Honda CB650R Neo Sport Cafe Kena Update, Kini Harganya Nyaris Rp 300 Juta!
Harry · 18 Mar, 2021 19:00
0
0
Sejak beberapa tahun lalu PT Astra Honda Motor (AHM) sudah mengembangkan bisnis motor gede (moge) mereka dengan bendera Honda Big Bike. Salah satunya adalah menghadirkan Honda CB650R Neo Sport Cafe.
Motor naked bike ini dihadirkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2019 silam. Dan hari ini, AHM menawarkan versi terbarunya yang kini dijual Rp 296,4 juta on the road Jakarta. Nyaris menyentuh Rp 300 juta!
Honda CB650R Neo Sport Cafe 2021.
Dari keterangan yang diterima redaksi hari ini (18/3/2021), Honda CB650R Neo Sport Cafe tampil lebih gagah dan eksklusif, dengan sentuhan warna baru yang ditawarkan, juga sejumlah update pada fitur yang dibawanya.
Pilihan warna barunya disebut dengan matte gunpowder black metallic, yang menamani opsi warna yang sudah ada sebelumnya yakni candy chromosphere red. Komposisi warna baru ini disematkan pada sepakbor depan dan tangki bahan bakar.
Marketing Director AHM, Thomas Wijaya mengatakan, inovasi desain, teknologi, dan fitur Honda CB650R Neo Sport Cafe semakin lengkap dengan hadirnya pilihan warna baru yang semakin gagah dan eksklusif. Hal ini semakin menyuguhkan kebanggaan bagi siapa saja yang mengendarainya.
Fascia Honda CB650R Neo Sport Cafe 2021.
"Rasa bangga itu menyempurnakan gaya hidup masa kini untuk para penggemar sepeda motor sport premium. Tentunya, kami akan terus konsisten memberikan layanan khusus yang memanjakan pengguna big bike Honda melalui jaringan dealer Big Wing kami yang tersebar di berbagai kota," ujar Thomas.
Apa Yang Baru?
Secara sekilas, bentuk dari Honda CB650R Neo Sport Cafe ini masih nampak sama dengan unit yang dikenalkan pada tahun 2019. Karena perubahan yang dilakukan pada tampilannya memang relatif tak banyak.
Misalnya setang yang dibuat lebih condong ke depan, kemudian tampilan layar LCD pada panel meter ditingkatkan visibilitasnya, serta tambahan soket USB Type-C yang letaknya di balik jok.
Panel bodi samping juga memiliki desain baru yang dibuat lebih agresif. Lalu sepakbor belakang kini memiliki braket berbahan alumunium yang lebih mewah.
Pembeda paling besar pada update model tahun 2021 ada pada suspensi depan upside down dari Showa tipe Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP), dengan ukuran diameter 41 mm. Penggunaan suspensi baru ini untuk meningkatkan pengendalian motor.
Suspensi upside down Showa SFF-BP.
Desain - Retro Modern
New Sport Cafe merupakan gaya desain terbaru Honda untuk sejumlah motor naked bike mereka. Penampilannya memiliki unsur retro dengan dipadukan sentuhan modern dan juga sporty yang membuatnya nampak unik.
Konsep Neo Sport Cafe dengan kesan retro yang kuat ditampilkan melalui desain lampu depan LED bulat. Daya tarik lainnya didapat melalui penyematan lampu LED dengan lensa bening pada lampu senja, lampu belakang dan lampu sein sehingga menghasilkan pencahayaan yang modern.
Dari samping, bagian mesin terekspos jelas yang menampilkan kesan berotot pada motor ini. Barisan empat buah leher knalpot yang berjajar rapi semakin menguatkan kesan maskulin dari Honda CB650R Neo Sport Cafe.
Tampilannya yang padat di depan dan ramping di belakang, semakin menegaskan karakter motor petarung jalanan yang agresif. Secara keseluruhan sosoknya ini memang sangat menggoda untuk dimiliki.
Fitur dan Teknologi Canggih
Honda CB650R Neo Sport Cafe memiliki banyak fitur yang menjadi andalannya. Selain suspensi depan upside down SFF-BP terbaru, suspensi belakang monosok dengan 10 setelan juga bertumpu pada lengan ayun alumunium.
Pada mesin juga telah disematkan fitur Assist & Slipper Clutch, yang memberikan kenyamanan saat berkendara dikepadatan jalanan kota. Fitur tersebut juga mampu mereduksi efek engine brake berlebih ketika pengendara melakukan downshift dengan cepat.
Untuk menjinakkan mesinnya, diterapkan piranti HSTC (Honda Selectable Torque Control) untuk mencegah selip pada roda belakang. Sistem pengereman juga telah terhubung dengan teknologi ESS (Emergency Stop Signal).
Mesin - Inline Four 650 cc
Dari tampilannya yang terekspos, sudah bisa ditebak jika Honda CB650R Neo Sport Cafe mengandalkan jantung mekanis empat silinder inline. Kapasitas mesinnya mencapai 650 cc dengan spesifikasi 4-tak, DOHC 16 katup pendingin cairan.
Dari keterangannya, output maksimal yang bisa dicapai diangka 90,4 PS pada putaran 11.000 rpm, serta raihan torsi maksimal mencapai 60,7 Nm pada putara 8.000 rpm. Mesinnya diklaim sudah memenuhi standar emisi yang ditetapkan.
Jika ditelisik, nyatanya performa mesin yang ditawarkan tak se-powerful Honda CB650R Neo Sport Cafe 2021 versi Eropa. Unit untuk benua biru memiliki tenaga 95,1 PS di 12.000 rpm dan torsi 63 Nm di 9.500 rpm.
Honda CB650R Neo Sport Cafe 2021.
Namun secara spesifikasi, tak ada perbedaan signifikan antara versi Eropa dan versi yang dijual di Indonesia. Kemungkinan hanya ada perbedaan setingan pada komponen elektrikal seperti ECU, menyesuaikan kebutuhan pasar negara tujuan.
Harga - Naik Rp 21,4 Juta
Saat dikenalkan pertama kali tahun 2019 silam, Honda CB650R Neo Sport Cafe dilepas dengan harga Rp 265 juta. Terakhir harganya mengalami kenaikan menjadi Rp 275 juta on the road Jakarta.
Dan pada model terbarunya dengan sejumlah update pada tampilan dan juga fiturnya, tentu ada penyesuaian harga yang dilakukan. Model terbaru Honda CB650R Neo Sport Cafe 2021 mengalami kenaikan harga hingga Rp 21,4 juta.
Kini untuk bisa memilikinya, kalian harus menebusnya dengan nominal Rp 296,4 juta on the road Jakarta. Tapi melihat perubahannya, rasanya nominal tersebut bukan masalah berarti bagi mereka yang berkantong tebal.
Dua opsi warna Honda CB650R Neo Sport Cafe 2021 di Indonesia.
Kesimpulan
Dikelasnya saat ini hanya Honda CB650R Neo Sport Cafe yang memiliki penampilan paling berbeda. Sosoknya memiliki garis desain retro modern, sementara kompetitornya justru dominan bergaya naked bike modern yang agresif.
Secara harga memang Honda membanderol motor ini lebih mahal dari kompetitor sesama merek Jepang. Lihat saja Yamaha MT-07 yang dijual hanya dengan Rp 243 juta. Namun secara fitur, gacoan Honda lebih unggul.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil