Tampilannya sangar cocok buat pesaing Honda ADV 160.
Saat ini di Eropa motor-motor bergenre matic adventure tengah digandrungi. Hal ini terpantau dari beragam model yang turun di segmen ini misalnya dari pabrikan Honda dan SYM.
Nah, salah satu matic adventure yang baru meluncur di Eropa adalah SYM ADX 125. Terbilang punya nyali nih untuk menantang motor serupa dari pabrikan Jepang.
SYM sendiri merupakan merek motor dari pabrikan asal Taiwan. Dan untuk saat ini, SYM ADX 125 ini baru resmi meluncur di Yunani.
Ditilik dari desainnya, jika masuk ke Indonesia SYM ADX 125 bakal bersaing dengan Honda ADV 160 (Spesifikasi | Berita). Sebab keduanya sama-sama menawarkan bodi berotot dengan windshield, plus ground clearance tinggi untuk menunjang kemampuannya di jalan jelek.
Tapi soal harga, SYM ADX 125 dibanderol 3.595 Euro yang setara dengan Rp 59 juta. Tentu lebih mahal dari Honda ADV 160 versi ABS yang hanya Rp 39,4 juta.
Jika Anda sadar, sosok SYM ADX 125 sebenarnya bukan mengusung desain yang benar-benar baru. Sebab basisnya adalah SYM Husky ADV yang sempat dikenalkan pada pameran EICMA 2021 di Milan, Italia.
Sosoknya sama persis hanya berbeda di sektor mesinnya saja yang lebih kecil, karena SYM Husky ADV bermesin 150 cc dan SYM ADX 125 punya mesin 125 cc.
Kembali ke desain, SYM ADX 125 menghadirkan sepasang headlamp LED bersudut tajam yang dibagian tengahnya terdapat panel air ram. Desain leg shield ini terlihat kekar dengan lekuk yang rumit.
Kemudian ada sein depan LED terletak di panel bodi, tepatnya di bawah setang. Lampu petunjuk ini memiliki desain yang sporty dengan ujung lancip. Lalu windshield berukuran cukup besar hadir di atas lampu dengan warna bening.
Bagian kaki-kakinya dikawal dengan pelek palang 13 inci berlapis ban dual purpose yang punya pattern besar. Sedangkan suspensi depannya dikawal tipe teleskopik dengan travel panjang. Serta monosok horizontal di bagian belakang.
Bukan cuma tampilan, soal fitur SYM ADX 125 juga terbilang mumpuni, baik sebagai kendaraan harian atau bersenang-senang untuk perjalanan jauh. Misalnya rem cakram di kedua roda dengan peranti ABS dual channel. Volume tangkinya pun besar, yakni 15 liter.
Lalu ada teknologi A.L.E.H (Anti-Lift Engine Hanger System) untuk meningkatkan kestablian, kontrol traksi (TCS), port charger USB dan sistem kontak keyless. Masih ada pula layar spidometer TFT dan seluruh lampunya yang sudah mengandalkan LED.
Mesin Hanya 125 Cc
Meski tongkrongannya sangar plus fitur komplet, namun untuk menyesuaikan pasar di Eropa, maka volume mesinnya harus turun. Bukan lagi 150 cc seperti SYM Husky ADV.
Sebab SYM ADX 125 mengusung mesin 124,7cc (liquid-cooled, SOHC, 4-valve), yang menghasilkan tenaga 12,3 PS dan torsi 11,5 Nm. Hmm, kalau di sini jadi lawan Yamaha Lexi (Spesifikasi | Berita) deh.