Cek Fitur Baru Kawasaki Ninja ZX-25R 2023, Makin Menggoda Buat Dipinang?
Harry · 6 Okt, 2022 15:30
0
0
Kawasaki Ninja ZX-25RR 2023.
Spidometer baru, full digital TFT.
Suspensi kasta tertinggi setara superbike.
Segmen motor sport 250 cc semakin berkembang, kalau sebelumnya hanya ada opsi mesin2 silinder segaris, kini ada model 4 silinder segaris. Alhasil suaranya pun layaknya motor besar bermesin 600 cc ke atas.
Model tersebut adalah Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 yang baru dikenalkan pada Sabtu (1/10/2022) lalu. Motor ini padahal baru dirilis pertama kali tahun 2020 lalu lho.
Terhitung cepat update-nya, tapi seberapa banyak ubahan fiturnya ya? Mari kita kulik!
Yang paling signifikan berbeda ada pada spidometer yang kini full digital, dengan 2 tampilan layar. Mode 1 bisa untuk penggunaan sehari-hari, dan mode 2 untuk dipakai saat track day karena menampilkan lap time.
Selain ragam informasi baru tersebut, spidometer barunya ini juga punya fitur konektivitas yang bisa terambung dengan smartphone melalui bluetooth. Nantinya spidometer bisa menampilkan notifikasi telepon juga pesan, lewat aplikasi Rideology.
Lampu-Lampu Full LED
Jika sebelumnya hanya lampu depan dan belakang yang sudah menggunakan teknologi LED. Kini Lampu sein sudah pakai teknologi tersebut, jadi lebih sedap dipandang dan semakin berkesan canggih.
Untuk sein depan bentuknya memang tak berubah, tapi dalamnya sudah berganti menjadi LED. Kemudian tampilan mikanya pun ada yang bening dan juga ada yang dibuat buram.
Sementara untuk lampu belakang model batang dengan lensa bening, yang seolah malah jadi mirip dengan lampu sein motor sport Honda. Tapi dengan dimensi yang lebih besar.
Suspensi Baru
Nah, ini update fitur yang membuatnya jadi semakin asyik untuk dipakai track day. Yakni ubahan pada suspensi, yang kini telah dibekali setelan preload untuk suspensi depan, yang sudah pakai Showa SFF-BP.
Monosok Kawasaki Ninja ZX-10R nih.
Suspensi belakang pun tak main-main, karena mencomot unit yang serupa dengan milik Kawasaki Ninja ZX-10R! Yup, suspensi belakang moge flagship Kawasaki itu dipasang kemotor 250 cc bro!
Tentunya suspensi ini punya setelan yang lengkap, selain preload ada rebound dan compression, yang bisa di-adjust menggunakan obeng minus. Preload pun bukan model step, melainkan ulir agar lebih presisi pengaturannya.
Eh tapi suspensi baru itu hanya untuk varian teratas ya yakni Kawasaki Ninja ZX-25RR saja, untuk tipe di bawahnya macam ABS SE dan Standard tetap tanpa setelan preload di suspensi depan dan hanya ada setelan preload untuk suspensi belakang ya!
Hadir dengan 3 Varian
Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 varian ABS SE.
Jika sebelumnya motor ini hanya hadir dalam 2 varian, untuk model 2023 ini Kawasaki Ninja ZX-25R hadir dalam 3 varian. Mulai dari tipe standar dengan warna Metallic Spark Black yang dibanderol Rp 105 juta on the road Jadetabek.
Kemudian ada ZX-25R ABS SE dengan pilihan warna Metallic Mate Graphenesteel Grey/Ebony dan Candy Persimmon Red/Ebony yang dibanderol Rp 123,5 juta on the road Jadetabek.
Terakhir ada varian yang paling baru, yaitu ZX-25RR dengan warna khas Lime Green/Ebony beserta Kawasaki Racing Team atau KRT livery terbaru yang dijual seharga Rp 129,9 juta.
Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2023
Rangka
Dimensi (P x L X T )
1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda
1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah
125 mm
Tinggi Tempat Duduk
765 mm
Berat
180 kg (standar) 182 kg (SE) 183 kg (ZX-25RR)
Mesin
Tipe Mesin
4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves
Bore x Stroke
50 x 31,8 mm
Kapasitas Mesin
249,8 cc
Rasio Kompresi
11,5:1
Tenaga Maksimum
50 PS / 15.500 rpm
Tenaga Maksimum dengan Ram Air
51 PS / 15.500 rpm
Torsi Maksimum
22,9 Nm / 14.500 rpm
Rangka
Steel
Suspensi Depan
Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa
Suspensi Belakang
horizontal back link SWG ARM with preload adjustability
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil