Cek Plus-Minus Honda Vario 160 2022, Seberapa Memuaskan Dipakai Harian?
Harry · 1 Mei, 2022 10:00
0
0
Konsumsi bahan bakar irit, tembus 40 km/liter lebih.
Handling lincah dan ringan untuk selap-selip.
Performa mesin kuat dan rata.
Pengguna Honda Vario 160 2022 di jalanan semakin banyak terlihat. Tanda positif jika motor matic satu ini sukses diterima konsumen, setelah diluncurkan pertama kalinya pada awal Februari 2022 lalu.
Dengan desain yang sporty dan agresif, juga ukurannya yang semakin membesar, PT Astra Honda Motor (AHM) menaikkan kelasnya menjadi premium, di bawah Honda PCX 160 2022. Tak heran karena sematan teknologinya juga semakin banyak.
Maka bukan tak mungkin juga konsumen yang tadinya ingin menebus Honda PCX 160, justru teralihkan dan memilih menebus motor ini. Ya meski segmennya berbeda, tapi mesin yang diusungnya terhitung mirip.
Jika kalian merupakan salah satu yang mengincar motor ini kelak sebagai kuda pacu harian, kami akan memberikan gambaran plus-minus dari Honda Vario 160 2022 ini, khususnya tipe ABS yang kami gunakan selama pengetesan.
Sisi Plus Honda Vario 160 2022
1. Tetap Lincah Bermanuver
Seperti dijelaskan saat peluncuran, Honda Vario 160 2022 ini membesar dari sisi ukuran dibanding Honda Vario 150 yang jadi pendahulunya. Sosoknya tampil membengkak, lebih berisi, dan tebal. Namun rupanya dimensinya tak berubah banyak.
Panjangnya naik dari awalnya 1.919 mm ke 1.929 mm, lebar tetap 679 mm, adapun tinggi dari 1.062 mm menjadi 1.088 mm. Besar kemungkinan peningkatan ketinggian total motor dari penggunaan ukuran ban yang lebih besar sehingga mampu mendongkrak tinggi motor.
Maka saat digunakan sehari-hari, motor ini tetap terasa lincah dipakai selap-selip dikemacetan kota. Sumbu roda yang 1.277 mm membuat tugas pengendara untuk membelokkan motor terasa mudah.
Apalagi bobotnya cuma 115 kg (CBS) dan 117 kg (ABS). Paling ringan di kelasnya saat ini. Jadi memang motor ini sangat pas untuk andalan di perkotaan yang lalu lintasnya cenderung padat.
2. Konsumsi BBM Irit
Efisiensi bahan bakar jadi salah satu pertimbangan beli motor ini, soalnya terhitung irit lho. Klaim pabrikan untuk urusan minum Honda Vario 160 2022 ini tembus 46,9 km/liter dengan metode WMTC Euro3 dan ISS On.
Kalau dari hasil pengetesan tim Autofun.co.id justru bisa lebih irit lagi. Dengan penghitungan full to full, maka didapatkan hasil 47,4 km/liter. Total jarak yang ditempuh sekitar 221 km dan digunakan harian, sendiri dan berboncengan.
Dari hasil panel MID spidometer, raihannya 48,4 km/liter. Hasil ini dicapai dengan bobot rider sendiri 75 kg dan bahan bakar yang digunakan oktan 92. Iritkan?
Untuk mengejar waktu jam masuk sekolah atau kantor, Honda Vario 160 2022 pun bisa diandalkan. Respon mesinnya sigap dan karakternya kuat dari putaran bawah, tengah sampai atas.
Dari data Racebox, untuk melesat 0-60 km/jam hanya butuh waktu 5,07 detik saja. Kemudian dari 0-80 km/jam butuh 9,05 detik dan 0-100 km/jam 16,16 detik. Untuk menempuh jarak 0-100 meter pun hanya 7,69 detik, jarak 0-402 meter cuma 19,46 detik saja.
Akselerasi Honda Vario 160 2022
0-60 km/jam
5,07 detik
0-80 km/jam
9,05 detik
0-100 km/jam
16,16 detik
0-100 meter
7,69 detik
0-200 meter
12,06 detik
0-402 meter
19,46 detik
Top speed Racebox
119,18 km/jam
Top speed spidometer
128 km/jam
*bobot rider 65 kg
4. Akomodasi Lega
Dek rata masih dipertahankan untuk menjaga fleksibilitas membawa barang. Tersedia pula sebuah gantungan barang di depan, serta konsol tertutup dengan power outlet di dalamnya serta konsol terbuka yang bisa menyimpan botol air mineral.
Bagasinya lega dengan kapasitas 18 liter dan bisa menampung sebuah helm full face atau open face. Meski ruang penyimpanan untuk barang lain seperti sarung tangan dan jas hujan sudah tak ada lagi.
5. Kaki-Kaki Padat
Profil ban yang digunakan di Honda Vario 160 2022 lebih besar dan lebar. Tujuannya selain menyesuaikan penampilan juga untuk mengejar kestabilan motor, serta agar pendistribusian tenaga dari mesin ke roda lebih baik.
Ukuran bannya naik secara signifikan, dari awalnya untuk depan 90/80 menjadi 100/80. Sementara belakang 100/80 menjadi 120/70. Ban baru tadi menyelimuti pelek palang Y yang dilabur warna coklat kehitaman dan hitam tergantung tipenya.
Kesan saat pertama duduk di atas motor ini yaitu joknya berasa keras. Yup, meski secara bentuk joknya keren karena nampak sporty, tapi mengendarainya untuk jangka waktu lama terasa panas dan cepat pegal di bokong.
Masih terkait jok, banyak yang mengalami jok sulit terkunci. Bukan cacat tapi butuh perlakuan khusus, tak bisa menutup jok dengan membanting dan menekan bagian tengah, tapi harus tepat di ujung jok dan ditekan lembut namun kuat sampai terdengar bunyi klik.
2. Kotoran Roda
Dengan dek yang rata, banyak pengguna Honda Vario 160 2022 meletakkan barang bawaan di sana, dan memanfaatkan gantungan barang yang tersedia. Yup, dek rata memang menawarkan kepraktisan membawa barang.
Tapi jika kondisi jalanan basah selepas hujan, baiknya hindari membawa barang yang mudah kotor dan tidak anti air di area tersebut. Pasalnya kotoran dari roda depan akan tembus lewat sela-sela sambungan bodi kasar dan bodi halusnya.
Masalah lagi muncul ketika hujan atau jalanan basah, kotoran dari roda belakang bisa sampai mengenai helm pengendara lho. Hal ini kami rasakan saat melintasi jalanan basah, helm sampai kotor terkena cipratan.
Andai ada cover tambahan untuk sepakbor belakang seperti yang tersedia untuk sejumlah motor sport, macam Yamaha Byson gen awal atau Suzuki GSX-S150, akan lebih bagus. Cover tambahan tadi bisa dilepas saat musim panas dan dipasang saat musim hujan.
Kesimpulan
Secara garis besar perubahan yang ditawarkan pada Honda Vario 160 2022 ini menutupi kekurangan dari Honda Vario 150. Segmennya yang dinaikkan menjadi matic premium kini membuatnya benar-benar head to head dengan kompetitor dekatnya, Yamaha Aerox 155 2022.
Performa dan akselerasi mesin luar biasa, handling lincah dan akomodasi mumpuni membuatnya pas jadi motor harian. Tapi ada baiknya mengganti busa jok dengan bahan latex supaya betah berkendara lama dan jauh pakai Honda Vario 160 ini.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil