Cek Lima Fakta Kawasaki KLX110R, Motor Trail Imut Buat Pemula
Ilham · 14 Jul, 2023 08:30
0
0
Dijual dalam status off the road.
Mesinnya berbasis Kawasaki Kaze.
Belum lama ini Kawasaki KLX110R resmi meluncur di Indonesia. Kemunculannya tidak ditandai dengan acara seremonial spesial.
Sebagai gantinya, motor berdimensi mungil ini langsung menyapa konsumennya di pameran Jakarta Fair 2023 yang berlangsung pada 14 Juni hingga 16 Juli nanti.
Desainnya sendiri terlihat atraktif karena menampilkan kesan tangguh dan ramping layaknya motor special engine. Tapi sebelum membeli ada baiknya mengetahui lima fakta berikut ini.
Sejatinya motor ini punya dua pilihan tipe berbeda. Mulai dari standar dan Kawasaki KLX110R L. Jika dilihat sepintas keduanya tampak mirip.
Mulai dari desain bodi hingga fitur dan mesinnya. Namun perbedaan keduanya ada di suspensi dan ketinggiannya. Terutama di bagian jok dan ground clearance.
Pada tipe standar tinggi joknya hanya 680 mm dengan jarak terendah ke tanah 215 mm saja.
Sedangkan tipe L punya tinggi jok 730 mm dengan ground clearance 265 mm.
Harga keduanya pun hanya berbeda tipis, standar dilepas Rp 27,8 juta dan untuk varian L harganya Rp 27,9 juta.
Jika Anda berharap Kawasaki KLX110R bisa dipakai harian dan melewati jalan raya, maka bisa kecewa.
Sebab Kawasaki KLX110R bukanlah seperti varian KLX150 atau KLX230 yang berstatus street legal. Kawasaki KLX110R hanya dijual dalam status off the road.
Ini sebab Kawasaki KLX110R tidak dilengkapi dengan peranti keselamatan berkendara, seperti absennya lampu-lampu, dudukan pelat nomor, spion dan klakson.
3. Mesin Kawasaki KLX110R
Karena memiliki dimensi mungil, mesin yang tersemat pun tidaklah berlebihan. Basisnya bahkan cukup legendaris, yakni motor bebek Kawasaki Kaze Series.
Dimana tertanam mesin 112 cc berpendingin udara yang masih mengandalkan karburator.
Mesin yang dilengkapi transmisi manual 4-speed ini mampu menghasilkan daya sebesar 7,3 PS di 7.500 rpm dan torsi 8,0 Nm per 4.000 rpm.
4. Kaki-kaki Trail Tapi Rem Tromol
Di bagian kaki-kaki, motor ini sudah cocok untuk melibas trek offroad. Hal ini berkat penggunaan suspensi depan teleskopik 30 mm di depan dan monosok di belakang.
Ada perbedaan travel (jarak main) suspensi antara tipe standar dan tipe L. Pada Kawasaki KLX110R standar suspensi depan dan belakangnya sama-sama memiliki angka travel 110 mm.
Sementara tipe L suspensi depannya bertravel 140 mm dan belakang 132 mm.
Meski begitu kombinasi ban keduanya sama-sama tipe knobby berukuran 2.50-14 di depan dan 3.00-12 di belakang.
Karena dirancang untuk tunggangan offroad, maka motor ini tak dibekali fitur yang melimpah. Remnya pun masih tromol dengan diameter 90 mm di depan dan 110 mm di belakang.
Bahkan panel spidometer juga absen di KLX110R. Karena bentuknya yang ramping, jangan berharap pula ada ruang penyimpanan barang di motor ini ya.