Artinya Alva N3 dengan 1 baterai akan seharga Rp 28,500 juta dan Rp 35,500 juta untuk pembelian dengan 2 baterai.
Harga subsidi tentu lebih murah, pembelian dengan 1 baterai menjadi Rp 21,500 juta dan dengan 2 baterai menjadi Rp 28,500 juta, semua harga tersebut merupakan OTR Jabodetabek.
Sharing Platform
Dengan pemilihan harga tersebut, membuat motor ini jadi varian paling murah dari line up lainnya yang sudah beredar seperti One, One XP, Cervo, Cervo Boost Charge, dan Cervo Q.
Salah satu penyebab yang membuat harga jualnya menjadi lebih terjangkau adalah karena N3 menggunakan beberapa komponen yang sama dengan saudara-saudaranya.
Menggunakan baterai yang sama seperti pada Cervo Q
“Banyak ilmu yang bisa dikembangkan dari beberapa model sebelumnya, sehingga bisa develop dengan harga yg lebih terjangkau.”
Seperti baterai yang digunakan ini sama seperti pada Cervo Q, BMS (Battery Management System) dan controller juga sama, ibaratnya seperti copy paste,” jelas Putu Swaditya Yudha selaku Chief Marketing Officer (CMO) Alva.
Untuk mesin penggeraknya mengandalkan model hub drive, beda dengan Cervo yang menggunakan model mid drive dengan belt untuk meneruskan tenaga ke roda belakang.
“Tapi BLDC model ini yang terbaik untuk segmen N3. Dari semua itu bisa kita posisikan harga jualnya di bawah Rp 30 juta,” tambah Adit.
Kombinasi One dan Cervo
Alva N3 sendiri memiliki arti number 3 yang merupakan produk ketiga, tapi juga bisa diartikan menjadi entry sehingga menyangsa pasar motor listrik di kelas entry level atau bagi pengguna baru.
Desain BLDC baru pada N3, beda dengan Cevo dan One
Untuk itu secara garis desain mengaplikasikan dari kakak-kakaknya yang lebih dulu hadir, ada garis desain dari Alva Cervo dan juga Alva One.
“Tipe yang ketiga ini kita rundingkan supaya konsumen sendiri gak kaget. Kedua secara bisnis, mau orang yang belum pakai jadi ingin beli.”
“Jadi satu, harus ada unsur Cervo dan juga One. Tapi kita mengarahnya memang lebih banyak ke Cervo secara garis desain, supaya DNA desain Alva kelihatan,” rincinya.
Alva N3 Racikan Indonesia
Karena dibuat di Indonesia, akhirnya Alva sendiri lebih leluasa dalam mengembangkan produk-produknya sesuai dengan keinginan atau permintaan dari konsumen di Indonesia.
Pijakan kaki rata memungkinkan N3 membawa galon atau tabung gas
Ditujukan untuk penggunaan sehari-hari, membuat N3 ini memiliki sisi utilitas yang baik. Paling terlihat tentu saja penggunaan dek rata yang berbeda dari Cervo juga One.
“Karena untuk penggunaan dalam kota, penggunaannya paling ke kantor, rumah, beli air galon, dan gas melon seperti itu kan. Kalau Bentuk Cervo gak bisa buat bawa galon, oke jadi dirubah lah dengan mengubah posisi baterai depan ke tengah dan jadi flat deck.”
“Flat deck ini duduknya tetap gak jongkok, ini yang penting karena kalau yang lain baterai di bawah dek bikin posisinya jadi tinggi walaupun flat deck, posisi kaki jadi jongkok,” jelas pria murah senyum ini.
Tentu saja penggunaan dek rata ini membuat N3 bisa membawa air mineral galon 2 buah kanan dan kiri, dari segi pengendalian dan posisi berkendara juga lebih bersahabat untuk pengendara perempuan.
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17