk perkotaan terutama kondisi stop and go.
Apalagi mesin Honda juga terkenal akan vibrasinya yang minim, baik di jok maupun di setang sedikit sekali terasa getarannya. Suara dari mesin dan knalpot juga termasuk senyap.
Kendati sudah berumur dan hanya bisa dibeli dalam kondisi bekas, pamor motor ini masih tinggi.
Selain dipakai untuk harian, banyak anak muda yang menebusnya untuk dijadikan bahan modifikasi tampilan atau oprek mesin.
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17