Fakta, Top Speed Yamaha R15M 2022 Kalah Dari R15 Biasa! Kok Bisa?
Harry · 5 Jan, 2022 15:30
0
0
Ada selisih bobot 3 kg diantara keduanya.
Topspeed tembus 149 km/jam.
Setelah mengagumi dan melihat penampakan Yamaha R15 dan Yamaha R15M 2022, tentu kalian penasaran dong, berapa sih top speed yang bisa dicapai motor ini? Tampangnya sporty, full fairing dan aura racing kental, pastinya harus bisa dipacu kencang dong.
Nah, pada sesi first ride di Sirkuit Sentul, Bogor beberapa waktu lalu, tim Autofun.co.id sudah mendapatkan datanya. Dan ternyata hasilnya cukup mengejutkan lho, seperti apa sih?
Sebelum masuk bahasan lebih lanjut, perlu diingat lagi, bedanya Yamaha R15 Connected dengan Yamaha R15M Connected-ABS. Selain dari tampilan grafis bodinya, fitur-fiturnya juga berbeda signifikan.
Mulai dari penambahan Quick Shifter, lalu rem ABS (Anti-lock Braking System), Traction Control System, panel meter display ganda dengan Track dan Street Mode, serta penggunaan saklar kanan ala big bike yang menyatu denagn engine cut off dan starter.
Karena beberapa kelengkapan tadi, maka bobot keduanya berbeda. Yamaha R15 Connected punya berat 137 kg, sementara untuk Yamaha R15M Connected-ABS, bobotnya mencapai 140 kg. Ada selisih 3 kg yang mempengaruhi performanya.
Meski belum bisa mencatatkan data akurat menggunakan Racebox, seperti bagaimana kami biasa melakukan pengukuran akselerasi, namun capaian top speed bisa terlihat pada kamera kami dan terlihat pada video first ride kami.
Pada sesi terbatas itu, kami pertama kali mencoba Yamaha R15M Connected-ABS dan capaian tertinggi untuk top speed Yamaha R15M diangka 140 km/jam. Dan saat berganti menunggangi Yamaha R15 Connected, top speed bisa mencapai 149 km/jam.
Tak hanya perkara capaian top speed, tapi juga akselerasi yang dirasa memang sedikit lebih cepat pada tipe Yamaha R15 Connected. Ternyata efek bobot yang lebih ringan 3 kg berdampak cukup signifikan pada performa, karena power to weight ratio yang lebih baik.
Spesifikasi Mesin Yamaha R15 2022
Yamaha sendiri tak menyentuh sektor mesin, sehingga pada generasi terbaru ini masih pakai jantung mekanis yang sama seperti model sebelumnya. Tak mengherankan memang, karena memang masih mumpuni untuk digunakan sampai saat ini.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan serta disokong teknologi VVA. Kapasitas murninya mencapai 155,1 cc berkat penggunaan piston 58 mm dan langkah piston mencapai 58,7 mm.
Tenaga maksimal yang bisa dicapai diangka 19,3 PS pada putaran 10.000 rpm, serta torsi sebesar 14,7 Nm di 8.500 rpm. Output mesin tersebut disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi manual 6 speed, yang juga disokong fitur Assist & Slipper Clutch.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil