Diekspor ke Vietnam, Banderol Honda ADV 160 2022 Jadi Lebih Mahal dari Sport 250 Cc!
Harry · 19 Agu, 2022 14:30
0
0
Didatangkan importir umum setempat.
Harganya menjadi Rp 59 jutaan.
Indonesia masih jadi negara yang menjual resmi Honda ADV 160.
Indonesia menjadi negara pertama yang menjual Honda ADV 160 2022 di dunia. Sementara negara-negara lain, masih menikmati versi lamanya yakni Honda ADV 150 yang masih mengandalkan mesin eSP.
Dikenalkan awal Juli 2022 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) melepas motor ini dengan banderol Rp 36 juta untuk tipe CBS (Combi Brake System) dan Rp 39,250 juta untuk tipe ABS (Anti-lock Braking System), on the road Jakarta.
Sejatinya model motor matic bergaya adventure ini merupakan produk global, yang juga dipasarkan di banyak negara, termasuk negara tetangga, Vietnam. Dan ternyata, Honda ADV 160 sudah dipasarkan di sana.
Masuk Lewat Importir Umum
Sejatinya memang produk ini belum tersedia untuk pasar ekspor karena AHM masih fokus untuk penjualan domestik terlebih dulu. Maka unit yang ada di Vietnam, didatangkan sendiri oleh importir umum setempat yakni Minh Long Motor.
Dituliskan Motosaigon, unit tersebut jelas berasal dari Indonesia. Dan harga jualnya pun bikin kaget karena nyaris Rp 60 juta! Tepatnya Rp 59 juta, karena harganya di sana dipatok 93 juta Vietnam dong.
Dari foto-fotonya, unit yang didatangkan merupakan tipe ABS, ini terlihat dari warna pelek, setang dan juga emblem kelir emas yang berbeda dari tipe CBS. Kemudian warna matte red juga hanya tersedia untuk tipe ABS saja.
Honda ADV 160 2022 sendiri mengusung mesin baru dengan teknologi eSP+. Dengan kapasitas mesin yang bertambah menjadi 157 cc, 4 katup, pendingin cairan, tentu saja performanya beda jauh dari saat masih menggunakan mesin 150 cc.
Mesin baru tersebut mampu hasilkan tenaga maksimal hingga 16 PS di 8.500 rpm serta torsi maksimal mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm. Ada peningkatan tenaga 1,5 PS dan torsi 0,9 Nm pada putaran mesin yang sama dari versi 150 cc.
Kesan tinggi saat duduk di atas Honda ADV 150 sirna sudah, sekarang Honda ADV 160 sudah lebih nyaman, berkat tinggi jok yang terpangkas menjadi 780 mm saja. Kemudian diikuti perubahan setang yang juga lebih rendah.
Alhasil posisi duduk terasa lebih mendem. Untuk kaki menapak pun lebih mudah karena jok lebih tirus pada bagian ujungnya. Area kaki pun lebih leluasa karena pijakan lebih lebar dan panjang, serta bagian untuk selonjoran yang lebih landai.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil