Daya Tarik Honda Genio 2022 Yang Baru Dirilis, Harus Tahu Sebelum Beli
Harry · 15 Mar, 2022 13:00
0
0
Harga jualnya cuma naik tipis.
Pelek 12 inci bikin bentuknya semakin sedap dipandang.
Honda Genio 2022 dirilis PT Astra Honda Motor (AHM) seacra virtual hari Senin (14/3/2022) kemarin. Kehadirannya menjadi penyegaran tampilan pertama kalinya, sejak dikenalkan tahun 2019 lalu.
Motor matic yang mengisi celah antara Honda BeAT 2022 dan Honda Scoopy 2022 ini bersolek. Meski hanya sentuhan minor, namun ubahan terbesar justru terlihat pada area kaki-kakinya.
Honda Genio 2022 yang memang memiliki desain berbau retro modern, semakin menunjukkan ciri khasnya dengan penyematan pelek lingkar 12 inci. Tak ada lagi pelek 14 inci palang delapan seperti sebelumnya.
Tapi nyatanya tak ada pelek baru yang jadi daya tarik, namun juga ada sejumlah komponen lain yang harus jadi perhatian kalian, yang ada rencana untuk meminang Honda Genio 2022. Apa saja?
1. Posisi Duduk Lebih Tinggi
Salah satu daya tarik matic entry level Honda adalah kemudahan berkendara termasuk untuk pengendara wanita. Kaki bisa mudah menggapai tanah saat duduk di atas motornya, termasuk pada sosok Honda Genio.
Namun pada model baru ini posturnya sedikit berubah. Ketinggian jok dan juga ground clearance kini bertambah. Kini joknya punay tinggi 744 mm, naik dari sebelumnya yang 740 mm.
Lantas ground clearance alias jarak terendah ke tanah kini menjadi 150 mm dari sebelumnya 147 mm. Meski ada kenaikan tinggi duduk dan postur motor, namun tak terlalu signifikan sehingga kaki tetap mudah memijak.
2. Profil Ban Tebal
Pakai pelek 12 inci yang desainnya mirip kepunyaan Honda Scoopy model sebelumnya, maka profil bannya pun menyesuaikan. Kini pakai ban ukuran 100/90-12 di depan dan 110/90-12 di belakang.
Profil ban yang tebal ini juga ikut membuat tinggi motor sedikit bertambah seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama. Oiya, ban ini sudah tubeless dengan merek Federal.
3. Cuma Ada Dua Tipe
Seperti generasi sebelum facelift, Honda Genio 2022 tetap ditawarkan dengan dua tipe yakni CBS (Combi Brake System) dan CBS-ISS (Idling STop System). Perbedaan keduanya hanya pada hadirnya sistem ISS yang bisa mematikan mesin untuk menghemat bahan bakar saat berhenti lama.
Lantas CBS sendiri merupakan sistem pengereman khas Honda yang memadukan kinerja rem depan dan belakang secara bersamaan. Umumnya terdapat pada matic Honda non ABS.
4. Jadi Lebih Berat
Jika pada model sebelumnya Honda Genio punya bobot yang ringan dan sama dengan Honda BeAT, kini tidak lagi. Sosoknya bertambah berat, naik tiga kilogram untuk tiap tipe.
Tipe CBS kini menjadi 92 kg dari 89 kg dan tipe CBS-ISS menjadi 93 kg dari sebelumnya 90 kg. Naiknya bobot ini kemungkinan karena ukuran pelek yangh lebih lebar dan ban profil tebalnya.
5. Pilihan Warna Banyak
Honda Genio 2022 dikemas menarik untuk menyasar konsumen anak muda, namun dengan harga lebih hemat. Tentu saja opsi warna yang ditawarkan pun harus menarik mata target konsumennya.
Pada model baru ini tersedia enam pilihan warna, untuk tipe CBS ada Radiant Brown Black, Radiant Black dan Radiant Red Black. Tipe CBS-ISS ada Fabulous Matte Black, Fabulous Matte Brown dan Fabulous Matte Blue yang jadi hero color-nya.
6. Ubahan Bodi Minimalis
Sekilas bentuk bodi Honda Genio 2022 ini seperti tak ada yang berubah, masih sama dengan gaya retro modern namun masih memiliki garis bodi yang tegas. Tapi ternyata AHM juga memberi sentuhan pada tampilannya.
Tengok sepakbor depan yang dibuat lebih pendek dan membulat, menyesuaikan profil ban yang dipakainya. Lalu tengok bagian bawah lampu depan, yang kini terdapat kisi-kisi dengan motif baru, layaknya orang tersenyum.
Ini yang cukup menyejutkan, dengan ubahan bodi depan, lalu sepakbor depan, memindahkan posisi power outlet, hingga penggunaan pelek lingkas 12 inci yang pastinya diikuti upgrade suspensi hingga segitiga setang, kenaikan harganya sangat tipis.
Untuk tipe CBS cuma naik Rp 55 ribu saja, dari 17,990 juta menjadi Rp 18,050 juta. Lalu tipe CBS-ISS dari 18,465 juta menjadi Rp 18,650 juta saja. Mantap toh?
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil