Cek Daftar Penyakit Khas Yamaha XMax, Yang Incar Unit Bekasnya Wajib Tahu!
Harry · 27 Mei, 2022 16:00
0
0
Harga untuk model awal sudah Rp 30 jutaan.
Punya fitur yang mumpuni, khas matic 250 cc.
Melihat motor matic 150-160 cc saat ini sudah semakin mahal. Coba tengok Yamaha NMax 155 2022 atau Honda PCX 160 2022, harga tipe tertinggi sudah lebih dari Rp 30 juta. Malah Honda ADV 150 2022 tipe ABS kini sudah Rp 38 jutaan.
Padahal dengan budget yang sama, kalian bisa mendapatkan motor matic kelas 250 cc yang pastinya beda kelas. Dengan budget Rp 30 jutaan bisa dapat Yamaha XMax bekas, keluaran 2016.
Tapi sebelum berburu unit bekasnya, kalian harus tahu dulu penyakit khas matic gambot satu ini. Setidaknya bisa sisakan dana dan bersiap-siap jika mengalami hal tersebut sewaktu-waktu.
"Biasanya rotor yang sering bengkok dan sensor ngaco karena kotor," buka Heri Prasetyawan dari bengkel Jaw's Speed di Depok, yang banyak tangani Yamaha XMax. Kalau rotor bengkok tinggal ganti rotornya saja, dan sensor bisa dicoba dengan dibersihkan dulu.
Tenang, harga rotor ABS ini hanya Rp 40 ribu kok. Depan-belakang hanya Rp 80 ribu saja. Murah!
CVT Gredek
Seiring pemakaian kotoran bukan tak mungkin menumpuk di area CVT. Terlebih jika pemilik sebelumnya kurang dalam merawat motor, alhasil timbul gejala gredek (getar) dari CVT.
"Kalau ini solusinya cukup dibersihkan sudah normal lagi, dan baiknya buka CVT setiap servis untuk dibersihkan dan melihat kondisi part di dalamnya kaya belt, roller dan kampas kopling," urainya.
Dinamo Starter Lemah
Yamaha XMax sendiri masih pakai dinamo starter untuk bisa menghidupkan mesin, belum pakai teknologi starter halus macam Yamaha NMax. Tapi sayangnya part satu ini kerap menjadi masalah juga.
"Sering dinamonya lemah, jadi gak kuat buat hidupkan mesin. Solusinya gulung ulang atau ganti baru," saran Wawan, sapaannya. Untuk ganti baru harganya lumayan, mencapai Rp 600 ribuan.
Gir Rasio Berisik
Meski terendam oli transmisi atau oli gardan, gir rasio Yamaha XMax juga bisa timbul masalah. "Ada suara klotok-klotok, bukan rusak tapi karena desain gir rasio ini ada celah di kanan-kirinya," katanya.
"Tapi ini gak semua unit pasti mengalami hal tersebut. Nah solusinya juga murah, diganjal pakai tutup bearing ukuran 6303. Harga bearing ini gak sampai Rp 50 ribu," ungkapnya.
Meski harus bersiap menghadapi ragam penyakit khas, namun Yamaha XMax juga menawarkan banyak keunggulan. Mulai dari ukuran bagasi yang jumbo bisa menampung dua buah helm full face sekaligus.
Lalu posisi berkendara yang nyaman, mesin bertenaga hingga fitur yang lengkap, seperti rem ABS dan kontrol traksi. Jangan lupa lampu depan-belakang sudah LED dan tersedia Power Outlet di konsol depan.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil